Senin, 11 April 2022

CIRI CIRI KALIMAH ISIM, KALIMAH FIIL DAN HURUF

[11/4 20:49] Aing: 

CIRI CIRI 
KALIMAH ISIM, 
KALIMAH FIIL 
DAN HURUF

ciri-ciri dari 
kalimah isim,
kalimah Fi'il 
dan huruf,
dalam kitab aljurumiyyah disebutkan

فالإسم يعرف بالخفض والتنوين ودخول الالف واللام وحروف الخفض  وهي من والى وعن وعلى وفي ورب والباء والكاف واللام وحروف القسم وهي الواو والباء والتاء.

Kalimah isim itu 
bisa diketahui (ditandai) dengan 
I’rob khofedz/jar, 
tanwin, 
kemasukan alif dan lam (AL), 
dan kemasukan huruf-huruf khofed, Yaitu
 مِنْ, اِلَى, عَنْ, عَلَ
      ى
, فِيْ, رُبَّ, باء, كاف, لام
dan huruf-huruf qosam (yang digunakan sumpah) yaitu
 واو, باء, dan تاء.

(بالخفض) معناه لغة التذلُّل والخضوع، واصطلاحا عبارة عن الكسرة وما ناب عنها التي تحدث عند دخول عامل الخفض كقولك بسم الله الرحمن الرحيم. 

(bil-khofdi) maknanya khofed secara etimologi merendahkan diri, 

menurut istilah nahwu yaitu sebutan bagi harokat kasroh dan apa yang menggantinya, 

yang kasroh tersebut 
datang ketika kemasukan amil khofed 
seperti ucapan kamu
 بسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ.

(التنوين) وهو التصويت, واصطلاحا نون ساكنة زائدة تتبع آخر الاسم لفظا وتفارقه خطا لغير توكيد. 

(tanwin) secara bahasa yaitu suara, 

dan tanwin menurut istilah yaitu 
nun mati yang menjadi tambahan, 
yang bertemu 
ahirnya kalimah isim 
dalam ucapanya 
tidak dalam tulisanya, 
yang tidak untuk taukid.

(ودخول الالف واللام) ولا فرق بين المعرفة كالرَجُلِ والزائدة كالحرثِ والموصولة كالضاربِ. 

(kemasukan alif dan lam) tidak ada bedanya antara Alif dan lam (al) ma’rifat seperti lafad الرَجُلِ, 

atau AL tambahan seperti contoh الحِرْثِ, 
dan AL mausullah seperti الضَارِبِ.

(من) ولها معان منها الابتداء زمانا ومكانا, فالإبتداء زمانا كقولك سِرْتُ مِنْ يَوْمِ الخَمِيْسِ إلى يَوْمِ الجُمْعَةِ, والإبتداء المكاني كقولك سِرْتُ مِنْ البَصْرَةِ إلى الكُوْفَةِ. 

(Min) huruf مِنْ 
itu mempunyai beberapa makna, 
diantaranya yaitu 
ma’na ibtida zaman dan ibtida makan. 

Contohnya 
ibtida zaman/waktu yaitu seperti ucapanmu مِنْ يَوْمِ الخَمِيْسِ إلى يَوْمِ الجُمْعَةِ سِرْتُ (saya berjalan mulai hari kamis sampai hari jum’at), dan 
contohnya ibtida makan/tempat seperti ucapan kamu سِرْتُ مِنْ البَصْرَةِ إلى الكُوْفَةِ (saya berjalan mulai basroh sampai kekufah).

(وإلى) وهي لإنتهاء الغاية زمانا ومكانا, فمثال إنتهاء الغاية في الزمان كقولك سِرْتُ إلى يِوْمِ الخَمِيْسِ, ومثال إنتهاء الغاية في المكان كقولك سِرْتُ إلى الكُوْفَةِ. 

(Ilaa) huruf ila 
berfaedah menunjukan arti intihaul ghoyah zaman dan makan/tempat. 

Contohnya intihaul ghoyah zaman سِرْتُ إلى يِوْمِ الخَمِيْسِ (saya berjalan sampai pada hari kamis), dan 

contoh ila yang bermakna intihaul ghoyah makan/tempat seperti ucapanmu سِرْتُ إلى الكُوْفَةِ (saya berjalan sampai tanah kufah).

