[22/3 20:04] Aing: NAHWU SHOROF
Sabtu, 23 Agustus 2014
Pengertian
Isim Ghair Munsharif, Mutamakkin Ghair Amkan »
Alfiyah bait 649
مَا لا يَنْصَرِف
BAB
ISIM TIDAK MUNSHARIF (Isim yg tidak bersuara tanwin)
الصَّرْفُ تَنْوِيْنٌ أتَى مُبَيِّنا ¤ مَعْنَى بِهِ يَكُونُ الاسْمُ أمْكَنَا
Sebutan “ash-Shorfu”
adalah berupa “Tanwin”
yg menjelaskan suatu arti: bahwa
isim dengan tanwin ini disebut “Amkan”
(lebih memungkinkan/
lebih kuat keadaan/kedudukan isimnya).
–·•Ο•·–
Telah dijelaskan pada pelajaran dahulu “Alfiyah Bait 15.
Isim Mu’rob
dan
Isim Mabni”
bahwa
Isim ada dua :
1. Isim Mabni
2. Isim Mu’rob
Isim Mabni
disebut
Isim Ghair Mutamakkin/Tidak Mutamakkin
(tidak menduduki pangkat keisiman)
dikarenakan tidak dapat menerima perubahan harkat.
Sedangkan
Isim Mu’rob
disebut Mutamakkin
yakni menduduki pangkat keisiman dikarenakan
dapat menerima perubahan tanda-tanda i’rob.
Isim Mutamakkin
dibagi dua :
1. Isim Mutamakkin Amkan :
yaitu
Isim yg dapat dimasuki oleh Tanwin yg disebut
Tanwin Tamkin
atau disebut juga
Tanwin Tamakkun/
Tanwin Amkaniyah/
Tanwin Shorf.
Definisi
Tanwin Tamkin/
tamakkun/
amkaniyah/
shorf :
Adalah
Tanwin yg menunjukkan atas suatu makna
“bahwa Isim
yg dapat menyandang tanwin ini disebut
Isim Mutamakkin Amkan”.
Penjelasan Definisi
Tanwin Tamkin/
tamakkun/
amkaniyah/
shorf :
Suatu makna,
dalam difinisi tsb artinya:
tidak adanya
kalimah Isim serupa
dengan
kalimah Huruf
yg menjadikan Isim Mabni, atau
tidak serupa dengan
kalimah Fi’il
yg menjadikan Isim
tidak menerima Tanwin.
Disebut
Isim Mutamakkin Amkan, yakni
kuatnya setatus keisimannya
dikarenakan mencakupi pada
dua tanda Isim
“I’rob dan Tanwin”.
Maka isim
tersebut dinamakan “Mutamakkin”
(berkedudukan)
sebab
menerima tanda-tanda i’rob, dan disebut
“Amkan”
(lebih kuat kedudukannya) sebab
dapat bertanwin.
dengan arti bahwa
isim tersebut tidak menyerupai Fi’il
yg mencegah tanwin,
juga
tidak menyerupai Huruf
yg mencegah I’rab.
Keluar dari definisi “Menunjukkan atas
suatu Makna”, .adalah berupa
Tanwin Muqabalah
dan
Tanwin ‘Iwadh.
“Tanwin Muqabalah”
ada pada
Jamak Mu’anntas Salim karena status tanwin ini dipasang sebagai muqabalah/perbandingan saja dari NUN
pada
Jamak Mudzakkar Salim.
Tanwin Muqabalah ini
bisa masuk pada
Isim Munsharif,
contoh:
هؤلاء بناتٌ فاهماتٌ
HAA’ULAAI BANAATUN FAAHIMAATUN =
mereka anak-anak perempuan yg faham.
juga masuk pada
isim Ghair Munsharif, contoh :
سعادات
SU’AADAATU =
beberapa Su’ad
(nama perempuan).
lafazh SU’AADAATU =
boleh ditanwin menjadi SU’AADAATUN
karena mempertimbangkan pada asal bentuknya
yaitu jama’ mu’annats salim dan disebut
tanwin muqabalah
bukan
tanwin tamkin.
juga boleh tidak ditanwin dengan mempertimbangkan keadaannya yg sebagai “Isim Alam dan Mu’annats” termasuk dari
dua illat isim
tidak munsharif.
