Rabu, 06 April 2022

Pengertian Isim Ghair Munsharif, Mutamakkin Ghair Amkan »

[22/3 20:04] Aing: NAHWU SHOROF

Sabtu, 23 Agustus 2014

Pengertian 
Isim Ghair Munsharif, Mutamakkin Ghair Amkan » 

Alfiyah bait 649
مَا لا يَنْصَرِف
BAB 
ISIM TIDAK MUNSHARIF (Isim yg tidak bersuara tanwin)
الصَّرْفُ تَنْوِيْنٌ أتَى مُبَيِّنا ¤ مَعْنَى بِهِ يَكُونُ الاسْمُ أمْكَنَا
Sebutan “ash-Shorfu” 
adalah berupa “Tanwin” 
yg menjelaskan suatu arti: bahwa 
isim dengan tanwin ini disebut “Amkan” 
(lebih memungkinkan/
lebih kuat keadaan/kedudukan isimnya). 

–·•Ο•·–
Telah dijelaskan pada pelajaran dahulu “Alfiyah Bait 15. 
Isim Mu’rob 
dan 
Isim Mabni” 

bahwa 
Isim ada dua :

1. Isim Mabni 
2. Isim Mu’rob

Isim Mabni 
disebut 
Isim Ghair Mutamakkin/Tidak Mutamakkin 
(tidak menduduki pangkat keisiman) 
dikarenakan tidak dapat menerima perubahan harkat.

Sedangkan 
Isim Mu’rob 
disebut Mutamakkin 
yakni menduduki pangkat keisiman dikarenakan 
dapat menerima perubahan tanda-tanda i’rob. 

Isim Mutamakkin 
dibagi dua :

1. Isim Mutamakkin Amkan :
    yaitu 
Isim yg dapat dimasuki oleh Tanwin yg disebut 
Tanwin Tamkin 
atau disebut juga 
Tanwin Tamakkun/
Tanwin Amkaniyah/
Tanwin Shorf.

Definisi 
Tanwin Tamkin/
tamakkun/
amkaniyah/
shorf :

Adalah 
Tanwin yg menunjukkan atas suatu makna 
“bahwa Isim 
yg dapat menyandang tanwin ini disebut 
Isim Mutamakkin Amkan”.

Penjelasan Definisi 
Tanwin Tamkin/
tamakkun/
amkaniyah/
shorf :

Suatu makna, 
dalam difinisi tsb artinya: 

tidak adanya 
kalimah Isim serupa 
dengan 
kalimah Huruf 
yg menjadikan Isim Mabni, atau 
tidak serupa dengan 
kalimah Fi’il 
yg menjadikan Isim 
tidak menerima Tanwin.

Disebut 
Isim Mutamakkin Amkan, yakni 
kuatnya setatus keisimannya 
dikarenakan mencakupi pada 
dua tanda Isim 
“I’rob dan Tanwin”. 

Maka isim 
tersebut dinamakan “Mutamakkin” 
(berkedudukan) 
sebab 
menerima tanda-tanda i’rob, dan disebut 
“Amkan” 
(lebih kuat kedudukannya) sebab 
dapat bertanwin. 

dengan arti bahwa 
isim tersebut tidak menyerupai Fi’il 
yg mencegah tanwin, 
juga 
tidak menyerupai Huruf 
yg mencegah I’rab.

Keluar dari definisi “Menunjukkan atas 
suatu Makna”, .adalah berupa 
Tanwin Muqabalah 
dan 
Tanwin ‘Iwadh.

“Tanwin Muqabalah” 
ada pada 
Jamak Mu’anntas Salim karena status tanwin ini dipasang sebagai muqabalah/perbandingan saja dari NUN 
pada 
Jamak Mudzakkar Salim. 

Tanwin Muqabalah ini 
bisa masuk pada 
Isim Munsharif, 

contoh:
هؤلاء بناتٌ فاهماتٌ
HAA’ULAAI BANAATUN FAAHIMAATUN = 
mereka anak-anak perempuan yg faham.

juga masuk pada 
isim Ghair Munsharif, contoh :
سعادات
SU’AADAATU = 
beberapa Su’ad 
(nama perempuan).

lafazh SU’AADAATU = 
boleh ditanwin menjadi SU’AADAATUN 
karena mempertimbangkan pada asal bentuknya 
yaitu jama’ mu’annats salim dan disebut 
tanwin muqabalah 
bukan 
tanwin tamkin. 
juga boleh tidak ditanwin dengan mempertimbangkan keadaannya yg sebagai “Isim Alam dan Mu’annats” termasuk dari 
dua illat isim 
tidak munsharif.

“Tanwin Iwadh” 
bisa masuk pada 
Isim-Isim Munsharif 
seperti 
“KULLUN” dan 
“BA’DHUN” 
juga bisa masuk pada 
Isim Ghair Munsharif seperti : 
“DAWAA’IN” dan “LAYAALIN” 
(akan dijelaskan pada bait-bait selanjutnya InsyaAllah).

2. Isim Mutamakkin Ghair 
    Amkan:

Isim Mutamakkin Ghair Amkan 

adalah bagian Isim Mu’rob yg kedua, 
yakni bagian Isim 
yg tidak dapat dimasuki 
oleh Tanwin 
atau disebut 
Isim Ghair Munsharif atau Isim yg tidak dapat menerima Tanwin. 