(وعن) ومن معانيها المجاوزة كقولك رَمَيْتُ السَهْمَ عَنِ القُوْسِ, وتكون بمعنى بعد كما في قوله تعالى "لَتَرْكَبُنَّ طَبَقًا عَنْ طَبَقٍ" (سورة الانشقاق أية 19).

(An) sebagian maknanya Huruf An yaitu 
Mujawazah (melewati) seperti ucapanmu رَمَيْتُ السَهْمَ عَنِ القُوْسِ (saya melepaskan anak panah melewati busurnya), 

dan juga bermakna بَعْدُ (setelah) seperti firman Allah "لَتَرْكَبُنَّ طَبَقًا عَنْ طَبَقٍ" (sesungguhnya kamu menyusun suatu keadaan/bentuk setelah yang lain. Q.S insiqoq ayat 19).

(وعلى) ومن معانيها الإستعلاء كقولك صَعِدْتُ على السُطْحِ.

(Ala) sebagian maknanya Ala adalah Isti’la (diatas) seperti ucapanmu صَعِدْتُ على السُطْحِ (saya naik diatas loteng).

(وفي) ومن معانيها الظرفية كقولك المَاءُ في الكُوْزِ.

(Fi) diantar maknanya Fi adalah Dhorfiyah (didalam) seperti ucapanmu المَاءُ في الكُوْزِ (air didalam kendi).
(ورب) ومن معانيها التقليل كقولك ربَّ رَجُلٍ كَرِيْمٍ لَقِيْتُهُ.

(rubba) diantaranya artinya huruf rubba ialah taqlil (sedikit) رُبَّ رَجُلٍ كَرِيْمٍ لَقِيْتُهُ (sedikit sekali laki-laki mulia yang kutemui).

واعلم: أن ربّ لا تجر إلا بخمسة شروط, الأول أن تكون مُصَدَّرَةً في أول الكلام, الثاني أن يكون مجرورها نكرة, الثالث أن تكون النكرة موصوفة بجملة, الرابع أن يكون عاملها مؤخرا, والخامس أن يكون فعلا ماضيا.
[11/4 20:55] Aing: Ketahuilah...! 

lafadz رُبَّ tidak bisa mengejerkan kalimah isim kecuali dengan 5 syarat; 

dijadikan permulaan dalam awalnya kalimah, 

majrur/lafad yang dijarkan Rubba berupa isim nakiroh, 

isim nakirohnya (majrurnya) harus disifati dengan jumlah, 

amilnya Rubba 
harus di ahirkan,  

amilnya harus berupa 
fiil madli.

(والباء) ومن معانيها التعدية كقولك مَرَرْتُ بِزَيْدٍ.

(Ba’) setengah dari ma’nanya ba’ ialah 
At-ta’diyah (mengiringi) seperti ucapanmu مَرَرْتُ بِزَيْدٍ (saya berjalan beriringan dengan zaid).

(والكاف) ومن معانيها التشبيه كقولك زَيْدٌ كالبَدْرِ.

(Kaf) sebagian maknanya Kaf adalah 
Tasybih/menyerupakan seperti perkataanmu زَيْدٌ كالبَدْرِ (zaid seperti bulan purnama).

(واللام) وتفتح مع غير ياء الضمير نحو لَهُ ولَنَا ولَكَ, وتكسر مع الظاهر, ومن معانيها الملك كقولك المَالُ لِزَيْدٍ.

(Lam) huruf Lam 
dibaca fathah 
ketika besertaan dengan selain Ya’ domir 

contoh لَهُ, لَنَا, 
dan لَكَ. 

Dan Lam 
dibaca kasroh ketika bersamaan isim dhohir. 

Diantara maknanya Lam ialah Al-milku/milik 
seperti ucapanmu المَالُ لِزَيْدٍ (harta itu milik zaid).

(وحروف القسم وهي الواو) فتقول واللهِ, ولاتدخل على الضمير.
(huruf qosam wawu) 
maka engkau ucapkanlah واللهِ (demi Allah), 

wawu tidak masuk pada isim dhomir.

(والباء) وتدخل على الظاهر والمضمر نحو باللهِ وبِهِ.

(Ba’) huruf qosam 
Ba’ ini masuk pada 
isim dhohir contohnya باللهِ (demi Allah) dan 
isim domir contohnya بِهِ (demi Allah).