“Tanwin Iwadh”
bisa masuk pada
Isim-Isim Munsharif
seperti
“KULLUN” dan
“BA’DHUN”
juga bisa masuk pada
Isim Ghair Munsharif seperti :
“DAWAA’IN” dan “LAYAALIN”
(akan dijelaskan pada bait-bait selanjutnya InsyaAllah).
2. Isim Mutamakkin Ghair
Amkan:
Isim Mutamakkin Ghair Amkan
adalah bagian Isim Mu’rob yg kedua,
yakni bagian Isim
yg tidak dapat dimasuki
oleh Tanwin
atau disebut
Isim Ghair Munsharif atau Isim yg tidak dapat menerima Tanwin.
Disebut Mutamakkin
karena dapat menerima tanda I’rob,
dan disebut Ghair Amkan karena
tidak bertanwin
sebab
serupa dengan Fi’il.
Telah disebutkan pada pelajaran lalu
(Isim Tidak Munsharif) bahwa
tanda Jarnya dengan Fathah, contoh dalam Ayat Al-Qur’an :
وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا
WA IDZAA HUYYIITUM
BI TAHIYYATIN FA HAYYUU BI AHSANA MINHAA = Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya (QS. Annisa’ : 86)
Lafazh AHSANA =
tanda jarnya dengan Fathah.
Kecuali jika mudhaf atau dimasuki AL,
maka dijarkan
dengan Kasrah,
contoh dalam
Ayat Al-Qur’an :
لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ
LAQOD KHOLAQNAL-INSAANA
FIY AHSANI TAQWIIM = sesungguhnya
Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk
yang sebaik-baiknya
(QS. At-Tiin :4)
Lafazh AHSANI =
Jar dengan Kasroh
sebab
mudhaf pada lafazh TAQWIIM.
إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ
IDZAA QIILA LAKUM TAFASSAHUU FIL-MAJAALISI FAFSAHUU YAFSAHILLAAHU LAKUM = apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah
dalam majlis”,
maka lapangkanlah
niscaya Allah
akan memberi kelapangan untukmu
(QS. Al-Mujaadilah :11)
Lafazh AL-MAJAALISI =
Jar dengan kasrah
sebab dimasuki AL.
[22/3 20:12] Aing: NAHWU SHOROF
Minggu, 24 Agustus 2014
kata ganti \ isim dhamir dalam bahasa arab
ada 14
kata ganti
dalam bahasa arab
Belajar
Dhamir (kata ganti)
dalam bahasa arab.
Sebelum itu, kita belajar pasal istilah singular,plural (kalau dalam
Bahasa Inggris)
tapi dalam
bahasa arab kita bahagikan kepada 3 iaitu :
mufrad (مفرد) =
single
(menunjukkan
seorang ataupun satu)
muthanna (مثنى) =
double
(menunjukkan dua orang sahaja atau dua sahaja)
jamak (جمع) =
plural
(menunjukkan tiga
dan lebih)
seterusnya masuk kepada Dhamir
(kata ganti nama)
hua (هو) =
dia (bagi lelaki *mufrad)
huma (هما) =
dia (bagi 2 lelaki *muthanna)
hum (هم) =
dia (bagi 3 dan lebih lelaki *jamak)
hiya (هي) =
dia (bagi seorang perempuan *mufrad)
huma (هما) =
dia (bagi 2 perempuan *muthanna) *sama dengan laki
hunna (هن) =
dia (bagi 3 dan lebih perempuan *jamak)
anta (أنت) =
kamu (lelaki *mufrad)
antuma (أنتما) =
kamu (bagi 2 orang lelaki)
antum (أنتم) =
kamu (bagi lelaki 3 atau lebih)
anti (أنت) =
kamu (bagi perempuan_
antuma (أنتما) =
kamu (bagi 2 orang perempuan) *sama dengan laki
antunna (أنتن) =
kamu (bagi perempuan 3 atau lebih)
ana (أنا) =
saya (bagi lelaki dan perempuan)
nahnu (نحن) =
kami (bagi lelaki dan perempuan)
[22/3 21:08] Aing: NAHWU SHOROF
Kamis, 28 Agustus 2014
BAB
SHAHIH
DAN
MU’TAL
1. Fi’il Shahih
Adalah
kalimah fi’il
yang bentuk
hururf-huruf aslinya,
bebas dari huruf illah
(و – ا – ي).