Disebut Mutamakkin 
karena dapat menerima tanda I’rob, 
dan disebut Ghair Amkan karena 
tidak bertanwin 
sebab 
serupa dengan Fi’il.


Telah disebutkan pada pelajaran lalu 
(Isim Tidak Munsharif) bahwa 
tanda Jarnya dengan Fathah, contoh dalam Ayat Al-Qur’an :
وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا
WA IDZAA HUYYIITUM 
BI TAHIYYATIN FA HAYYUU BI AHSANA MINHAA = Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya (QS. Annisa’ : 86)

Lafazh AHSANA = 
tanda jarnya dengan Fathah.
Kecuali jika mudhaf atau dimasuki AL, 
maka dijarkan 
dengan Kasrah, 

contoh dalam 
Ayat Al-Qur’an :
لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ
LAQOD KHOLAQNAL-INSAANA 
FIY AHSANI TAQWIIM = sesungguhnya 
Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk 
yang sebaik-baiknya 
(QS. At-Tiin :4)

Lafazh AHSANI = 
Jar dengan Kasroh 
sebab 
mudhaf pada lafazh TAQWIIM.
إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ
IDZAA QIILA LAKUM TAFASSAHUU FIL-MAJAALISI FAFSAHUU YAFSAHILLAAHU LAKUM = apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah 
dalam majlis”, 
maka lapangkanlah 
niscaya Allah 
akan memberi kelapangan untukmu 
(QS. Al-Mujaadilah :11)

Lafazh AL-MAJAALISI = 
Jar dengan kasrah 
sebab dimasuki AL.
[22/3 20:12] Aing: NAHWU SHOROF

Minggu, 24 Agustus 2014

kata ganti \ isim dhamir dalam bahasa arab 
ada 14

kata ganti 
dalam bahasa arab

Belajar 
Dhamir (kata ganti) 
dalam bahasa arab.

Sebelum itu, kita belajar pasal istilah singular,plural (kalau dalam 
Bahasa Inggris) 

tapi dalam 
bahasa arab kita bahagikan kepada 3 iaitu :

mufrad (مفرد) = 
single 
(menunjukkan 
seorang ataupun satu)

muthanna (مثنى) = 
double 
(menunjukkan dua orang sahaja atau dua sahaja)

jamak (جمع) = 
plural 
(menunjukkan tiga 
dan lebih)


seterusnya masuk kepada Dhamir 
(kata ganti nama)

hua (هو) = 
dia (bagi lelaki *mufrad)

huma (هما) = 
dia (bagi 2 lelaki *muthanna)

hum (هم) = 
dia (bagi 3 dan lebih lelaki *jamak)

hiya (هي) = 
dia (bagi seorang perempuan *mufrad)

huma (هما) = 
dia (bagi 2 perempuan *muthanna) *sama dengan laki

hunna (هن) = 
dia (bagi 3 dan lebih perempuan *jamak)

anta (أنت) = 
kamu (lelaki *mufrad)

antuma (أنتما) = 
kamu (bagi 2 orang lelaki)

antum (أنتم) = 
kamu (bagi lelaki 3 atau lebih)

anti (أنت) = 
kamu (bagi perempuan_

antuma (أنتما) = 
kamu (bagi 2 orang perempuan) *sama dengan laki

antunna (أنتن) = 
kamu (bagi perempuan 3 atau lebih)

ana (أنا) = 
saya (bagi lelaki dan perempuan)

nahnu (نحن) = 
kami (bagi lelaki dan perempuan)
[22/3 21:08] Aing: NAHWU SHOROF

Kamis, 28 Agustus 2014

BAB 

SHAHIH 
DAN 
MU’TAL

1. Fi’il Shahih

Adalah 
kalimah fi’il 
yang bentuk 
hururf-huruf aslinya, 
bebas dari huruf illah 
              (و – ا – ي).

Termasuk golongan 
Fi’il Shahih 
adalah:

1. Fi’il Bina’ Shahih/Salim (lihat Bina’ shahih 
di page Belajar 
I’lal – BINA’ SHAHIH)

2. Fi’il bina’ Mahmuz (tentang Bina’ Mahmuz 
di page Belajar 
I’lal – BINA’ MAHMUZ)

3. Fi’il bina’ Mudha’af (tentang Bina’ Mudha’af 
di page Belajar 
I’lal – BINA’ MUDHA’AF)

1. Fi’il Mu’tal

Adalah kalimah fi’il 
yang salah satu atau dua huruf asalnya 
teridiri dari huruf illah 
             (و – ا – ي).

Termasuk golongan 
fi’il mu’tal 
adalah:

1. Fi’il Bina’ Mitsal  
(tentang Bina’ Mitsal 
di page Belajar 
I’lal – BINA’ MITSAL)

2. Fi’il bina’ Ajwaf 
(tentang Bina’ Ajwaf 
di page Belajar 
I’lal – BINA’ AJWAF)

3. Fi’il bina’ Naqish 
(tentang Bina’ Naqish 
di page Belajar 
I’lal – BINA’ NAQIS)

4. Fi’il bina’ Lafif Mafruq (tentang Bina’ Lafif Mafruq di page Belajar 
I’lal - BINA’ LAFIF)

5. Fi’il bina’ Lafif Maqrun  (tentang Bina’ Lafif Maqrun di page Belajar 
I’lal – BINA’ LAFIF)
◊◊◊
Pengamalan Tashrif  
Fi’il Shahih dan 
Fi’il Mu’tal.

