Selasa, 05 April 2022

Tafsir Bismillahirahmanirahim

[24/3 13:18] Aing: 6. Tafsir 
     Bismillahirahmanirahim 

Bismillah 
( dengan menyebut 
nama Allah, 
“Ar-rahman” “Ar-rahiim 
yang Maha luas kasih sayang-Nya. 

Aku memulai aktivitas ini disertai dengan 
nama-Mu Ta’ala yang maha esa. 

Basmalah 
merupakan kalimat suci yang mencerminkan keihlasan dan 
kerendahan hati seseorang atas keyakinan 
dan rasa optimistis 
dengan melibatkan 
Sang Pencipta alam 
dalam semua aktivitasnya, baik muamalah 
maupun Ibadah. 

Kita sebagai 
seorang muslim, 
seyogianya selalu menyebut nama Allah Ta’ala 
agar mendapatkan berkah dunia dan akhirat. 

7. Keutamaan membaca 
    Bismillahirahmanirahim 

Diantara keutamaan 
lafadz basmalah yaitu: 

1). Basmalah 

merupakan ayat yang hanya diturunkan kepada 
Rasul Muhammad 
dan Nabi Sulaiman. وقد روى ابن مَرْدُويه، من حديث يزيد بن خالد، عن سليمان بن بريدة، وفي رواية عن عبد الكريم أبي أمية، عن ابن بريدة، عن أبيه؛ أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: “أنزلت عليّ آية لم تنزل على نبي غير سليمان بن داود وغيري، وهي بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ”. 
Artinya, 
“Ibnu Murduwiyah dari hadits Yazid bin Khalid, dari Sulaiman bin Buraidah, dalam sebuah riwayat 
Abdul Karim Abi Umayyah, dari ayahnya bahwa Rasulullah SAW, 
‘Sebuah ayat diturunkan kepadaku, 
ayat yang tidak pernah diturunkan kepada 
seorang nabi selainku kecuali Sulaiman bin Dawud. Ayat itu berbunyi 
‘bismillahir rahmanir rahim,” 
(Ibnu Murduwiyah dan 
HR At-Thabarani). 

2). Mendapatkan 

keberkahan dan  menjadi benteng dari syaitan روى جابر بن عبد الله أن النبي قال: «لما نزلت بسم الله الرحمن الرحيم هرب الغيم إلى المشرق، وسكنت الرياح، وهاج البحر، ورجمت الشياطين، وحلف الله بعزته وجلاله أن لا يسمى اسمه على شيء إلا بارك فيه 
Dari Jabir bin Abdullah, ketika ayat 
“Bismillahir rahmanir rahim” turun, 
awan bergerak ke timur, angin menjadi tenang, 
laut bergelombang, 
dan setan dilempari 
di langit. 
Allah bersumpah dengan kebesaran 
dan 
keagungan-Nya 
bahwa sesuatu yang dinamai dengan nama-Nya niscaya mendapat keberkahan-Nya, 
(HR Abu Ya’la, Al-Hakim, dan Al-Bazzar). 

3). Dengan basmalah 

akan selamat dari 
19 malaikat Zabaniyah قال عبد الله بن مسعود: «من أراد أن ينجيه الله تعالى من الزبانية التسعة عشر، فليقرأ بسم الله الرحمن الرحيم فإنها تسعة عشر حرفًا، ليجعل الله كل حرف منها جنة من واحد منهم Abdulah Bin Mas’ud berkata, “Siapa saja yang ingin diselamatkan oleh Allah 
dari 19 malaikat Zabaniyah, hendaklah ia membaca ‘Bismillahir rahmanir rahim’ karena memiliki 19 huruf agar Allah menjadi setiap huruf sebagai prisai baginya dari setiap malaikat Zabaniyah,”. 