Termasuk golongan
Fi’il Shahih
adalah:
1. Fi’il Bina’ Shahih/Salim (lihat Bina’ shahih
di page Belajar
I’lal – BINA’ SHAHIH)
2. Fi’il bina’ Mahmuz (tentang Bina’ Mahmuz
di page Belajar
I’lal – BINA’ MAHMUZ)
3. Fi’il bina’ Mudha’af (tentang Bina’ Mudha’af
di page Belajar
I’lal – BINA’ MUDHA’AF)
1. Fi’il Mu’tal
Adalah kalimah fi’il
yang salah satu atau dua huruf asalnya
teridiri dari huruf illah
(و – ا – ي).
Termasuk golongan
fi’il mu’tal
adalah:
1. Fi’il Bina’ Mitsal
(tentang Bina’ Mitsal
di page Belajar
I’lal – BINA’ MITSAL)
2. Fi’il bina’ Ajwaf
(tentang Bina’ Ajwaf
di page Belajar
I’lal – BINA’ AJWAF)
3. Fi’il bina’ Naqish
(tentang Bina’ Naqish
di page Belajar
I’lal – BINA’ NAQIS)
4. Fi’il bina’ Lafif Mafruq (tentang Bina’ Lafif Mafruq di page Belajar
I’lal - BINA’ LAFIF)
5. Fi’il bina’ Lafif Maqrun (tentang Bina’ Lafif Maqrun di page Belajar
I’lal – BINA’ LAFIF)
◊◊◊
Pengamalan Tashrif
Fi’il Shahih dan
Fi’il Mu’tal.
Untuk
Bina’ shahih atau
Fi’il Salim,
ia tidak mengalami perubahan dalam mengikuti standar wazannya
(tashrif ishthilahi)
pun ketika
musnad/disandarkan kepada
Isim Dhamir atau
Isim Zhahir –
tunggal/dual/jamak
(tashrif secara lughawi).
Contoh untuk
bina’ shahih
نَصَرَ :
MUSNAD
KEPADA
FI’IL MUDHARI’
FI’IL MADHI
Orang ketiga male
يَنْصُرُ يَنْصُرانِ يَنْصُرونَ
نَصَرَ نَصَرَا نَصَرُوا
Orang ketiga female
تَنْصُرُ تَنْصُرَانِ يَنْصُرْنَ
نَصَرَتْ نصَرتَا نَصَرْنَ
Orang kedua male
تَنْصُرُ تَنْصُرَانِ تَنْصُرُوْنَ
نَصَرْتَ نَصَرْتُمَا نَصَرْتُمْ
Orang kedua female
تَنْصُرِيْنَ تَنْصُرَانِ تَنْصُرْنَ
نَصَرْتِ نَصَرْتُمَا نَصَرْتُنَّ
Orang pertama
أَنْصُرُ نَنْصُرُ
نَصَرْتُ نَصَرْنَا
Untuk tiap Fi’il
selain Bina’ Shahih, diberlakukan juga
seperti
tashrif Bina’ Shahih
didalam mengikuti wazannya
tanpa mengalami perubahan yg berarti,
kecuali sebagai berikut:
1. Bina’ Mahmuz,
jika pada awal kalimahnya terdapat
dua hamzah beriringan, maka
hamzah yang kedua
diganti Huruf Mad
yang sesuai dengan
harkah hamzah
yang pertama
(lihat » Kaidah I’lal ke 11).
→ Pelainan bagi lafazh
أَخَذَ – أَكَلَ – أَمَر
yang harus membuang hamzah kedua-duanya
pada bentuk
Fi’il Amarnya
menjadi خُذْ – كُلْ – مُرْ.
→ Juga lafazh رَأَىْ
dibuang Hamzahnya
‘ain fi’ilnya
pada bentuk
fi’il mudhari’ dan
fi’il amarnya,
menjadi يُرَىْ – رَ .
→ Juga lafazh أََََرَىْ
yg berwazan أَفْعَلَ
dibuang Hamzah ‘ain fi’ilnya pada
semua bentuk tashrifannya, menjadi أَرَىْ – يُرَىْ – أَرَ.
2. Bina’ Mudha’af,
harus mengalami proses Idgham
yaitu memasukkan salah satu
dari
dua huruf yang sejenis
pada salah satu yang lannya, contohمَدَّ – يَمُدُّ.