Untuk 
Bina’ shahih atau 
Fi’il Salim, 
ia tidak mengalami perubahan dalam mengikuti standar wazannya 
(tashrif ishthilahi) 
pun ketika 
musnad/disandarkan kepada 
Isim Dhamir atau 
Isim Zhahir –
tunggal/dual/jamak 
(tashrif  secara lughawi). 

Contoh untuk 
bina’ shahih
                                      نَصَرَ :
MUSNAD 
KEPADA
FI’IL MUDHARI’
   FI’IL MADHI
Orang ketiga male
يَنْصُرُ يَنْصُرانِ يَنْصُرونَ
نَصَرَ نَصَرَا نَصَرُوا
Orang ketiga female
تَنْصُرُ تَنْصُرَانِ يَنْصُرْنَ
نَصَرَتْ نصَرتَا نَصَرْنَ
Orang kedua male
تَنْصُرُ تَنْصُرَانِ تَنْصُرُوْنَ
نَصَرْتَ نَصَرْتُمَا نَصَرْتُمْ
Orang kedua female
تَنْصُرِيْنَ تَنْصُرَانِ تَنْصُرْنَ
نَصَرْتِ نَصَرْتُمَا نَصَرْتُنَّ
Orang pertama
أَنْصُرُ نَنْصُرُ
نَصَرْتُ نَصَرْنَا

Untuk tiap Fi’il 
selain Bina’ Shahih, diberlakukan juga 
seperti 
tashrif Bina’ Shahih 
didalam mengikuti wazannya  
tanpa mengalami perubahan yg berarti, 
kecuali sebagai berikut:

1. Bina’ Mahmuz, 
jika pada awal kalimahnya terdapat 
dua hamzah beriringan, maka 
hamzah yang kedua 
diganti Huruf Mad 
yang sesuai dengan 
harkah hamzah 
yang pertama 
(lihat » Kaidah I’lal ke 11).

→ Pelainan bagi lafazh
 أَخَذَ – أَكَلَ – أَمَر
yang harus membuang   hamzah kedua-duanya 
pada bentuk 
Fi’il Amarnya 
menjadi خُذْ – كُلْ – مُرْ.

→ Juga lafazh رَأَىْ 
dibuang Hamzahnya 
‘ain fi’ilnya 
pada bentuk 
fi’il mudhari’ dan 
fi’il amarnya, 
menjadi يُرَىْ – رَ .

→ Juga lafazh أََََرَىْ 
yg berwazan أَفْعَلَ 
dibuang Hamzah  ‘ain fi’ilnya pada 
semua bentuk tashrifannya, menjadi أَرَىْ – يُرَىْ – أَرَ.


2. Bina’ Mudha’af, 
harus mengalami proses Idgham 
yaitu memasukkan salah satu 
dari 
dua huruf yang sejenis 
pada salah satu yang lannya, contohمَدَّ – يَمُدُّ. 
( lihat » Kaidah I’lal ke 10)

→  Jika huruf yang pertama berharkah 
dan 
yang kedua sukun, 
maka 
tidak boleh di-idgham bilamana 
sukunnya karena bersambung dengan 
dhamir rafa’ mutaharrik, contoh: مَدَدْتُ – يَمْدُدْن

→ Jika dijazemkan 
pada Fi’il Mudhari’nya atau jika dibentuk Fi’il Amar. maka 
boleh memilih dua pilihan; tetap di-idgham 
atau 
tanpa di-idgham. 
contoh:
 لم يَمُدّ – مُدّ 
atau
 لم يَمْدُد – اُمْدُد. 

Bilamana di-idghamkan maka 
boleh harkah terakhir diharkati Fathah 
karena ringan, 
atau 
diharkati Kasrah 
karena 
asal takhallush, 
atau 
diharkati Dhammah 
karena 
mengikuti harkah ‘Ain Fi’il-nya. 
maka 
untuk lafazh مدّ 
boleh tiga pemilihan karakah. 
dan 
untuk lafadz  عضّ 
boleh dua pemilihan harakah.

3. Bina’ Mitsal, 
dibuang Fa’ Fi’ilnya 
pada 
bentuk Fi’il Mudhari’ 
dan 
Fi’il Amar-nya 
bilamana ia 
Bina’ Mitsal Wawiy dan 
‘Ain Fi’ilnya 
ber-harkah kasrah. 
contoh: يعد – يزن – عد – زن. (lihat » Kaidah I’lal ke 7).

→ Maka tidak boleh dibuang yg seperti contoh ينَعَ – يينَع

→ Pelainan atau Syadz untuk lafazh يدَع – يذَر – يسَع – يضَع – يطَأ – يقَع – يهَب.

4. Bina’ Ajwaf, 
dibuang ‘Ain Fi’ilnya, 
jika huruf terakhir disukunkan 
karena jazm 
atau 
dibentuk Fi’il Amar. contoh: لم يقم – لم يبع – لم يخف – قم – بع – خف. 
(lihat » Kaidah I’lal ke 9 )

→ Demikian juga 
dibuang Ain Fi’ilnya, bilamana bersambung dengan 
Dhomir Rofa’ Mutaharrik, contoh: قمت – بعنا – خفتم – يقمن – يبعن – خفن. 

dalam hal ini 
huruf pertamanya ada 
yang diharkati 
Dhammah ataupun Kasrah, untuk menunjukkan pada bentuk huruf yang dibuang wau atau ya’, 
seperti contoh قمت dan بعت. dan 
terkadang diharkati Kasrah untuk menunjukkan 
pada Harkahnya huruf 
yang dibuang, 
seperti kita lihat pada contoh  خفتم.

