[20/3 20:31] Aing: 2. Mustatsna Munqothi
[20/3 20:33] Aing: Ialah apabila Mustatsna, tidak sejenis dengan Mustatsna minhunya.
Misalnya :
(اِحْتَرَقَتْ) wus kobong apa (الدَّارُ) omah, (اِلاَّ الْكُتُبَ) kejaba buku-buku iku. (rumah itu telah terbakar, kecuali buku-buku itu) اِحْتَرَقَتْ الدَّارُ اِلاَّ الْكُتُبَ
(قَدِمَ) wus teka sapa (الْحُجَّاجُ) para jama’ah haji ( اِلاَّ) kejaba ( اَمْتِعَتَهُمْ) barang-barange deweke kabeh. (Jama’ah haji telah dating, kecuali barang-barang mereka) قَدِمَ الْحُجَّاجُ اِلاَّ اَمْتِعَتَهُمْ
Perhatikan
kalimah الْكُتُبَ dan اَمْتِعَةَ
yang kedudukannya sebagai mustatsna
pada kedua contoh di atas, maka keduanya tidak sejenis dengan الدَّارُ dan الْحُجَّاجُ sebagai
mustatsna minhunya.
Berarti, kedua jumlah di atas, mustatsnanya munqothi’
[20/3 20:37] Aing: D. Hukum Mustatsna bi illa
yang Muttashil
Isim yang dikecualikan dengan اِلاَّ ,
memiliki 3 I’rob,
yakni :
1. Mustatsna wajib nashab.
Yaitu
apabila jumlahnya berupa Jumlah Tam Mujib
yaitu jumlah yang sempurna, dan
tidak diawali dengan
Nafi atau Nahi).
Lihat contoh-contoh diatas.
2. Mustatsna boleh nashab,
dan
boleh mengikuti i’rob
dari
mustatsna minhunya
(menjadi badal).
Yaitu apabila jumlahnya berupa Jumlah Tam Manfiy (yaitu
jumlah yang sempurna,
akan tetapi
didahului oleh
harf Nafi / Nahi / istifham) .
Misalnya :
(مَا جَاءَ) ora teka, sapa (التَّلاَمِيْذُ) murid-murid, (اِلاَّ) kejaba, (زَيْدًا) Zaid (murid-murid tidak datang, kecuali Zaid) مَا جَاءَ التَّلاَمِيْذُ اِلاَّ زَيْدًا
مَا جَاءَ التَّلاَمِيْذُ اِلاَّ زَيْدٌ
(لاَ يَنْجَحُ) ora lulus, sapa (التَّلاَمِيْذُ) murid-murid, (اِلاَّ الْمُجْتَهِدُ) kejaba murid kang sregep (murid-murid tidak lulus, kecualimurid yang rajin) لاَ يَنْجَحُ التَّلاَمِيْذُ اِلاَّ الْمُجْتَهِدُ
لاَ يَنْجَحُ التَّلاَمِيْذُ اِلاَّ الْمُجْتَهِدَ
(مَا مَرَرْتُ) ora ngliwati sapa ingsun (بِالْقَوْمِ) ing siji kaum, (اِلاَّزَيْدًا) kecuali Zaid (saya tidak melewati kaum, kecuali Zaid) مَا مَرَرْتُ بِالْقَوْمِ اِلاَّزَيْدًا \زَيْدٍ
[20/3 20:38] Aing: 3. I’rob mustatsna
wajib mengikuti ‘amil
yang sebelumnya.
Yaitu apabila jumlahnya berupa jumlah naqish
(tidak disebutkan
mustatsna minhunya).
Misalnya :
(مَا قَامَ) ora ngadeg sapa (اِلاَّ زَيْدٌ) kejaba Zaid (tidak ada yang berdiri kecuali Zaid) مَا قَامَ اِلاَّ زَيْدٌ
(مَارَاَيْتُ) ora ningali sapa ingsun, (اِلاَّزَيْدًا) kejaba ing Zaid (saya tidak melihat, kecuali Zaid) مَارَاَيْتُ اِلاَّزَيْدًا
(مَامَرَرْتُ) ora ketemu sapa ingsun, (اِلاَّبِزَيْد) kejaba kelawan Zaid (saya tidak bertemu kecuali dengan Zaid) مَامَرَرْتُ اِلاَّبِزَيْدٍ
[20/3 20:40] Aing: E. Hukum Mustatsna bi illa
yang
munqothi’Mustatsna Munqothi’,
I’robnya selalu nashab.
Baik jumlahnya tam (sempurna) atau tidak, ataupun didahului Nafi
atau tidak.
Contoh : Lihat contoh mustatsna munqothi’
di atas, dan juga contoh
di bawah ini ! dan Perhatikan Mustatsnanya !