( lihat » Kaidah I’lal ke 10)
→ Jika huruf yang pertama berharkah
dan
yang kedua sukun,
maka
tidak boleh di-idgham bilamana
sukunnya karena bersambung dengan
dhamir rafa’ mutaharrik, contoh: مَدَدْتُ – يَمْدُدْن
→ Jika dijazemkan
pada Fi’il Mudhari’nya atau jika dibentuk Fi’il Amar. maka
boleh memilih dua pilihan; tetap di-idgham
atau
tanpa di-idgham.
contoh:
لم يَمُدّ – مُدّ
atau
لم يَمْدُد – اُمْدُد.
Bilamana di-idghamkan maka
boleh harkah terakhir diharkati Fathah
karena ringan,
atau
diharkati Kasrah
karena
asal takhallush,
atau
diharkati Dhammah
karena
mengikuti harkah ‘Ain Fi’il-nya.
maka
untuk lafazh مدّ
boleh tiga pemilihan karakah.
dan
untuk lafadz عضّ
boleh dua pemilihan harakah.
3. Bina’ Mitsal,
dibuang Fa’ Fi’ilnya
pada
bentuk Fi’il Mudhari’
dan
Fi’il Amar-nya
bilamana ia
Bina’ Mitsal Wawiy dan
‘Ain Fi’ilnya
ber-harkah kasrah.
contoh: يعد – يزن – عد – زن. (lihat » Kaidah I’lal ke 7).
→ Maka tidak boleh dibuang yg seperti contoh ينَعَ – يينَع
→ Pelainan atau Syadz untuk lafazh يدَع – يذَر – يسَع – يضَع – يطَأ – يقَع – يهَب.
4. Bina’ Ajwaf,
dibuang ‘Ain Fi’ilnya,
jika huruf terakhir disukunkan
karena jazm
atau
dibentuk Fi’il Amar. contoh: لم يقم – لم يبع – لم يخف – قم – بع – خف.
(lihat » Kaidah I’lal ke 9 )
→ Demikian juga
dibuang Ain Fi’ilnya, bilamana bersambung dengan
Dhomir Rofa’ Mutaharrik, contoh: قمت – بعنا – خفتم – يقمن – يبعن – خفن.
dalam hal ini
huruf pertamanya ada
yang diharkati
Dhammah ataupun Kasrah, untuk menunjukkan pada bentuk huruf yang dibuang wau atau ya’,
seperti contoh قمت dan بعت. dan
terkadang diharkati Kasrah untuk menunjukkan
pada Harkahnya huruf
yang dibuang,
seperti kita lihat pada contoh خفتم.
5. Bina’ Naqish,
dibuang Lam Fi’ilnya bilamana bersambung dengan
dhamir Wau Jama’ atau
Ya’ muannats mukhatabah kemudian pada ‘ain fi’ilnya diharkati dengan harkah yang sesuai dengan
huruf dhamir tsb seperti contoh رَضُوا – تَدْعِيْن
kecuali
jika Lam Fi’ilnya
yang dibuang itu berupa Alif, maka
‘Ain fi’ilnya tetap lazim berharkah Fathah
contoh: سعَوا – تخشَين. (proses lanjutan dari
Kaidah I’lal ke 5 dan juga Kaidah I’lal ke 1)
→ Juga dibuang
Lam Fi’ilnya
bilamana ia berupa Alif
(atau setelah proses Kaidah I’lal ke 1 ) dan
bersambung dengan
Ta’ ta’nits contoh: رَمَتْ – رَمَتَا.
Tapi bilamana ia bersambung dengan selain dhamir Wau atau Ya’
(dari dhamir bariz muttashil),
maka
tidak boleh dibuang
akan tetapi
dikembalikan pada huruf asalnya
(sebelum proses Kaidah I’lal ke 1)
demikian ini untuk
Fi’il tiga huruf
contoh غَزَوْتُ – رَمَيْتُ – غَزَوَا – رَمَيَا.
dan
diganti Ya’
bilamana termasuk pada
fi’il empat huruf, contoh: أَغْزَيْتُ – اِهْتَدَيَا – يُسْتَدْعَيْنَ.
6. Bina’ Lafif Mafruq,
berlaku pengamalan seperti yang dialami
Bina’ Mitsal
dan
Bina’ Naqish.
7. Bina’ Lafif Maqrun, berlaku pengamalan seperti yang dialami
Bina’ Naqish saja.