5. Bina’ Naqish, 
dibuang Lam Fi’ilnya bilamana bersambung dengan 
dhamir Wau Jama’ atau 
Ya’ muannats mukhatabah kemudian pada ‘ain fi’ilnya diharkati dengan harkah yang sesuai dengan 
huruf dhamir tsb seperti contoh رَضُوا – تَدْعِيْن 
kecuali 
jika Lam Fi’ilnya 
yang dibuang itu berupa Alif, maka 
‘Ain fi’ilnya tetap lazim berharkah Fathah 
contoh: سعَوا – تخشَين. (proses lanjutan dari 
Kaidah I’lal ke 5 dan juga Kaidah I’lal ke 1)

→ Juga dibuang 
Lam Fi’ilnya 
bilamana ia berupa Alif 
(atau setelah proses Kaidah I’lal ke 1 ) dan 
bersambung dengan 
Ta’ ta’nits contoh: رَمَتْ – رَمَتَا. 

Tapi bilamana ia bersambung dengan selain dhamir Wau atau Ya’ 
(dari dhamir bariz muttashil), 
maka 
tidak boleh dibuang 
akan tetapi 
dikembalikan pada huruf asalnya 
(sebelum proses Kaidah I’lal ke 1) 
demikian ini untuk 
Fi’il tiga huruf 
contoh غَزَوْتُ – رَمَيْتُ – غَزَوَا – رَمَيَا. 
dan 
diganti Ya’ 
bilamana termasuk pada 
fi’il empat huruf, contoh: أَغْزَيْتُ – اِهْتَدَيَا – يُسْتَدْعَيْنَ.

6. Bina’ Lafif Mafruq, 
berlaku pengamalan seperti yang dialami 
Bina’ Mitsal 
dan 
Bina’ Naqish.

7. Bina’ Lafif Maqrun, berlaku pengamalan seperti yang dialami 
Bina’ Naqish saja.

               
Isim mu`tal
Adalah dimana 
ada isim yang huruf akhirnya berupa huruf illat 
(alif dan ya`).

Isim mu`tal 
dibagi menjadi 2 macam

1. mu`tal alit معتل الف 
    contoh المصطفى  atau 
    bisa kita sebut

    dengan اسم مقصور

2. mu`tal ya معتل ياء 
    contoh : المرتقى atau disebut dengan اسم منقوص

 isim maqsur اسم مقصور  adalah 
isim yang huruf akhirnya adalah
berupa huruf 
alif lazimah الف لازمة (tetap) dan 
huruf sebelum alif 
dibaca fathah.

Contoh : المصطفى , المرتضى

Adapun 
i`robnya isim maqsur 
adalah muqoddar (مقدر) artinya tingkah

rofa`, 
nashob dan 
jer 
itu semua di kira-kirakan.

Contoh : جَاءَ الْمصطفَى (رفع) رأيتُُ الْمصطَفَى (نصب) مررت بِالْمصْطَفَى (جر)

 Isim manqush اسم منقوص 
                                        =======================

Adalah 
isim yang akhirnya 
berupa ya` lazimah ياء لازمة,  dan huruf sebelumnya dibaca 
kasroh.

Contoh : المرتقي, القاضى

Adapun 
i`robnya isim manqus 
ketika rofa` dan jer 
itu dikira-kirakan.

Contoh : جاءَ الْمرتَقِى ومررتُ بِالْمرتَقِى

Dan ketika tingkah 
nashob dengan fathah dhohiroh .

Contoh : رأيتُ الْمُرْتَقِيَ

                                                      Fi`il mu`tal فعل معتل
                                             ========================

Adalah dimana ada fi`il 
yang huruf akhirnya 
berupa huruf illat (حرف علة) .

Contoh : يغزو, يخشى, يرمي

Ada 3 macam 
fi`il mu`tal :

1. mu`tal wawu معتل واو 
    contoh : يغزو

2. mu`tal alif معتل الف  
    contoh : معتل ألف

3. mu`tal ya` معتل ياء  
    contoh : يرمي

 i`robnya fiil mu`tal 
adalah sebagai berikut :

1. apabila itu beurpa 
    mu`tal wawu معتل واو, 
    maka ketika rafa`
    itu adalah مقدرة   
    (dikira-kirakan)

     contoh : يدعو

Apabila tingkah nashob maka dengan 
fathah dhohiroh

     Contoh : لن يدعُوَ

Apabila tingkah jazem 
maka hadzfu harfi illat حذف حرف علة 
"membuang huruf illat".
 Contoh : لم يدعُ

 2.    jika berupa 
        mu`tal alif معتل الف 
        pada tingkah 
        rofa`muqoddar مقدر

        contoh : يخشى.

        Dan nashob  juga. 
        muqoddar مقدر 
        contoh : لن يَخْشىَ

Dan tingkah jazem 
dengan membuang 
huruf illat.
Contoh : لَمْ يَخْشَ

3. dan apabila berupa 
    mu`tal ya` 
    maka pada tingkah 
    rofa`muqoddar.
    Contoh : يرمى

Dan tingkah nashob 
dengan 
fathah dhohiroh فتحة ظاهرة
  
Contoh : لن يرميَ

Dan tingkah jazem 
dengan membuang 
huruf ya`.