4). Basmalah 
menjadi penyempurna segala aktivitas روى أبو هريرة قال: «قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: كل كلام أو أمر ذي بال لا يفتح بذكر الله فهو أبتر أو قال أقطع “Setiap perkara yang memiliki kepentingan (Aktivitas), tidak diawali dengan بسم الله الرحمن الرحيم maka ia terputus!” 

5). Basmalah 
termasuk Asma Allah Ta’ala روي عن عثمان بن عفان أنه سأل رسول الله عن بسم الله الرحمن الرحيم فقال: «هو اسم من أسماء الله، وما بينه وبين اسم الله الأكبر إلّا كما بين سواد العين وبياضها من القرب 
Ketika Sayyidina Utsman bertanya tentang “bismillah” kepada Rasulullah. 
Beliau menjawab, “Itu (bismillah) adalah salah satu asma Allah. 
Jarak Allah dan asma-Nya yang maha besar itu 
hanya sebatas jarak 
hitam mata dan putih mata saking dekatnya,” 
(Ibnu Abi Hatim dan 
HR Al-Hakim).
[24/3 14:27] Aing: Macam-Macam 
Huruf Ba الباء, 

Fungsi dan Kegunaan Dalam bahasa arab terdapat 
2 jenis huruf ba (الباء) 
yaitu 
ashliyyah (asli) dan 
zaidah (tambahan). 

Kedua jenis ini memiliki kandungan makna berbeda tergantung penggunaanya dalam kalimat. 

Dalam kitab Al-Mughani Al-Labib Ibnu Hisyam disebutkan 
terdapat 14 kandungan makna, 
sedangkan menurut Al-Maradi terdapat 
13 makna. 

Ulama Nahwu menyebutkan, bahwa makna dasar dari huruf ba (الباء) 
menunjukan 
arti الالتصاق menempel/melekat/menyentuh, 
lalu dari makna asli tersebut terlahir perluasan makna lain yang di antaranya berjumlah 14/13 di atas. 

Namun demikian, 
Jumhur Ulama berpendapat :

” Kandungan makna 
huruf ba tidak terlepas dari iltishaq dan ta’diyyah saja, selebihnya 
adalah makna-makna perluasan yang menyebar 
di kalangan Arab” 

Lihat: Al-Lubab 1/112 أنواع حرف الباء  
1. Huruf Jar Ba Ashliyyah 
    dan Zaidah 
2. Kandungan Makna 
    Huruf Ba 
3. Ta’alluq Huruf Ba 
                      (تعلق حرف الباء)
[24/3 14:29] Aing: 1. Huruf Jar Ba Ashliyyah 
    dan Zaidah a). 

Huruf Ba Ashliyyah (الباء الأصلية) هو الذي يفيد معنى خاصا ولا يمكن حذفه لأن معنى الجملة لا يتم إلا به 

Huruf jar ba ashliyyah 
yaitu 
huruf ba yang memiliki kandungan makna khusus sehingga keberadaanya tidak mungkin dibuang sebab makna kalimat tidak akan sempurna, 
seperti قوله تعالى : لآ أُقْسِمُ بِهَٰذَا ٱلْبَلَدِ 
Aku bersumpah dengan negeri ini (Mekah). 
(QS. Al-Balad: 1) بِهَٰذَا : الباء : حرف جر أصلي هذا: اسم إشارة مبني على السكون في محل جر مجرور بحرف جر قوله تعالى : ٱقْرَأْ بِٱسْمِ رَبِّكَ ٱلَّذِى خَلَقَ 
Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. 
(QS. Al-‘Alaq: 1) بِٱسْمِ : الباء : حرف جر أصلي. اسم : اسم مجرور وعلامة جره الكسرة وهو مضاف
[24/3 14:37] Aing: b). Huruf Ba Zaidah 
                           ( الباء الزائدة)
 
Huruf ba zaidah
adalah huruf tambahan 
yang keberadaanya terkadang boleh dibuang, wajib, umum, mesti, dan lainya. 