Isim mu`tal
Adalah dimana
ada isim yang huruf akhirnya berupa huruf illat
(alif dan ya`).
Isim mu`tal
dibagi menjadi 2 macam
1. mu`tal alit معتل الف
contoh المصطفى atau
bisa kita sebut
dengan اسم مقصور
2. mu`tal ya معتل ياء
contoh : المرتقى atau disebut dengan اسم منقوص
isim maqsur اسم مقصور adalah
isim yang huruf akhirnya adalah
berupa huruf
alif lazimah الف لازمة (tetap) dan
huruf sebelum alif
dibaca fathah.
Contoh : المصطفى , المرتضى
Adapun
i`robnya isim maqsur
adalah muqoddar (مقدر) artinya tingkah
rofa`,
nashob dan
jer
itu semua di kira-kirakan.
Contoh : جَاءَ الْمصطفَى (رفع) رأيتُُ الْمصطَفَى (نصب) مررت بِالْمصْطَفَى (جر)
Isim manqush اسم منقوص
=======================
Adalah
isim yang akhirnya
berupa ya` lazimah ياء لازمة, dan huruf sebelumnya dibaca
kasroh.
Contoh : المرتقي, القاضى
Adapun
i`robnya isim manqus
ketika rofa` dan jer
itu dikira-kirakan.
Contoh : جاءَ الْمرتَقِى ومررتُ بِالْمرتَقِى
Dan ketika tingkah
nashob dengan fathah dhohiroh .
Contoh : رأيتُ الْمُرْتَقِيَ
Fi`il mu`tal فعل معتل
========================
Adalah dimana ada fi`il
yang huruf akhirnya
berupa huruf illat (حرف علة) .
Contoh : يغزو, يخشى, يرمي
Ada 3 macam
fi`il mu`tal :
1. mu`tal wawu معتل واو
contoh : يغزو
2. mu`tal alif معتل الف
contoh : معتل ألف
3. mu`tal ya` معتل ياء
contoh : يرمي
i`robnya fiil mu`tal
adalah sebagai berikut :
1. apabila itu beurpa
mu`tal wawu معتل واو,
maka ketika rafa`
itu adalah مقدرة
(dikira-kirakan)
contoh : يدعو
Apabila tingkah nashob maka dengan
fathah dhohiroh
Contoh : لن يدعُوَ
Apabila tingkah jazem
maka hadzfu harfi illat حذف حرف علة
"membuang huruf illat".
Contoh : لم يدعُ
2. jika berupa
mu`tal alif معتل الف
pada tingkah
rofa`muqoddar مقدر
contoh : يخشى.
Dan nashob juga.
muqoddar مقدر
contoh : لن يَخْشىَ
Dan tingkah jazem
dengan membuang
huruf illat.
Contoh : لَمْ يَخْشَ
3. dan apabila berupa
mu`tal ya`
maka pada tingkah
rofa`muqoddar.
Contoh : يرمى
Dan tingkah nashob
dengan
fathah dhohiroh فتحة ظاهرة
Contoh : لن يرميَ
Dan tingkah jazem
dengan membuang
huruf ya`.
Contoh : لم يَرْمِ
ISIM
DITINJAU DARI SEGI BUN-YATI (JENIS HURUF)
Isim ditinjau dari segi bun-yati atau
jenis huruf
terbagi menjadi
2 bagian,
yaitu:
1.Isim shohih akhir,
2.Isim ghair shahih
Isim shohih akhir
ialah
isim yang seluruh hurufnya memiliki harokat
dan
berbunyi secara normal, atau
bisa dikatakan huruf akhir dalam isim tersebut
bukan huruf illat.
Contoh: رَجُلٌ, ذَكَرٌ
Dalam isim shahih
ada pula yang di sebut dengan
isim syibhu shahih akhir, yaitu
apabila ada huruf illat namun
sebelumnya ada huruf
yang berharokat sukun, seperti: ظِبْيٌ, هَدْيٌ.
Sedangkan
isim ghair shahih akhir
ialah
isim yang terdapat padanya huruf illat.
Isim ghair shahih akhir terbagi menjadi
3 bagian,
yaitu:
1. الاسم المقصور
(isim maqshur)
2. الاسم المنقوص
(isim manqush)
3. الاسم ممدود
(isim mamdud)
Isim Maqshur
Isim maqshur ialah
semua isim mu’rob
yang huruf akhirnya
adalah huruf alif laajimah ashliyah.