Contoh : لم يَرْمِ




ISIM 
DITINJAU DARI SEGI BUN-YATI (JENIS HURUF)

Isim ditinjau dari segi bun-yati atau 
jenis huruf 
terbagi menjadi 
2 bagian, 
yaitu:

1.Isim shohih akhir, 
2.Isim ghair shahih

Isim shohih akhir 
ialah 
isim yang seluruh hurufnya memiliki harokat 
dan 
berbunyi secara normal, atau 
bisa dikatakan huruf akhir dalam isim tersebut 
bukan huruf illat. 
Contoh: رَجُلٌ, ذَكَرٌ

Dalam isim shahih 
ada pula yang di sebut dengan 
isim syibhu shahih akhir, yaitu 
apabila ada huruf illat namun 
sebelumnya ada huruf 
yang berharokat sukun, seperti: ظِبْيٌ, هَدْيٌ.

Sedangkan 
isim ghair shahih akhir 
ialah 
isim yang terdapat padanya huruf illat. 

Isim ghair shahih akhir terbagi menjadi 
3 bagian, 
yaitu:
1.       الاسم المقصور 
(isim maqshur)
2.       الاسم المنقوص 
(isim manqush)
3.       الاسم ممدود 
(isim mamdud)

Isim Maqshur

Isim maqshur ialah 
semua isim mu’rob 
yang huruf akhirnya 
adalah huruf alif laajimah ashliyah. 

Isim maqshur 
ada yang ditulis dengan alif seperti:  العَصَا, 
dan 
ada pula yang ditulis dengan ya’ seperti: مُوْسَى.

Namun alif 
yang terdapat dalam 
isim maqshur 
tidak selamanya 
alif lajimah ashliyah, adakalanya alif tersebut 
alif manqalibah 
(pengganti) 
dan kadang-kadang 
alif majîdah (tambahan).

Alif pengganti 
terbagi kepada 2, 
yaitu 

pengganti dari و 
dan 
pengganti dari  ي. 

Alif pengganti dari و digambarkan dengan ا (alif).  Contoh alif 
sebagai pengganti 
dari و: العَصَا. 

Dan alif sebagai pengganti dari ي 
digambarkan dengan ى. Contoh alif 
sebagai pengganti 
dari ي : الفَتَى. 

Hal ini dapat diketahui bentuk mutsana 
dari dua contoh tersebut yaitu:  عَصْوَانِ, dan فُتْيَانِ.


Adapun alif majiidah 
ialah 
alif yang ditambahkan 
pada isim untuk menunjukan muanats. Seperti: الحُبْلَى 
yang berasal dari kata الحُبْلُ.

Maka alif ini 
dinamakan dengan 
alif maqsuroh. 

Adapun penggambaran 
alif maqshurah 
tergantung dari 
asal kata pada kalimat tersebut. 

Apabila asal katanya 4 huruf atau 
lebih dan 3 huruf 
namun huruf aslinya huruf ي, maka 
digambarkan dengan 
huruf ى, 
seperti: مُسْطَفَى, مُسْتَشْفَى, الفَتَى. 

Dan digambarkan dengan huruf alif 
apabila 
huruf asalnya itu و, 
seperti: العَصَا, العَلَا, الرِبَا .

Isim maqshur 
terbagi menjadi 2 macam, yaitu: 

maqshur qiyasi 
dan 
maqshur samâi.

Dalam isim maqshur qiyasi terdapat 10 macam isim yang 
mu’tal akhir, 
yaitu:

1.Masdar dari fiil lajim 
   atas wazan فَعِلَ 
   dengan dikasrohkan 
   ainnya wazannya فَعَلٌ 
   dengan difathahtai. 
   Seperti: رَضِيَ رِضًا

2.Apabila atas wazan فِعَلٍ 
   dengan dikasrohkan 
   fa’ fiilnya 
   maka 
   menjadi fathah ainnya 
   dan merupakan jama’ 
   dari فِعْلَةٌ 
   dengan dikasrohkan fa’nya 
   maka 
   menjadi sukun ‘ainnya. Seperti:  مِرًى jamaknya مِرْيَةٌ

3.Apabila keadaanya 
   atas wazan فُعَلَ 
   dengan di domah fa’nya 
   maka 
   menjadi fathah ‘ainnya 
   dan 
   merupakan jamanya فُعْلَةً 
   dengan di domah fa’nya 
   maka 
   menjadi sukun ‘ainnya. Seperti: عُرًى jamaknya    عُرْوَةٌ

4.Apabila keadaanya 
   atas wazan فَعَلَ 
  dengan difathah keduanya 
  dari antara 
  isim jinsi (isim jenis) 
  yang menunjukan 
  kepada banyak 
  apabila banyak 
  apabila kosong 
  dari huruf ‘ta’. 
Seperti: حَصَاةٍ  jadi    حَصًى

5.Isim maf’ul 
   yang menunjukan 
   pekerjaan yang telah lalu 
   yang terdiri dari 3 huruf. Seperti: مُصْطَفًى

6.Wazan مَفْعَلٌ 
   dengan difathah mim 
  dan ainnya 
  yang menunjukan 
  kepada 
  masdar, 
  isim jaman dan 
  isim makan. 
  Seperti: المَحْيَا

7.Wazan مِفْعَلٌ 
   dengan dikasroh mim 
   dan ‘ain 
   yang menunjukan 
   isim alat. 
   Seperti: المِكْوَى

8.Wazan اَفْعَلُ 
   sebagai sifat 
   untuk menunjukan tafdzil 
   (keutamaan) atau 
   ghoir tafdzil 
   (bukan keutamaan). Seperti: الاَحْوَى

9.Jama muanats dari اَفْعِلَ 
   untuk menunjukan 
   tafdzil (nilai keutamaan). 
   Seperti: الدُنْيَا

10.Muanats dari wazan اَفْعَلَ    
     untuk menunjukan tafdzil 
     (nilai keutamaan) 
     dari 
     shahih atau mu’tal akhir.

