Terjemah Matan Nazham Imrithi (Indonesia)
Matan dan Syarah Imrithi (Arab)
المقدمة
1. اَلحْـَــمْدُللهِ الَّــــــــذِى قَــــدْ وَفَقَ *** لِلْعِلْمِ خَيْرَ خَــــــــلْقِهِ وَللِتُّقَى
2. حَتَّى نَحَتْ قُلُـــــــوْبــُهُمْ لِنَـــحْوِهِ *** فَمِنْ عَظِيْمِ شَأْنِهِ لَمْ تَــــــحْوِهِ
3. فَاُشْرِبَتْ مَعْنَى ضَمِيْرِ الشَّانِ*** فَأُعْرِبَتْ فِى اْلحَانِ بِاْلاَلْحَانِ
4. ثُمَ الــصَّلا َ ةُ مَعْ سَـــلاَمٍ لاَئِـــــقِ *** عَلَى النَّبِيِّ اَفْصَـــــــحِ اْلخَلاَئِقِ
5. مُحَمَّـــدٍ وَالاَلِ وَاْلاَصْـــحَابِ *** مَــنْ َاتْقَنُوا الْقُرْاَنَ بِاْلاِعْـــــرَابِ
6. وَبَعْدُ فَاعْلَمْ اَنهُ لمَــَّا اقْتَـــصَـرْ*** جُلُّ اْلوَرَى عَلىَ اْلكَلاَمِ مُخْتَصَر
7. وَكَانَ مَطْلُـــوْباً اَشَدَّ الطَّـلَبِ *** مِنَ اْلوَرَىْ حِــفْظُ الِّسَانِ اْلعَرَبِى
8. كَىْ يَــــفْهَمُوْا مَعَانِيَ اْلــــقُرْاَنِ *** وَالـــسُّنَةِ الــدَّقِـيْــقَةِ اْلمَـــــــعَانِى
9. وَالنَّحْوُ اَوْلَى اَوّلاً اَنْ يُـعْلَمَا *** اِذِ اْلكَـــــلاَمُ دُوْنَـــــهُ لَنْ يُــــــفْهَمَا
10. وَكَانَ خَيْرُ كُــتْبِهِ الصَّغِيْرَةْ *** كُرَّسَةً لَـــــطـِيْفَـــــةً شَـــــــهِيْـــرَةْ
11. فِى عُرْبِهَا وَعُجْمِهَا وَالرُّوْمِ *** اَلـَّفَــــــــهَا الْحَـــــبـْرُ ابْنُ اَجُــرُوْمِ
12. وَانْتَفَعَتْ اَجِلَةٌ بِـــــــعْلِمِهَا*** مَعْ مَاتَرَاهُ مِنْ لَطِـــــيْفٍ حَجْمِهَا
13. نَظَمْتُهَانَظْمًا بَدِيــــْـعًا مُقْتَدِى*** بِاْلاَصْلِ فِى تَقْرِيْبِهِ لِلْمُبْتَدِى
14. وَقَدْ حَذَفْتُ مِنْهُ مَا عَنْهُ غِنَى*** وَزِدْتُهُ فَوَائِدًا بِهَـــــــا اْلغِنــَى
15. مُتَمِّمًا لِغَـــالِبِ اْلاَبْــــــــــــــــوَابِ*** فَجَاءَ مِثْلَ الشَّرْحِ لِلْكِــتاَبِ
16. سُئِلْتُ فِيْهِ مِنْ صَدِيْقٍ صَادِقِ*** يَفْهَمُ قَوْلِى لاِقْتِقَادٍ وَاثِـــــقِ
17. اِذِ اْلفَتَى حَسْبَ اعْتِـــقَادِهِ رُفِع*** وَكُلُّ مَنْ لـَمْ يَعْتَقِدْ لَـمْ يَنْتَفِعْ
18. فَــنَسْـــــأَلُ الْمَنَّانَ اَنْ يُــــــجِيـْرَنَا*** مِنَ الرِّياَ مُضَاعِفًا اُجُوْرَناَ
19. وَاَنْ يَكُــوْنَ نَافـِــعًا بِعِــــــــلْمِهِ*** مَنِ اعْتَنىَ بِحِفْــــــظِهِ وَفَهْمِهِ
Pendahuluan
Segala puji bagi Alloh
yang Maha Penolong mahluq dengan ilmu dan taqwa
Hingga hatinya menuju kepadaNya
Tanpa dapat memuat kebesaranNya
Kalimat tauhid
dimasukkan hatinya
Lalu hati bergembira sepenuhnya
Sholawat salam tercurah pada Nabi
Yang berpredikat
Afshohil kholaiqi
Muhammad,
Keluarga dan sahabatnya Mereka mengkaji
al-Qur’an kitabnya
Walau sulit ringkasan ini terbukti Menjaga lisan arab, ya..dari Ahli
Supaya dapat memahami artinya
Al-Qur’an dan sunnah dengan sebenarnya
Ilmu nahwu
lebih utama dikaji
Tanpanya,
Qur’an – sunnah
tak dipahami
Kitab ini kecil namun yang terbaik
Goresan yang lembut, terkenal dan unik
Ibnu A-Jurumi
pengarang dasarnya Terkenal di Arab dan Manca negara
Bagi pemula,
Rangkaian kitab ini
Tampak indah sesuai dengan yang asli
Mengurangi kata kadang kulakukan Serta menambah faidah kulakukan
Karena menyempurnakan macamnya bab Maka terbit seperti syarahnya kitab
Mengarang kitab ini terdorong teman
merema paham karena keyakinan
Pemuda tergantung tekadnya yang kuat
Tanpa tekad jelas
tak dapat manfaat
Semoga mendapat manfaat ilmunya
Orang yang sungguh menghafal memahamnya.