Isim maqshur
ada yang ditulis dengan alif seperti: العَصَا,
dan
ada pula yang ditulis dengan ya’ seperti: مُوْسَى.
Namun alif
yang terdapat dalam
isim maqshur
tidak selamanya
alif lajimah ashliyah, adakalanya alif tersebut
alif manqalibah
(pengganti)
dan kadang-kadang
alif majîdah (tambahan).
Alif pengganti
terbagi kepada 2,
yaitu
pengganti dari و
dan
pengganti dari ي.
Alif pengganti dari و digambarkan dengan ا (alif). Contoh alif
sebagai pengganti
dari و: العَصَا.
Dan alif sebagai pengganti dari ي
digambarkan dengan ى. Contoh alif
sebagai pengganti
dari ي : الفَتَى.
Hal ini dapat diketahui bentuk mutsana
dari dua contoh tersebut yaitu: عَصْوَانِ, dan فُتْيَانِ.
Adapun alif majiidah
ialah
alif yang ditambahkan
pada isim untuk menunjukan muanats. Seperti: الحُبْلَى
yang berasal dari kata الحُبْلُ.
Maka alif ini
dinamakan dengan
alif maqsuroh.
Adapun penggambaran
alif maqshurah
tergantung dari
asal kata pada kalimat tersebut.
Apabila asal katanya 4 huruf atau
lebih dan 3 huruf
namun huruf aslinya huruf ي, maka
digambarkan dengan
huruf ى,
seperti: مُسْطَفَى, مُسْتَشْفَى, الفَتَى.
Dan digambarkan dengan huruf alif
apabila
huruf asalnya itu و,
seperti: العَصَا, العَلَا, الرِبَا .
Isim maqshur
terbagi menjadi 2 macam, yaitu:
maqshur qiyasi
dan
maqshur samâi.
Dalam isim maqshur qiyasi terdapat 10 macam isim yang
mu’tal akhir,
yaitu:
1.Masdar dari fiil lajim
atas wazan فَعِلَ
dengan dikasrohkan
ainnya wazannya فَعَلٌ
dengan difathahtai.
Seperti: رَضِيَ رِضًا
2.Apabila atas wazan فِعَلٍ
dengan dikasrohkan
fa’ fiilnya
maka
menjadi fathah ainnya
dan merupakan jama’
dari فِعْلَةٌ
dengan dikasrohkan fa’nya
maka
menjadi sukun ‘ainnya. Seperti: مِرًى jamaknya مِرْيَةٌ
3.Apabila keadaanya
atas wazan فُعَلَ
dengan di domah fa’nya
maka
menjadi fathah ‘ainnya
dan
merupakan jamanya فُعْلَةً
dengan di domah fa’nya
maka
menjadi sukun ‘ainnya. Seperti: عُرًى jamaknya عُرْوَةٌ
4.Apabila keadaanya
atas wazan فَعَلَ
dengan difathah keduanya
dari antara
isim jinsi (isim jenis)
yang menunjukan
kepada banyak
apabila banyak
apabila kosong
dari huruf ‘ta’.
Seperti: حَصَاةٍ jadi حَصًى
5.Isim maf’ul
yang menunjukan
pekerjaan yang telah lalu
yang terdiri dari 3 huruf. Seperti: مُصْطَفًى
6.Wazan مَفْعَلٌ
dengan difathah mim
dan ainnya
yang menunjukan
kepada
masdar,
isim jaman dan
isim makan.
Seperti: المَحْيَا
7.Wazan مِفْعَلٌ
dengan dikasroh mim
dan ‘ain
yang menunjukan
isim alat.
Seperti: المِكْوَى
8.Wazan اَفْعَلُ
sebagai sifat
untuk menunjukan tafdzil
(keutamaan) atau
ghoir tafdzil
(bukan keutamaan). Seperti: الاَحْوَى
9.Jama muanats dari اَفْعِلَ
untuk menunjukan
tafdzil (nilai keutamaan).
Seperti: الدُنْيَا
10.Muanats dari wazan اَفْعَلَ
untuk menunjukan tafdzil
(nilai keutamaan)
dari
shahih atau mu’tal akhir.
Adapun pengharokat akhiran isim maqshur
terbagi mejadi 3,
yaitu:
1.Dhomah muqodaroh,
apabila dalam keadaan
mafru’
2.Fathah muqodaroh,
apabila dalam keadaan
manshub
3.Kasroh muqodaroh,
apabila dalam keadaan
majrur.