Adapun pengharokat akhiran isim maqshur 
terbagi mejadi 3, 
yaitu:

1.Dhomah muqodaroh, 
   apabila dalam keadaan 
   mafru’

2.Fathah muqodaroh, 
   apabila dalam keadaan 
   manshub

3.Kasroh muqodaroh, 
   apabila dalam keadaan 
   majrur.

Isim Manqush

Isim manqush ialah 
isim mu’rab 
yang akhirnya huruf ي 
yang terletak setelah 
huruf shahih yang kasroh, seperti: القَادِى, الرَاعِى. Jika ي tersebut tidak disebut 
atau 
berharokat sukun 
maka bukan isim manqush, seperti: اَخِيْكَ, 
dan 
begitupula 
jika huruf sebelumnya 
tidak berharokat kasroh, maka itu bukan manqush, seperti: ظِبْيٌ.

Isim manqush 
jika dalam posisi marfu maka 
harokat akhirnya 
ialah 
dhomah muqodarroh, karena 
orang arab sulit untuk mengucapkannya. 

Dan juga jika dalam keadaan majrur 
maka menggunakan 
kasroh muqodaroh, 
dengan alasan yang sama. 

Namun apabila 
dalam keadaan mansub maka 
tetap menggunakan 
fathah dzohiroh.

Jika dalam keadaan nakiroh maka 
ya’nya dibuang, 
kalau keadaannya 
marfu dan majrur, 
namun 
jika keadaannya manshub maka 
ya’ tetap disebut. 

Dan jika dalam keadaan ma’rifat 
maka 
ya’nya tetap disebut 
atau 
ditulis 
namun tidak berharokat 
atau tidak berbunyi.

Apabila isim manqush dalam keadaan mutsana maka 
ya’ yang telah dibuang disebut kembali. Seperti:قَضْيَانِ

Isim Mamdud

Isim mamdud ialah 
isim mu’rab 
yang huruf akhirnya 
adalah 
huruf hamzah dan 
terletak setelah alif jaidah. Contoh: السَمَاءُ, الصَحْرَاءُ.

Jika sebelum hamzah itu bukan alif jaidah 
maka tidak bisa dikatakan isim mamdud. 
Seperti المَاءُ, 
alifnya bukan alif jaidah 
tapi 
alif pengganti, 
yaitu dari kata مَوَءُ, 
dengan alasan dilihat dari bentuk jama’nya 
yaitu اَمْوَاء.

Hamzah 
yang terdapat dalam 
isim mamdud 
terbagi menjadi 4 macam, yaitu:

1.hamzah asli seperti  قَرَأَ,   
2.hamzah pengganti dari و 
   dan ي, seperti سَمَاءُ 
   yang berasal dari 
   kata سَماَوُ 
   dan بِنَاءَ yang berasal 
   dari kata بِنَايَ.

3.Tambahan untuk 
    menunjukan muanats,   
    seperti صَحْرَاءُ

4.Tambahan untuk 
    menunjukan jama’, 
    seperti عَظْمَاءُ

Isim mamdud 
terbagi menjadi 2 bagian yaitu: 

isim mamdud qiyasi dan isim mamdud samâi. 

Adapun isim mamdud qiyasi terbagi menjadi 7 macam, yaitu:

1.Masdar dari fiil majid 
   yang huruf awalnya 
   huruf hamzah, 
seperti: اَتَى اَيْتَاءُ, اَعْطَى اَعْطَاءَ

2.Menunjukan kepada suara, 
   yaitu 
   bentuk masdar fiil 
   atas wazan فَعَلَ يَفْعُلُ , seperti: رَغَا البَعِيْرُ يَرْغُوْ رُغَاءَ

3.Masdar 
   yang berwazan فِعَالَ, 
   seperti: عَادًى عِدَاءَ

4.Apabila dari isim-isim 
   yang terdiri dari 4 huruf 
  dan bentuk jama’nya 
  berwazan اَفْعِلَةٌ, 
seperti:  رَدَاءَ اَرْدِيَةٌ, غَطَاءَ اَغْطِيَةٌ

5.Bentuk masdar 
   atas wazan تَفْعَالُ  
   atau تِفْعَالُ, 
seperti: مَشَى, يَمْشِى, تَمْشَاءُ

6.Bentuk dari sifat-sifat 
   atas wazan فَعَّالَ 
   atau  مِفْعَالَ lil-mubalaghah. Seperti: العَدَاءِ dan المِعْطَاءِ

7.Bentuk muanats 
   dari kataاَفْعَلَ  
   yang bukan menunjukan 
   tafdil, 
   seperti: اَحْمَرَ menjadi  حَمْرَاءَ.