Ba zaidah ini berfaidah taukid (mempertegas), dimana lafadz setelahnya di’irab majrur secara lafadz dan 
marfu’ 
atau 
manshub secara mahal. 

Huruf ba zaidah 
bisa kita identifikasi pada posisi-posisi berikut : 

1). Ba zaidah pada fa’il 

dalam uslub ta’ajjub berwazan أَفْعِلْ بِهِ. Menambahkan ba zaidah pada wazan ini dihukumi wajib, 
seperti أَجْمِلْ بِالمَنْظَرِ 
Alangkah cantiknya pemandangan ini 

Sebagaimana telah diulas pada materi uslub ta’ajjub, untuk tata cara meng’irab kalimat berwazan أَفْعِلْ بِهِ terdapat dua versi. 

Versi yang mengatakan bahwa 
huruf ba adalah asli 
dan 
lafadz أفعل 
adalah fi’il madhi jamid. 

Dan versi yang mengatakan bahwa 
ba adalah zaidah 
dan 
lafadz أفعل adalah fi’il amr. 

Contoh ‘irab versi pendapat pertama; أَجْمِلْ : فعل ماض جامد جاء على صورة الأمر مبني على فتح مقدر على آخره منع من ظهوره السكون الذي اقتضته صيغة الأمر وهو فعل التعجب. الباء : حرف جر زائد. المنظر : اسم مجرور لفظاً مرفوع محلاً ، على أنه فاعل أَجْمِلْ 

Contoh ‘irab versi pendapat kedua أَجْمِلْ : فعل الأمر مبني على السكون، والفاعل ضمير مستتر تقديره أنت الباء : الباء : حرف الجر الأصلي. المنظر : اسم مجرور بالباء قوله تعالى : أَسْمِعْ بِهِمْ وَأَبْصِرْ يَوْمَ يَأْتُونَنَا 

Alangkah tajam pendengaran mereka dan alangkah terang penglihatan mereka pada hari mereka datang kepada Kami. 
(QS. Maryam: 38) 

Untuk meng’irabnya 
bisa mengikuti kedua versi di atas. 

2). Ba zaidah pada fa’il 
     dari fi’il كَفَى. 

Menambahkan ba zaidah pada fi’il ini 
dihukumi ghalib dan urgen, seperti. قوله تعالى : وَكَفَىٰ بِٱللهِ شَهِيدًۭا 

Dan cukuplah Allah 
yang menjadi saksi. 
(QS. An-Nisa’: 79) 

Lafadz Allah adalah fa’il yang berada di posisi majrur secara lafadz 
dan berada di posisi rafa’ secara mahal dari fi’il كفى بالله : الباء : حرف جر زائد. الله : لفظ الجلالة مجرور لفظا ومرفوع محلا فاعل 
Untuk contoh lain dalam Al-Qur’an, lihat: QS. 
Annisa 61, 
Al-Isra 17, 
Al-Anbiya 47, 
Al-Furqan 31, 
Al-Ahqaf 8. 3). 

Ba zaidah pada maf’ul bih untuk fi’il-fi’il berikut: كَفَى / عَلِمَ / عَرَفَ / جَهل / سَمِعَ / أَحَسَّ / ألقى / مَدَّ / أراد 

Menambahkan ba zaidah pada maf’ul bih untuk fi’il2 
di atas bersifat sima’i 
(bukan qiyasi). Seperti قوله تعالى : وَلَا تُلْقُوا۟ بِأَيْدِيكُمْ إِلَى ٱلتَّهْلُكَةِ 

Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan. 
QS. (Al-Baqarah Ayat 195) بِأَيْدِيكُمْ : الباء : حرف جر زائد. أيدي : مفعول به مجرور لفظا ومنصوب محلا وهو مضاف. الكاف : ضمير مبني على الضم في محل جر مضاف إليه، والميم : علامة الجمع قوله تعالى : وَهُزِّي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا 
Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. 
(QS. Maryam 25)
[24/3 14:39] Aing: لفظا ومنصوب محلا وهو مضاف النَّخْلَةِ : مضاف إليه مجرور وعلامته الكسرة Pada kedua ayat di atas, lafadz أَيْدِيكُمْ dan جذع adalah maf’ul bih yang berada di posisi majrur secara lafadz dan berada di posisi manshub secara mahal dari fi’il ألقى 4). Ba zaidah pada mubtada‘ dengan ketentuan sebagai berikut: Apabila mubtada’ terdiri dari lafadz حسب بِحَسْبِكَ عَمَلُكَ بِحَسْبِكَ : الباء : حرف جر زائد. حسب : مبتدأ مجرور لفظا ومرفوع محلا وهو مضاف. الكاف: ضمير مبني على الفتح في محل جر مضاف إليه Lafadz حسب adalah mubtada yang berada di posisi majrur secara lafadz dan rafa’ secara mahal ‘irab Apabila mubtada diawali oleh idza fajaiyyah (إذا فجائية), seperti فَتَحْتُ بَابَ الدَّارِ فَإِذَا بِخَالِدٍ Aku membuka pintu rumah, tiba-tiba ada khalid. فَإِذَا : الفاء: استئنافية. إذا : فجائية لا محل لها من الإعراب بِخَالِدٍ : الباء : حرف جر زائد. خالدٍ : مبتدأ مجرور لفظا ومرفوع محلا، وخبره محذوف تقديره خالد موجود Lafadz خالد adalah mubtada yang berada di posisi majrur secara lafadz dan rafa’ secara mahal Apabila khabar dari mubtada’ berupa isim istifham kaifa (كيف), seperti كَيْفَ بِكَ إذا اشْتَدَّ عَلَيْكَ المرضُ Bagaimana denganmu apabila sakit tambah parah? كَيْفَ : اسم استفهام مبني على الفتح في محل رفع خبر مقدم بِكَ : الباء : حرف جر زائد. الكاف : ضمير مبني على الفتح في محل رفع مبتدأ مؤخر. التقدير: كيف أنت ؟ Pada khabar laisa, seperti قوله تعالى : أَلَيْسَ ٱللهُ بِأَحْكَمِ ٱلْحَٰكِمِينَ Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya? QS. At-Tin Ayat 8 قوله تعالى : أَلَيْسَ ٱلصُّبْحُ بِقَرِيبٍ bukankah subuh itu sudah dekat?” QS. Hud Ayat 81 قوله تعالى : وَمَن لَّا يُجِبْ دَاعِىَ ٱللَّهِ فَلَيْسَ بِمُعْجِزٍ فِى ٱلْأَرْضِ Dan orang yang tidak menerima (seruan) orang yang menyeru kepada Allah maka dia tidak akan melepaskan diri dari azab Allah di muka bumi.QS. Al-Ahqaf Ayat 32 قوله تعالى : أَلَيْسَ ٱللهُ بِكَافٍ عَبْدَهُ Bukankah Allah cukup untuk melindungi hamba-hamba-Nya. QS. Az-Zumar Ayat 36 بِأَحْكَمِ/ بِقَرِيبٍ / بِمُعْجِزٍ / بِكَافٍ : الباء : حرف جر زائد. اسم مجرور لفظا ومنصوب محلا خبر ليس Pada taukid maknawi lafadz نفس dan عين جَاءَ خالدٌ بِنَفْسِهِ / رأَيتُ خالدًا بِعَيْنِهِ Khalid datang sendirian بِنَفْسِهِ : الباء : حرف جر زائد. نفس: اسم مجرور لفظا ومرفوع محلا توكيد معنوي لكلمة خالد الذي وقع فاعلا، وهو مضاف إليه. والهاء : ضمير مبني على الكسر في محل جر مضاف إليه بِعَيْنِهِ : الباء : حرف جر زائد. عين : اسم مجرور لفظا ومنصوب محلا توكيد معنوي لكلمة خالد الذي وقع مفعول به، وهو مضاف إليه. والهاء : ضمير مبني على الكسر في محل جر مضاف إليه Baca Juga: Jenis dan Macam Huruf hatta Perbedaan Hamzah Istifham dan Nida Macam-macam Huruf Fa dan Fungsinya Ragam jenis Lafadz Ayyun Jenis-Jenis Huruf Lam (أنواع اللامات) 2. Kandungan Makna
[24/3 17:26] Aing: 2. Kandungan Makna 
    Huruf Ba a). 