Isim Manqush
Isim manqush ialah
isim mu’rab
yang akhirnya huruf ي
yang terletak setelah
huruf shahih yang kasroh, seperti: القَادِى, الرَاعِى. Jika ي tersebut tidak disebut
atau
berharokat sukun
maka bukan isim manqush, seperti: اَخِيْكَ,
dan
begitupula
jika huruf sebelumnya
tidak berharokat kasroh, maka itu bukan manqush, seperti: ظِبْيٌ.
Isim manqush
jika dalam posisi marfu maka
harokat akhirnya
ialah
dhomah muqodarroh, karena
orang arab sulit untuk mengucapkannya.
Dan juga jika dalam keadaan majrur
maka menggunakan
kasroh muqodaroh,
dengan alasan yang sama.
Namun apabila
dalam keadaan mansub maka
tetap menggunakan
fathah dzohiroh.
Jika dalam keadaan nakiroh maka
ya’nya dibuang,
kalau keadaannya
marfu dan majrur,
namun
jika keadaannya manshub maka
ya’ tetap disebut.
Dan jika dalam keadaan ma’rifat
maka
ya’nya tetap disebut
atau
ditulis
namun tidak berharokat
atau tidak berbunyi.
Apabila isim manqush dalam keadaan mutsana maka
ya’ yang telah dibuang disebut kembali. Seperti:قَضْيَانِ
Isim Mamdud
Isim mamdud ialah
isim mu’rab
yang huruf akhirnya
adalah
huruf hamzah dan
terletak setelah alif jaidah. Contoh: السَمَاءُ, الصَحْرَاءُ.
Jika sebelum hamzah itu bukan alif jaidah
maka tidak bisa dikatakan isim mamdud.
Seperti المَاءُ,
alifnya bukan alif jaidah
tapi
alif pengganti,
yaitu dari kata مَوَءُ,
dengan alasan dilihat dari bentuk jama’nya
yaitu اَمْوَاء.
Hamzah
yang terdapat dalam
isim mamdud
terbagi menjadi 4 macam, yaitu:
1.hamzah asli seperti قَرَأَ,
2.hamzah pengganti dari و
dan ي, seperti سَمَاءُ
yang berasal dari
kata سَماَوُ
dan بِنَاءَ yang berasal
dari kata بِنَايَ.
3.Tambahan untuk
menunjukan muanats,
seperti صَحْرَاءُ
4.Tambahan untuk
menunjukan jama’,
seperti عَظْمَاءُ
Isim mamdud
terbagi menjadi 2 bagian yaitu:
isim mamdud qiyasi dan isim mamdud samâi.
Adapun isim mamdud qiyasi terbagi menjadi 7 macam, yaitu:
1.Masdar dari fiil majid
yang huruf awalnya
huruf hamzah,
seperti: اَتَى اَيْتَاءُ, اَعْطَى اَعْطَاءَ
2.Menunjukan kepada suara,
yaitu
bentuk masdar fiil
atas wazan فَعَلَ يَفْعُلُ , seperti: رَغَا البَعِيْرُ يَرْغُوْ رُغَاءَ
3.Masdar
yang berwazan فِعَالَ,
seperti: عَادًى عِدَاءَ
4.Apabila dari isim-isim
yang terdiri dari 4 huruf
dan bentuk jama’nya
berwazan اَفْعِلَةٌ,
seperti: رَدَاءَ اَرْدِيَةٌ, غَطَاءَ اَغْطِيَةٌ
5.Bentuk masdar
atas wazan تَفْعَالُ
atau تِفْعَالُ,
seperti: مَشَى, يَمْشِى, تَمْشَاءُ
6.Bentuk dari sifat-sifat
atas wazan فَعَّالَ
atau مِفْعَالَ lil-mubalaghah. Seperti: العَدَاءِ dan المِعْطَاءِ
7.Bentuk muanats
dari kataاَفْعَلَ
yang bukan menunjukan
tafdil,
seperti: اَحْمَرَ menjadi حَمْرَاءَ.