باب الكلام
20. كَلاَمُهُمْ لَفْظٌ مُفِيْدٌ مُسْــــــنَدُ *** وَاْلكلــِمَةُ اللَّفْظُ اْلمُفِيْدُ اْلمُفْرَدُ
21. لاِسْمٍ وَفِعْلٍ ثُمَّ حَرْفٍ تَنْقَسِمْ*** وَهَــــــذِهِ ثَـــــلاَثُهَا هِىَ اْلكَلِمْ
22. وَاْلقَوْلُ لَفْظٌ قَدْ اَفَادَ مُــطْلَقَا*** كَــقُمْ وَقَـــدْ وَاِنَّ زَيْدَا نِارْتَقَى
23. فاَلاْسْمُ بِالتَّنْوِيْنِ وَالْخَفْضِ عُرِفْ *** وَحَرْفِ خَفْضٍ وَبِــــــلاَمٍ وَاَلِفْ
24. وَاْلفِعْلُ مَعْرُوْفٌ بِقَدْ وَالسِّيْنِ*** وَتَاِءتَأْنِيْثٍ مَعَ التَّـــسْكِــــــيْنِ
25. وَتَا فَعَلْتَ مُطْلقًا كَجِئْتَ لِى*** وَالنُّوْنِ وَاْليَا فِى افْعَلَنَّ وَافْعَلِى
26. وَاْلحَرْفُ لمَ ْيَصْلُحْ لَهُ عَــــلاَمَةْ*** اِلاَّ انْــــتِــفَا قُـــبُوْلِــهِ اْلـــــعَلاَمَةْ
BAB AL-KALAM
(Kalimat Sempurna)
Kalam nahwu :
lafadl mufid serta musnad
Kilmah adalah
lafadl mufid yang mufrod
Isim, fi’il serta huruf; bagiannya
Ketiganya terkenal kalim namanya
Qaul adalah
lafadl mufid yang mutlaq Seperti : اِنَّ زَيْدَا نِاْنطَلَقْ , قد , قم
Tanda-tanda isim :
Tanwin dan huruf jer
Kemudian
Alif-lam dan mutlaqnya jer
سين , قدdan تأ تأنيث
mati tanda fi’il
Dalam menandai bersikaplah adil
Fi’il dengan ta’ فعلت ditandai Kemudian nun ِافْعَلَنْ , ya ِافْعَـلِى
Huruf adalah
kalimat tanpa tanda
Dalam kalimat isim dan fi’il juga
باب الاعراب
27. اِعْرَابُهُمْ تَغْيِيْرُآخِـــــــرِ اْلـكَلِمْ *** تَقْدِيْرًا اَوْلَفْظًا لِـــــــــعَامِلٍ عُلِمْ
28. اَقْسَامُهُ اَرْبَعَةٌ فَاْلـــــتُعْتَـــــــبَرْ*** رَفْعٌ وَنَصْبٌ وَكَذَا جَزْمٌ وَجَرْ
29. وَاْلكُلُّ غَيْرَ اْلجَزْمِ فِى اْلاَسْمَا يَقَعْ*** وَكُلُّهَا فِى اْلفِعْلِ وَاْلخَفْضِ امْتَنَعْ
30. وَسَائِرُ اْلاَ سْمَاءِ حَيْثُ لاَشِبَهْ*** قَرَّبَهَا مِنَ الْحُرُوْفِ مُـــعْرَبَةْ
31. وَغَيْرُ ذِى اْلاَسْمَاءِ مَبْنِيٌّ خَلاَ*** مُضَارِعٍ مِنْ كُلِّ نُوْنٍ قَدْ خَلاَ
Bab I'rob
I’rob Ahli nahwu :
Perubahan pada
Akhir kalimat sebab amil berbeda
Dalam perkiraan ataupun lafadlnya
Rafa’,
Nashob,
jer dan
Jazem bagiannya
Selain jazem I’rob isim semua
Dan selain jer I’rob fi’il semua
Isim dapat dihukumi mu’rob bila
Dengan huruf dekatnya tidak serupa
Fi’il ( lain mudhore’ ) mabni hukumnya Serta mudhore’ ( يفعلن , يفعلن )
باب علامات الرفع
32. لِلرَّفْعِ مِنْهَا ضَمَّـــــــةٌ وَاوٌ اَلِفْ*** كَذَاكَ نُوْنٌ ثَابِتٌ لاَمُنْحَذِفْ
33. فَالضَّمُّ فِى اسْمٍ مُـــفْرَدٍ كَأَحْمَدُ*** وَجَمْــــعِ تَكْسَيْرٍ كَجَاءَ اْلاَعْبُدُ