Huruf Ba Iltishaq (باء الالتصاق) الالصاق هو المعنى الأصلي لها. وهذا المعنى لا يُفارقُها في جميع معانيها. ولهذا اقتصرَ عليه سِيبويهِ، وتسمى باء الالصاق 

Iltishaq adalah 
kandungan makna asli 
dari huruf ba, 
dimana Iltishaq sendiri terdapat yang haqiqi (sebenarnya) 
dan majazi (majas). 

Seperti Iltishaq haqiqi: مَسَكْتُ الحَبْلَ بِيَدِي / مَسَحْتُ رَأسِي بِيَدِي Aku memegang tali dengan tanganku / 
Aku mengusap kepalaku dengan tanganku. 

Artinya, terdapat sentuhan menempel (التصاق) antara tangan dengan tali 
atau 
kepala dengan tangan. 

Iltishaq majazi: مَرَرْتُ بِخَالدٍ Aku melewati Khalid. Artinya, 
berpapasan dengan dia meskipun tidak sampai melekat/menempel. مَرَرْتُ : فعل ماض مبني على السكون لاتصاله بتاء الفاعل، والتاء ضمير مبني على الضم في محل رفع فاعل بِخَالدٍ : الباء : جرف جر يفيد الالتصاق مبني على الكسر ولا محل له من الإعراب. خالد : اسم مجرور وعلامة جره الكسرة 

b). Huruf Ba At-Ta’diyyah (باء التعدية) باء التعدية وتُسمّى باءَ النّقلِ، فهي كالهمزةِ في إيصال معنى الفعل اللازم إلى المفعول به Ba 

At-Ta’diyyah disebut juga 
ba naql (باء النقل) 
yaitu huruf ba 
yang berfungsi sebagaimana 
hamzah dalam memuta’addikan fi’il lazimz, seperti ذَهَبَ -» ذَهَبَ ب / أَذْهَبَ كَرُمَ -» كَرُمَ ب /أَكْرَمَ 
Pergi -> membuat pergi Mulya -> memulyakan قوله تعالى : ذَهَبَ ٱللهُ بِنُورِهِمْ 
Allah melenyapkan cahaya (yang menyinari). 
QS. Al-Baqarah 17 ذَهَبَ : فعل ماض مبني على الفتح، والفاعل ضمير مستتر تقديره هو يعود على لفظ الجلاله ٱللهُ : لفظ الجلالة فاعل مرفوع وعلامته الضمة بِنُورِ : الباء : حرف جر للتعدية مبني على الكسر ولا محل له من الإعراب. نور : اسم مجرور وعلامة جره الكسرة وهو مضاف هِمْ : الهاء : ضمير مبني على الكسر في محل جر مضاف إليه، والميم علامة الجمع 

c). Huruf Ba Isti’anah (باء الاستعانة) باء الاستعانة هي الباء الداخلة على آلة الفعل أو المستعانِ به -أي الواسطة التي بها حصلَ الفعلُ 

Ba Isti’anah 
adalah huruf ba 
yang berfungsi 
sebagai sarana dalam melahirkan suatu pekerjaan (berhubungan dengan alat yang dipergunakan atau berhubungan dengan sesuatu yang kita harapkan bantuanya ), 
seperti كَتَبْتُ بِالقلمِ / ضَرَبْتُ بِالسَّيْفِ 
Aku menulis dengan pena / aku memukul dengan pedang. 