(مَالَهُمْ) ora ana tumrap deweke kabeh (بِهِ) kelawan iki perkara , (مِنْ عِلْمٍ) saking pengertian (اِلاَّاتِّبَاعَ الظَّنِّ) kejaba nuruti maring penyana (tidak ada bagi mereka dengan hal itu dari pengertian, kecuali mengikuti persangkaan) مَالَهُمْ بِهِ مِنْ عِلْمٍ اِلاَّاتِّبَاعَ الظَّنِّ
[20/3 20:46] Aing: F. Hukum Mustatsna
dengan menggunakan غَيْرُ , سِوَي , سُوَى سَوَاءَ , خَلاَ , عَدَا , حَاشَا
Mustatsna
dengan menggunakan adat-adat istitsna ini, memiliki
3 hukum I’rob,
yaitu :
1. dii’robi Jar,
karena mustatsna
dianggap sebagai
mudhof ilaih
dari
alat-alat istitsna ( غَيْرُ , سِوَي , سُوَى سَوَاءَ , خَلاَ , عَدَا , حَاشاَ ).
Misalnya:
(جَاءَ) wus teka (نِىْ) ing ingsun, sapa (الْقَوْمُ) kaum, (غَيْرَزَيْدٍ ) sakliyane Zaid (telah datang kepadaku kaum, selain Zaid) جَاءَنِىْ الْقَوْمُ غَيْرَ زَيْدٍ
Artinya sama dengan diatas جَاءَنِىْ الْقَوْمُ سِوَي زَيْدٍ
Artinya sama dengan diatas جَاءَنِىْ الْقَوْم ُسُوَى زَيْدٍ
Artinya sama dengan diatas جَاءَنِىْ الْقَوْم ُسَوَاءَ زَيْدٍ
2. Khusus pada alat istitsna خَلاَ , عَدَا , حَاشَا,
maka disamping mustatsnanya
dibaca jar,
boleh juga ia
dibaca nashab,
karena dianggap sebagai maf’ul bih
dari alat-alat istitsna itu.
Karena ada
yang memasukkan
alat-alat istitsna ini
kedalam kategori fi’il
( bukan kharf ),
sehingga
mustatsna menjadi
maf’ul bihnya.
Contoh :
(جَاءَ) wus teka (نِىْ) ing ingsun, sapa (الرِّجَالُ) wong lanang akeh (خَلاَ زَيْدٍ)sakliyane Zaid / (خَلاَ زَيْدًا) nyulayani ing Zaid (telah datang kepadaku banyak laki-laki, selain Zaid) جَاءَنِىْ الرِّجَالُ خَلاَ زَيْدٍ \ خَلاَ زَيْدًا
Artinya sama dengan yang diatas جَاءَنِىْ الرِّجَالُ عَدَا زَيْدٍ \ زَيْدًا
Artinya sama dengan yang diatas جَاءَنِىْ الرِّجَالُ حَاشَا زَيْدٍ \ زَيْدًا
[20/3 20:48] Aing: 3. Bahkan
Mustatsnanya خَلاَ dan عَدَا wajib nashab,
apabila خَلاَ dan عَدَا
dimasuki oleh مَا masdariyah (selagine).
Karena disini,
keduanya adalah fi’il, sehingga mustatsnanya dijadikan maf’ul bihnya.
Misalnya :
(جَاءَ) wus teka (نِىْ) ing ingsun, sapa (الرِّجَالُ) wong-wong lanang, (مَاخَلاَ) selagine nyulayani (زَيْدًا) ing Zaid (telah datang kepadaku banyak laki-laki, selagi bukan Zaid) جَاءَنِىْ الرِّجَالُ مَاخَلاَ زَيْدًا
Sda جَاءَنِىْ الرِّجَالُ مَاعَدَا زَيْدًا
[20/3 20:52] Aing: F. Adapun I’robnya
lafadz غَيْرُ, sama dengan
i’robnya “mustatsna
dengan اِلاَّ “.
Yaitu :
1. Harus nasab
apabila kalamnya,
kalam tam mujib.
Perhatikan contoh di bawah ini dengan seksama !
جَاءَنِىْ الْقَوْمُ اِلاَّ زَيْدًا = جَاءَنِىْ الْقَوْمُ غَيْرَ زَيْدٍ
2. Boleh nasab
dan boleh rafa’,
apabila
kalamnya tam manfiy.
Contoh :
مَاجَاءَنِىْ الْقَوْمُ غَيْرَزَيْدٍ\غَيْرُزَيْدٍ =مَاجَاءَنِىْ الْقَوْمُ اِلاَّ زَيْدًا \اِلاَّ زَيْدٌ
3. Mengikuti ‘amilnya
(bisa rafa’,
bisa nasab, dan
bisa jar),
apabila kalamnya
berupa kalam Naqish
(tidak disebut
mustatsna minhunya).
Misalnya :
(مَا قَامَ) ora ngadeg, sapa (غَيْرُ زَيْدٍ) sakliyane Zaid مَا قَامَ غَيْرُ زَيْدٍ = مَا قَامَ اِلاَّ زَيْدٌ
(مَارَاَيْتُ) ora ningali sapa ingsun, ( غَيْرَ زَيْدٍ) ing sakliyane Zaid مَارَاَيْتُ غَيْرَزَيْدٍ = مَارَاَيْتُ اِلاَّ زَيْدًا
(مَامَرَرْتُ) ora ngliwati sapa ingsun, (بِغَيْرِ زَيْدٍ) kelawan sak liyane Zaid مَامَرَرْتُ بِغَيْرِزَيْد ٍ= مَامَرَرْتُ اِلاَّ بِزَيْدٍ