(والتاء) وتختص بلفظ الجلالة نحو قوله "تاللهِ لَأَكِيْدَنَّ أَصْنَامَكُمْ" (سورة الأنبياء أية 57).

(Ta’) dihususkan 
hanya masuk pada 
lafad djalalah 
contohnya firman Allah yang berbunyi "تاللهِ لَأَكِيْدَنَّ أَصْنَامَكُمْ" (demi Allah saya akan merusak/melakukan tipu daya terhadap berhala-berhalamu).

والفعل يعرف بقَدْ والسِيْنِ وسَوْفَ وتاء التأنيث الساكنة. 

Kalimah Fiil 
bisa diketahui / ditandai dengan masuknya 
Qod, 
Sin, 
Saufa, dan 
Ta’ mati 
yang menunjukan muanasnya fail.
[11/4 21:00] Aing: (بقد) وتدخل على الماضي, وتفيد التحقيق كما في قوله تعالى "قَدْ أَفْلَحَ المُؤْمِنُوْنَ" (سورة المؤمنون أية 1) والتقريب كما في قولك "قَدْ قَامَتْ الصَلَاةُ" وتدخل على المضارع فتكون للتقليل كقولك قَدْ يَصْدُقُ الكَذوبُ وقَدْ يَجُوْدُ البَخِيْلُ, وتأتي للتكثير كقولك قَدْ يَبْخُلُ البَخِيْلُ.

(Qod) huruf قَدْ 
masuk kedalam fiil madli 

mempunyai 2 faedah, 

faidah yang pertama ialah tahqiq (menyatakan) 
seperti firman Allah 
yang berbunyi 
"قَدْ أَفْلَحَ المُؤْمِنُوْنَ"
(sesungguhnya benar-benar bruntung orang-orang yang beriman), 

faidah yang kedua yaitu taqrib (mendekatkan) seperti perkatanmu
 "قَدْ قَامَتْ الصَلَاةُ"
(sholat itu hampir
ditunaikan). 

Dan قَدْ ketika masuk kepada fiil mudori’ 
juga mempunyai 2 arti.  

yang pertama yaitu 
taqlil (menyedikitkan) seperti ucapanmu
 قَدْ يَصْدُقُ الكَذوبُ
(pendusta itu sedikit sekali berkata benar) 
dan contoh قَدْ يَجُوْدُ البَخِيْلُ (orang yang kikir itu sedikit sekali dermawan), 

yang kedua ialah 
taksir (memperbanyak) 

contoh perkatanmu
 قَدْ يَبْخُلُ البَخِيْلُ
(banyak sekali orang yang kikir berbuat kikir).

(والسين) والمراد بالسين سين الإستقبال نحو قوله تعالى " سَيَقُوْلُ السُفَهَاءُ مِنَ النَّاسِ" (سورة البقرة أية 142).

(Sin) 
yang dimaksud dengan sin, ialah sin yang menunjukan arti/zaman istiqbal 

contoh firman Allah 
"سَيَقُوْلُ السُفَهَاءُ مِنَ النَّاسِ"
(akan berkata orang-orang yang kurang akalnya dari manusia).

(وسوف) كقولِه تعالى "سَوْفَ أَسْتَغْفِرُ لَكُمْ رَبِّيْ" (سورة يوسف أية 98).

(Saufa) seperti firman Allah "سَوْفَ أَسْتَغْفِرُ لَكُمْ رَبِّيْ" 
(aku Akan memohonkan ampun bagimu pada tuhanku).

(وتاء التأنيث الساكنة) كقولك قَامَتْ هِنْدٌ.

(ta’ ta’nis sakinah) 
seperti halnya ucapanmu قَامَتْ هِنْدٌ (hindun berdiri).
والحرف ما لا يصلح معه دليل الاسم ولا دليل الفعل.

Kalimah huruf ialah 
kalimah yang tidak pantas/bisanya menerima tanda-tanda kalimah isim dan juga tandanya 
kalimah fiil.

(ما لا يصلح معه إلخ) فعلامة الحرف عدمية, وهي كونه لا يقبل شيئا من علامة الاسم ولا شيئا من علامة الفعل.
(ma layaslahu) 
tandanya kalimah huruf itu Adamiyah (tidak mempunyai tanda), 

artinya kalimah huruf itu sama sekali tidak menerima tanda-tandanya kalimah isim dan juga kalimah fiil.