Artinya, 
aku menulis dengan alat bantu pena. 
Aku memukul dengan alat bantu pedang. كَتَبْتُ : فعل ماض مبني على السكون لاتصاله بتاء الفاعل، والتاء ضمير مبني على الضم في محل رفع فاعل بِالقلمِ : الباء : جرف جر يفيد الاستعانة مبني على الكسر ولا محل له من الإعراب. القلمِ : اسم مجرور وعلامة جره الكسرة بدأتُ عملي باسمِ الله 
Aku memulai pekerjaanku dengan (pertolongan) Allah.
[24/3 17:32] Aing: d). Huruf Ba Sababiyyah (باء السببية) باء السببية هي الباء الداخلةُ على سبب الفعل وعِلَّتهِ التي من أجلها حصلَ 

Ba Sababiyyah 
yaitu 
huruf yang mengandung arti penyebab atas suatu peristiwa, 
seperti مَاتَ خَالدٌ بِالجُوعِ / بالقتلِ Khalid meninggal sebab lapar/terbunuh مَاتَ : فعل ماض مبني على الفتح، والفاعل ضمير مستتر تقديره هو يعود على خالد خَالدٌ : فاعل مرفوع وعلامته الضمة بِالجُوعِ / بالقتلِ : الباء : حرف جر يفيد السبب مبني على الكسر ولا محل له من الإعراب. الجوع/القتل : اسم مجرور وعلامة جره الكسرة قوله تعالى : فَكُلًّا أَخَذْنَا بِذَنبِهِ. سورة العنكبوت 40 “Maka masing-masing (mereka itu) Kami azab disebabkan dosa-dosanya” 

e). Huruf Ba Dzharfiyyah 
     Bi Ma’na Fi 
          (باء الظرفية بمعنى في)

Ba dzharfiyyah 
yaitu huruf ba bermakna fi (di/dalam), 
seperti قوله تعالى : وَلَقَدْ نَصَرَكُمُ ٱللهُ بِبَدْرٍ 
Dan sungguh, Allah telah menolong kamu dalam perang Badar. Nya. 
(QS. Ali ‘Imran: 123) بِبَدْرٍ : الباء : حرف جر يفيد الظرفية بمعنى في. بدر : اسم مجرور وعلامة جره الكسرة 

f). Huruf Ba Al-Mushahabah (باء المصاحبة) 

Ba mushahabah 
yaitu huruf ba bermakna ma’a (مع) ‘beserta’, 
seperti اِشْتَرَيتُ الدَّارَ بِأَثَاثِهَا 
Aku membeli rumah itu beserta perkakasnya اِشْتَرَيتُ : فعل ماض مبني على السكون لاتصاله بتاء الفاعل، والتاء ضمير مبني على الضم في محل رفع فاعل الدَّارَ : مفعول به منصوب وعلامة نصبه الفتحة بِأَثَاثِهَا : الباء : حرف جر يفيد المصاحبة. أثاث : اسم مجرور وعلامة جره الكسرة وهو مضاف. والهاء : ضمير مبني على السكون في محل جر مضاف إليه قوله تعالى : قِيلَ يَٰنُوحُ ٱهْبِطْ بِسَلَٰمٍۢ مِّنَّا وَبَرَكَٰتٍ عَلَيْكَ وَعَلَىٰٓ أُمَمٍۢ مِّمَّن مَّعَكَ 
Wahai Nuh! 
Turunlah beserta keselamatan dan penuh keberkahan dari Kami, bagimu dan bagi semua umat (mukmin) yang bersamamu.” 
(QS. Hud: 48) يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ قَدْ جَآءَكُمُ ٱلرَّسُولُ بِٱلْحَقِّ مِن رَّبِّكُمْ Wahai manusia! 
Sungguh, telah datang 
Rasul (Muhammad) kepadamu beserta (membawa) kebenaran dari Tuhanmu. 
(QS. An-Nisa’: 170) 

g). Huruf Ba Badal (باء البدل) 

