Kamis, 28 April 2022

Maf’ul fih / dzarf

Maf’ul fih / dzarf

 

اسم يبين المكان أو الزمان اللذان حدث فيهما الفعل

Isim yang menjelaskan tentang tempat atau waktu terjadinya suatu peristiwa.

 

  • Dzorf terbagi menjadi dua jenis :

 

  • Dzorf zaman, seperti:

 

SepanjangخِلَالَKetikaحِيْنًا
Di tengahأَثْنَاءَDi sore hariمَسَاءً
SetahunسَنَةًDi pagi hariصَبَاحًا
SebulanشَهْرًاDi waktu dzuhurظُهْرًا
SemingguأُسْبُوْعًاDi waktuوَقْتَ
SebelumقَبْلَDi malam hariلَيْلًا
SetelahبَعْدَDi siang hariنَهَارًا
SelamanyaأَبَدًاDi pagi hariغُدْوَةً
Di batas waktu tertentuأَمَدًاDi pagi hariبُكْرَةً

 

  • Dzorf makan seperti:

 

UtaraشَمَالَDi bawahتَحْتَ
SelatanجَنُوْبَDi bawah / selain /  bukanدُوْنَ
BaratغَرْبَDi depanأَمَامَ
TimurشَرْقَDi depanقُدَّامَ
Dari sisiنَاحِيَةَDi belakangخَلْفَ
Di dekatقُرْبَDi belakangوَرَاءَ
BersamaمَعَSebelah kananيَمِيْنَ
Ke arahنَحْوَSebelah kiriشِمَالَ

 

Catatan :

  • Pada dzorf zaman dan dzorf makan di-taqdir- kan harf في
  • I’rob dari dzorf adalah nashob
  • Ada dzarf yang mabni dan menempati mahal nashob seperti kalimahأَمْسِ artinya kemarin . Contoh: ذَهَبْتُ إِلى شَاطِئِ البَحْرِ أَمْسِ
  • Ada juga dzarf yang selalu punya mudhof ilayh seperti kalimah قَبْلَ dan بَعْدَ contoh : صَارَ زَيْدٌ عَالِمًا بَعْدَ مُلَازَمَةِ الشَّيْخِ
  • Terkadang mudhof ilayh pada قَبْلَ dan بَعْدَ dibuang, dan kalimahnya menjadi mabni dhommah, seperti ungkapan: أَمَّا بَعْدُ aslinya adalah:
  • أَمَّا بَعْدَ البَسْمَلَةِ وَ الحَمْدَلَةِ وَ الصَلَاةِ وَ السَّلَامِ

Kemudian mudhof ilayh berupa  البَسْمَلَةِ وَ الحَمْدَلَةِ وَ الصَلَاةِ وَ السَّلَامِ dibuang, kemudian kalimah بَعْدَ menjadi mabni dhomah أَمَّا بَعْدُ  menempati mahal nashob.

  • Ada juga dzarf yang mudhof ilayh-nya berupa jumlah seperti kalimah حَيْثُ contohnya :
  • أَعْمَلُ حَيْثُ مُحَمَّدٌ يَعْمَلُ

Pada contoh di atas,  مُحَمَّدٌ يَعْمَلُ adalah mubtada dan khobar yang menempati mahal jar, sebagai mudhof ilayh dari حَيْثُ . Kalimah حَيْثُ adalah dzorof makan mabni dhomah menempati mahal nashob.