Adapun 
isim mamdud sama’i 
ialah 
isim mamdud 
yang tidak termasuk kedalam 7 jenis diatas, seperti:      الفَتَاءُ, السَنَاءُ
[23/3 00:55] Aing: بسم الله الرحمن الرحيم، الحمد لله رب العالمين، اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد ، لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين

  
nahwu  ›  
shorof





 
Tashrif, التصريف, 
Tasrif Fiil Madhi, 
Tasrif Fiil Mudhori'
بسم الله الرحمن الرحيم
التصريف
التصريف فى اللغة التغيير و فى الصناعة تحويل الأصل الواحد إلى أمثلة مختلفة لمعان مقصودة لا تحصل إلا بها.

Tashrif

Tashrif menurut bahasa adalah berubah, 

sedangkan menurut istilah adalah 
perubahan asal 
yang satu ke bentuk lain agar tercapai tujuan 
yang dikehendaki.

Perubahan asal yang satu itu menurut ulama bushrah adalah mashdar, 

sedangkan menurut 
ulama kuffah, 
asal yang satu itu adalah 
fi’il madhi.

Ke bentuk lain maksudnya adalah 
perubahan tersebut bisa berubah ke 
fi’il madhi, 
mudhari’, 
nahi, 
nafi, 
jihad (arah), 
isim fail, 
isim maf’ul, 
isim zaman, 
isim makan, dan 
isim alat.

Contoh : 

dari kata ضرب  menjadi يضرب , إضرب  , لا تضرب.

Pada contoh diatas, 
kata ضرب 
berubah bentuk menjadi 
fi’il mudhari’, 
amar, dan 
nahi. 

Inilah yang dikatakan 
ke bentuk lain.


 
Agar tercapai tujuan 
yang dikehendaki , maksudnya adalah 
ketika hendak menyatakan perbuatan 
yang telah berlalu 
maka 
dipakai fi’il madhi, 

ketika hendak menyatakan perbuatan yang sedang terjadi 
atau 
akan datang 
maka dipakai fi’il mudhari’, 


atau untuk menyatakan perintah 
maka dipakai fi’il amar.


Fi’il 

Fi’il adalah kalimat 
yang menunjukkan ma’na yang terkandung didalamnya dan mengandung masa 
atau waktu, 
baik yang berlalu, 
sekarang 
dan yang akan datang.

Fi’il terbagi dua, 
yaitu :

1.Tsulatsy

Yaitu fi’il 
yang asal hurufnya 3, 
seperti ضرب. 

Fi’il tsulatsy ada yang mujarrad , dan 
ada mazid.

Mujarrad itu adalah 
sunyi dari tambahan, seperti : ضرب

Mazid itu adalah 
bertambah huruf terhadap huruf asal, 
seperti ضرب
menjadi اضرب 
dan كرم 
menjadi اكرم.

2.Ruba’i
Yaitu fi’il yang asal 
hurufnya 4, 
seperti  زلزل dan دحرج.

Ruba’i 
ada yang mujarrad dan juga ada yang mazid.

Fi’il tsulatsy dan ruba’i itu ada yang salim, dan 
ada yang ghairu salim. 

Fi’il salim adalah 
fi’il yang huruf aslinya, 
baik 
fa fi’il, 
‘ain fi’il dan 
lam fi’il,  

selamat dari 
huruf ‘ilat, 
hamzah, dan 
tadh’if. 

Contoh :ضرب، نصر، فتح، علم

Adapun 
fi’il ghairu salim 
adalah 
fi’il yang huruf aslinya 
ada huruf ‘ilat, 
hamzah, dan 
tadh’if. 

Seperti : وعد، أوعد، زلزل.

- Huruf ‘ilat itu adalah 
  alif (ا), 
  waw (و), dan 
  ya (ي).

- Tadh’if pada tsulatsy  
   adalah 
   fi’il yang 
   ‘ain (ع) dan 
   lam (ل) fi’ilnya 
   dari satu jenis. 
   Seperti : رَدَّ.

- Tadh’if pada ruba’i 
   adalah 
   fi’il yang fa (ف) dan 
   lam (ل) pertama , 
   ‘ain (ع) dan 
   lam (ل) yang ke dua 
   satu jenis. 
   Seperti : زَلْزَلَ, 

pada contoh tersebut, 
fa (ف) dan 
lam (ل)  pertama 
satu jenis 
yaitu huruf 
zai (ز), 
‘ain (ع) dan 
lam ke dua (ل) 
satu jenis 
yaitu 
huruf lam (ل).

Penamaan Huruf

1.Tsulatsy
 →   فعلfa (ف) dinamakan fa
      (ف) fi’il
 → ‘ain (ع) dinamakan 
      ‘ain (ع) fi’il
→   lam (ل) 
       dinamakan lam (ل) fi’il.
 نصر→ huruf nun (ن) dinamakan fa (ف) fi’il
→ huruf shod (ص) dinamakan ‘ain (ع) fi’il
→  huruf ro (ر) dinamakan lam (ل) fi’il.

2.Ruba’i
فعلل     → fa (ف) dinamakan fa (ف) fi’il
→‘ain (ع) dinamakan ‘ain (ع) fi’il
→ lam (ل) dinamakan lam (ل) fi’il pertama
→ lam (ل) dinamakan lam (ل) fi’il ke dua.
دحرج   → hurul dal (د) adalah fa (ف) fi’il
→ huruf ha (ح) adalah ‘ain (ع) fi’il
→ huruf ro (ر) adalah lam (ل) fi’il pertama
→huruf jim (ج) adalah lam (ل) fi’il ke dua.