Ba badal yaitu ba yang mengandung arti pengganti dari sesuatu yang lain, seperti يَقُولُ مَا يَسُرُّنِي أَنَّ لِي بِهَا حُمْر النَّعَمِ. أخرجه أبو داوود في السنن 
Mu’adz bin Jabal berkata; “Ini lebih aku sukai dari unta merah“. 
Artinya, 
unta merah sekalipun tidak akan membahagiakan aku sebagai pengganti dari penyakit yang menimpa jari telunjuknya. 

Agar lebih memahami maksud hadits, 
silahkan lihat matan dan terjemahnya.
[24/3 17:40] Aing: h). Huruf Ba bermakna 
     ‘audh/ta’widh 
(pergantian/penukar) باء العوض وتسمى باءَ المقابلةِ أيضاً، وهي التي تَدُلُّ على تعويض شيءٍ من شيءٍ في مُقابلةِ شيءٍ آخرَ 

Ba ta’widh 
yaitu huruf ba yang mengandung arti pengganti sesuatu dari yang lain. Seperti اشْتَريتُ القلمَ بِألفِ روبياتٍ Aku membeli pena dengan uang seribu. 
Artinya, 
aku membeli pena 
(ditukar/diganti) 
dengan 1 rb. 

i). Huruf Ba Al-Mujawazah (باء المجاوزة) bermakna ‘an (عن) ‘dari’. 

Seperti قوله تعالى : سأل سائلٌ بعذابٍ واقعٍ 
Seseorang telah meminta dari azab yang akan menimpa. 
(QS. al-Ma’arij 1) 

j). Huruf Ba At-tab’idh 
(باء التبعيض) bermakna min (من)’sebagian’. Seperti عَيْنًا يَشْرَبُ بِهَا عِبَادُ ٱللَّهِ (Yaitu) mata air (dalam surga) yang daripadanya hamba-hamba Allah minum. QS. Al-Insan Ayat 6. 

k). Huruf Ba Isti’laa (الاستعلاء) bermakna على ‘atas’. Seperti وَمِنْ أَهْلِ ٱلْكِتَٰبِ مَنْ إِن تَأْمَنْهُ بِقِنطَارٍ يُؤَدِّهِ 
Di antara Ahli kitab ada orang yang jika kamu mempercayakan kepadanya atas harta yang banyak, sia mengembalikanya kepadamu. 
QS. Ali ‘Imran Ayat 75 

l). Huruf Ba Al-Ghayah (الغاية) bermakna إلى ‘kepada’. Seperti وَقَدْ أَحْسَنَ بِىٓ إِذْ أَخْرَجَنِى مِنَ ٱلسِّجْنِ 
Dan sesungguhnya Tuhanku telah berbuat baik kepadaku, ketika Dia membebaskan aku dari rumah penjara. 
QS. Yusuf Ayat 100 

m). Huruf Ba Qasam 
(باء القسم) 
bermakna sumpah.
Seperti باللهِ لأجتهدَنَّ في تعلّم اللغة العربية 
Demi Allah aku akan sungguh2 dalam belajar bahasa arab. 
Lihat pada materi 
uslub qasam
[24/3 17:43] Aing: 3. Ta’alluq Huruf Ba 
                       (تعلق حرف الباء) Huruf jar yang salah satunya yaitu ba
 (الباء) 
menurut pandangan 
Ulama Nahwu mesti terdapat ta’alluq al-ma’na (keterkitan makna) 
sebab tidak berdiri sendiri. Artinya, 
makna dari pada huruf ba tidak akan sempurna 
kecuali dihubungkan dengan muta’alliqnya, 
baik kepada 
kata fi’il atau kata isim. 

Untuk perluasan silahkan dilihat pada materi syibhul jumlah dan ta’alluqnya Wallahu’alam.