Jumat, 29 April 2022

Kana dan Akhwat-nya

Kana dan Akhwat-nya

  1. Kana dan akhwat nya كَانَ وَ أَخَوَاتُهَا )

Fi’ilfi’il Kana dan akhwat nya adalah termasuk amil-‘amil yang masuk pada mubtada. ‘Amil ini di sebut juga sebagai ‘amil nasikh (yang menghapus) maksudnya, ‘amil ini merubah mubtada dan khobar menjadi isim kana dan khobar kana dan akhwat nya. Adapun isim kana i’rob nya rofa, dan khobar kana i’rob nya nashob.

Awalnya:

مبتدأ + خبر

Setelah di masuki kana dan akhwat nya menjadi:

كان + اسم كان + خبر كان

Contoh :

مُحَمَّدٌ صَالِحٌ

Menjadi :

كَانَ مُحَمَّدٌ صَالِحًا

Berikut kana dan akhwat nya dan contoh jumlah  nya:

المثالالمعنىالأوامل الناسخة
كَانَ اللهُ عَلِيْمًاUntuk mengukuhkan keberadaan khobar terhadap mubtada , atau untuk menjelaskan waktu yang telah berlalu , terkadang menjelaskan bahwa khobar itu selamanya ada pada mubtada.كان
Adalah Allah Maha Mengetahi
أَمْسَى الطَّائِرُ عَائِدًا إِلى عُشِّهِMenjelaskan bahwa peristiwa tersebut  terjadi di waktu sore.أَمْسَى
Burung itu kembali ke sarangnya di sore hari
أَصْبَحَ السَّهِرُ مُتْعَبًاMenjelaskan bahwa peristiwa tersebut  terjadi di waktu pagiأَصْبَحَ
Orang begadang itu berpagi hari dengan kelelahan .
أَضْحَى الصَّالِحُ دَاعِيًا اللهَMenjelaskan bahwa peristiwa tersebut  terjadi di waktu dhuhaأَضْحَى
Orang shaleh itu berdoa kepada Allah di waktu dhuha
ظَلَّ الطَّبِيْبُ عَامِلًاMejelaskan bahwa peristiwa itu terjadi sepanjang hari . Dapat juga di maknai sebagai perubahan dari satu keadaan kepada keadaan lain.ظَلَّ
Dokter itu bekerja sepanjang hari
صَارَ الخَشَبُ بَابًاMenjelaskan adanya perubahan dari satu keadaan kepada keadaan yang lain .صَارَ
Kayu itu menjadi pintu
لَيْسَ الكَذِبُ مَحْمُوْدًاUntuk menegasi kanلَيْسَ
Bohong itu tidak terpuji
مَا زَالَ العَالِمُ مُتَوَضِّعًاMenjelaskan kesinambungan suatu peristiwa. Maksudnya , menjelaskan bahwa peristiwa itu ada secara terus menerus.مَا زَالَ
Orang alim itu senantiasa tawadhu
مَا انْفَكَّ الظَّالِمُ خَاسِرًامَا انْفَكَّ
Orang dzalim itu senantiasa rugi
مَا فَتِئَ الطَّالِبُ مُهَذَّبًامَا فَتِئَ
Pelajar itu senantiasa sopan
مَا بَرِحَ مُحَمَّدٌ طَالِبَ العِلْمِمَا بَرِحَ
Muhammad selalu menjdi pelajar
يُفِيْدُ العِلْمُ مَا دَامَ الإِنْسَانُ مُخْلِصًاMenjelaskan tetap dan terus menerus nya sesuatu, selama ada mubdtada dan khobarnya.مَا دَامَ
Ilmu memberi manfaat selagi manusia nya ikhlas

 

Catatan :

  • Kana dan akhwat nya dapat di gunakan dalam bentuk madhi, atau mudhori atau

 

  • Yang memiliki bentuk madhi, mudhori dan amr:
أصْبَحَ – يُصْبِحُ – أَصْبِحْكَانَ – يَكُوْنُ – كُنْ
ظَلَّ – يَظِلُّ – ظِلَّأَضْحَى – يُضْحِى – أَضْحِ
بَاتَ – يَبِيْتُ – بِتْأَمْسَى – يُمْسِى – أَمْسِ

 

  • Yang memiliki madhi dan mudhori saja:
مَا زَالَ – مَا يَزَالُمَا فَتِئَ – مَا يَفْتَأُ
مَا بَرِحَ – مَا يَبْرَحُمَا انْفَكَّ – مَا يَنْفَكُّ

 

  • Yang memiliki madhi saja: لَيْسَ
  • Kalimahkalimah yang harus di dahului nafi tapi maknanya itsbat yaitu: مَا انْفَكَّ , مَا فَتِئَ , مَا بَرِحَ , مَا زَالَ
  • Kalimah مَا دَامَ di dahului  مَا
  • Isim kana dan akhwat nya dapat berupa dzahir atau dhomir.

Yang berupa dzahir :

محمد اسم كان مرفوع بالضمةكَانَ مُحَمَّدٌ صَالِحًا

 

Yang berupa dhomir :

اسم كان ضمير مستتر جوازا تقديره هومُحَمَّدٌ كَانَ صَالِحًا

 

  • Khobar kana dan akhwat nya sama seperti khobar pada mubtada, yaitu mufrod , jumlah, dan syibh jumlah.
  • Isim kana dan akhwat nya ber i’rob rofa’, dan khobar kana dan akhwat nya ber i’rob nashob .
  • Isim kana dapat di akhir kan dan khobar nya di dahulukan sebagaimana pada mubtada dan khobar seperti:

فِى الفَصْلِ أُسْتَاذٌ

   حرف جر مبني على السكو:فى
مجرور بحرف جر , و الجر و المجرور فى محل رفع خبر مقدم:الفصل
مبتدأ مؤخر مرفوع بالضمة:أستاذ

 

Jika di masuki kana menjadi:

كَانَ فِى الفَصْلِ أُسْتَاذٌ
فعل ماض ناقص مبني على السكون:كان
حرف جر مبني على السكون:فى
مجرور بحرف جر , و الجر و المجرور فى محل نصب خبر كان مقدم:الفصل
اسم كان مؤخر مرفوع بالضمة:أستاذ