 
Berikut adalah 
Tasrif Isim Fail 
dan Cara Membuat 
Tasrif Isim Fail







Berikut adalah 
tabel tasrif Fiil Madhi :


Saling menjauh
Berkumpul
Menurunkan
Mengeringkan
Memperbaiki
تَبَاعَدَ
اِجْتَمَعَ
أَنْزَلَ
جَفَّفَ
أَحْسَنَ
تَبَاعَدَا
اِجْتَمَعَا
أَنْزَلَا
جَفَّفَا
أَحْسَنَا
تَبَاعَدُوْا
اِجْتَمَعُوْا
أَنْزَلُوْا
جَفَّفُوْا
أَحْسَنُوْا
تَبَاعَدَتْ
اِجْتَمَعَتْ
أَنْزَلَتْ
جَفَّفَتْ
أَحْسَنَتْ
تَبَاعَدَتَا
اِجْتَمَعَتَا
أَنْزَلَتَا
جَفَّفَتَا
أَحْسَنَتَا
تَبَاعَدْنَ
اِجْتَمَعْنَ
أَنْزَلْنَ
جَفَّفْنَ
أَحْسَنَّ
تَبَاعَدْتَ
اِجْتَمَعْتَ
أَنْزَلْتَ
جَفَّفْتَ
أَحْسَنْتَ
تَبَاعَدْتُمَا
اِجْتَمَعْتُمَا
أَنْزَلْتُمَا
جَفَّفْتُمَا
أَحْسَنْتُمَا
تَبَاعَدْتُمْ
اِجْتَمَعْتُمْ
أَنْزَلْتُمْ
جَفَّفْتُمْ
أَحْسَنْتُمْ
تَبَاعَدْتِ
اِجْتَمَعْتِ
أَنْزَلْتِ
جَفَّفْتِ
أَحْسَنْتِ
تَبَاعَدْتُمَا
اِجْتَمَعْتُمَا
أَنْزَلْتُمَا
جَفَّفْتُمَا
أَحْسَنْتُمَا
تَبَاعَدْتُنَّ
اِجْتَمَعْتُنَّ
أَنْزَلْتُنَّ
جَفَّفْتُنَّ
أَحْسَنْتُنَّ
تَبَاعَدْتُ
اِجْتَمَعْتُ
أَنْزَلْتُ
جَفَّفْتُ
أَحْسَنْتُ
تَبَاعَدْنَا
اِجْتَمَعْنَا
أَنْزَلْنَا
جَفَّفْنَا
أَحْسَنَّا

Berikut adalah 
tabel tasrif Fiil Mudhori' : 
Meminta Ampun
Menjauh
Menulis
Bekerja
Duduk
يَسْتَغْفِرُ
يَتَبَاعَدُ
يَكْتُبُ
يَفْعَلُ
يَجْلِسُ
يَسْتَغْفِرَانِ
يَتَبَاعَدَانِ
يَكْتُبَانِ
يَفْعَلَانِ
يَجْلِسَانِ
يَسْتَغْفِرُوْنَ
يَتَبَاعَدُوْنَ
يَكْتُبُوْنَ
يَفْعَلُوْنَ
يَجْلِسُوْنَ
تَسْتَغْفِرُ
تَتَبَاعَدُ
تَكْتُبُ
تَفْعَلُ
تَجْلِسُ
تَسْتَغْفِرَانِ
تَتَبَاعَدَانِ
تَكْتُبَانِ
تَفْعَلَانِ
تَجْلِسَانِ
يَسْتَغْفِرْنَ
يَتَبَاعَدْنَ
يَكْتُبْنَ
يَفْعَلْنَ
يَجْلِسْنَ
تَسْتَغْفِرُ
تَتَبَاعَدُ
تَكْتُبُ
تَفْعَلُ
تَجْلِسُ
تَسْتَغْفِرَانِ
تَتَبَاعَدَانِ
تَكْتُبَانِ
تَفْعَلَانِ
تَجْلِسَانِ
تَسْتَغْفِرُوْنَ
تَتَبَاعَدُوْنَ
تَكْتُبُوْنَ
تَفْعَلُوْنَ
تَجْلِسُوْنَ
تَسْتَغْفِرِيْنَ
تَتَبَاعَدِيْنَ
تَكْتُبِيْنَ
تَفْعَلِيْنَ
تَجْلِسِيْنَ
تَسْتَغْفِرَانِ
تَتَبَاعَدَانِ
تَكْتُبَانِ
تَفْعَلَانِ
تَجْلِسَانِ
تَسْتَغْفِرْنَ
تَتَبَاعَدْنَ
تَكْتُبْنَ
تَفْعَلْنَ
تَجْلِسْنَ
أَسْتَغْفِرُ
أَتَبَاعَدُ
أَكْتُبُ
أَفْعَلُ
أَجْلِسُ
نَسْتَغْفِرُ
نَتَبَاعَدُ
نَكْتُبُ
نَفْعَلُ
نَجْلِسُ

Jika tabel tidak bisa dilihat dengan layar portrait/tegak, silahkan lihat dengan layar landscape.
نقل من كتاب الكيلانى لأبي الحسن علي بن هشام الكيلاني