34. وَجَمْعِ تَأْنِيْثٍ كَـــــــــــمُسْلِمَاتِ*** وِكُــــلِّ فِعْلٍ مُـــعْرَبٍ كَيَأْتِى
35. وَاْلوَاوُ فِى جَـــــــمْعِ الذُّكُوْرِ السَّالِمِ*** كَالصَّالِحُوْنَ هُمْ اُولُو اْلمَكَارِمِ
36. كَما اَتـَتْ فِى اْلخَمْسَةِ اْلاَسْمَاءِ*** وَهْىَ الَّتِى تَأْتِى عَلَى اْلوِلاَءِ
37. اَبٌ اَخٌ حَمٌ وَفُـــــوْ وَذُو جَــــرَى*** كُلٌّ مُضَافًا مُفْرَدًا مُـــــكَبَّرًا
38. وَفِى اْلمُثَنَّى نَـــحـْوُ زَيْدَا نِ اْلاَلِفْ*** وَالنُّوْنُ فِى اْلمُضَارِعِ الَّذِى عُرِفْ
39. بِيَفْعَلاَنِ تَفْــــــعَـــلاَنِ اَنـْـتُــمَـا*** وَيَفْعَلُوْنَ تَــفـْــــعَـلُوْنَ مَعْــــــهُمَا
40. وَتَفْعَلِيْنَ تَرْحَــــــــمِيْن حَالِى*** وَاشْتَهَرَتَ بِالْخَمْسَةِ اْلاَفْعَالِ
Tanda I'rob Rofa'
Tanda-tanda I’rob rofa’
ada 4
Dhommah,
wawu,
alif, serta
nun yang tetap
Dhommah bertempat pada isim yang mufrod Dan jamak taksir seperti yang dimurod.
Dan jamak ta’nis, contoh :مسلماتُ
Serta fi’il mudhore’ contoh : يَسْكُتُ
Jama’ mudzakar salim, Wawu rofa’nya Seperti جاءَ الصَّالِحُوْنَ contohnya
Juga bertempat pada Asma’ul khomsah ذو , فو , حم , اخ , اب Jangan salah
Semua berlaku hanya dengan dasar
Syarat;
mudhof,
mufrod dan juga
mukabbar
Isim tasniyah, Rofa’nya dengan alif
Tanda nun di fi’il mudhore’ yang ta’rif
Ya’ni lafadl يفعلان , تفعلان
Dan lafadlتَفْعَلِيْنَ yang sangat mudah
Terkenal dengan nama Af’alul khomsah.
باب علامات النصب
41.ِ للنَّصْبِ خَمْسٌ وَهْيَ فَتْحَةٌ اَلِـــــفْ*** كَسْرٌ وَياَءٌ ثُمَّ نُوْنٌ تَـنْحَذِفْ
42. فَانْصِبْ بِفَتْحٍ مَا بِــــضَمٍّ قَدْ رُفِــعْ*** ِالاَّ كَــــهِنْدَاتِ فَفَتْحُهُ مُنِعْ
43. وَاجْـــعَلْ لِنَصْبِ الْخَمْسَـــــةِ اْلاَسْماََ اَلِفْ*** وَانْصِبْ بِكَسْرٍ جَمْعَ تَأْنِيْثٍ عُرِفْ
44. والنَصْبُ فِى الاِسْمِ الذِى قَدْ ثُنِيَا*** وَجَمْعِ تَذْكِيْرٍ مُصَحَحٍ بِيَا
45. وَاْلخَمْسَةُ اْلاَفْعَالِ حَيْثُ تَنْتَصِبْ*** فَحَذْفث النُّوْنِ الرَّفْعِ مُطْلَقًا يَجِبْ
Tanda I'rob Nashob
Tanda I’rob nashob
5 tanpa kurang
Fathah,
alif,
kasroh,
ya’,
nun yang terbuang
Yang rofa’nya dhommah, Nashob dengan fathah Kecualiهندات dicegah fathah
Asma’ul khomsah dengan Alif nashobnya
Jama’ muannas salim, Kasroh nashobnya.
Huruf ya’ tanda nashob
isim tastniyah
Dan jamak mudzakar salim tanpa salah
Af’alul khomsah, Nashobnya ditandai Dengan membuang nun rofa’ yang terjadi