Adapun
isim mamdud sama’i
ialah
isim mamdud
yang tidak termasuk kedalam 7 jenis diatas, seperti: الفَتَاءُ, السَنَاءُ
[23/3 00:55] Aing: بسم الله الرحمن الرحيم، الحمد لله رب العالمين، اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد ، لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين
nahwu ›
shorof
Tashrif, التصريف,
Tasrif Fiil Madhi,
Tasrif Fiil Mudhori'
بسم الله الرحمن الرحيم
التصريف
التصريف فى اللغة التغيير و فى الصناعة تحويل الأصل الواحد إلى أمثلة مختلفة لمعان مقصودة لا تحصل إلا بها.
Tashrif
Tashrif menurut bahasa adalah berubah,
sedangkan menurut istilah adalah
perubahan asal
yang satu ke bentuk lain agar tercapai tujuan
yang dikehendaki.
Perubahan asal yang satu itu menurut ulama bushrah adalah mashdar,
sedangkan menurut
ulama kuffah,
asal yang satu itu adalah
fi’il madhi.
Ke bentuk lain maksudnya adalah
perubahan tersebut bisa berubah ke
fi’il madhi,
mudhari’,
nahi,
nafi,
jihad (arah),
isim fail,
isim maf’ul,
isim zaman,
isim makan, dan
isim alat.
Contoh :
dari kata ضرب menjadi يضرب , إضرب , لا تضرب.
Pada contoh diatas,
kata ضرب
berubah bentuk menjadi
fi’il mudhari’,
amar, dan
nahi.
Inilah yang dikatakan
ke bentuk lain.
Agar tercapai tujuan
yang dikehendaki , maksudnya adalah
ketika hendak menyatakan perbuatan
yang telah berlalu
maka
dipakai fi’il madhi,
ketika hendak menyatakan perbuatan yang sedang terjadi
atau
akan datang
maka dipakai fi’il mudhari’,
atau untuk menyatakan perintah
maka dipakai fi’il amar.
Fi’il
Fi’il adalah kalimat
yang menunjukkan ma’na yang terkandung didalamnya dan mengandung masa
atau waktu,
baik yang berlalu,
sekarang
dan yang akan datang.
Fi’il terbagi dua,
yaitu :
1.Tsulatsy
Yaitu fi’il
yang asal hurufnya 3,
seperti ضرب.
Fi’il tsulatsy ada yang mujarrad , dan
ada mazid.
Mujarrad itu adalah
sunyi dari tambahan, seperti : ضرب
Mazid itu adalah
bertambah huruf terhadap huruf asal,
seperti ضرب
menjadi اضرب
dan كرم
menjadi اكرم.
2.Ruba’i
Yaitu fi’il yang asal
hurufnya 4,
seperti زلزل dan دحرج.
Ruba’i
ada yang mujarrad dan juga ada yang mazid.
Fi’il tsulatsy dan ruba’i itu ada yang salim, dan
ada yang ghairu salim.
Fi’il salim adalah
fi’il yang huruf aslinya,
baik
fa fi’il,
‘ain fi’il dan
lam fi’il,
selamat dari
huruf ‘ilat,
hamzah, dan
tadh’if.
Contoh :ضرب، نصر، فتح، علم
Adapun
fi’il ghairu salim
adalah
fi’il yang huruf aslinya
ada huruf ‘ilat,
hamzah, dan
tadh’if.
Seperti : وعد، أوعد، زلزل.
- Huruf ‘ilat itu adalah
alif (ا),
waw (و), dan
ya (ي).
- Tadh’if pada tsulatsy
adalah
fi’il yang
‘ain (ع) dan
lam (ل) fi’ilnya
dari satu jenis.
Seperti : رَدَّ.
- Tadh’if pada ruba’i
adalah
fi’il yang fa (ف) dan
lam (ل) pertama ,
‘ain (ع) dan
lam (ل) yang ke dua
satu jenis.
Seperti : زَلْزَلَ,
pada contoh tersebut,
fa (ف) dan
lam (ل) pertama
satu jenis
yaitu huruf
zai (ز),
‘ain (ع) dan
lam ke dua (ل)
satu jenis
yaitu
huruf lam (ل).
Penamaan Huruf
1.Tsulatsy
→ فعلfa (ف) dinamakan fa
(ف) fi’il
→ ‘ain (ع) dinamakan
‘ain (ع) fi’il
→ lam (ل)
dinamakan lam (ل) fi’il.
نصر→ huruf nun (ن) dinamakan fa (ف) fi’il
→ huruf shod (ص) dinamakan ‘ain (ع) fi’il
→ huruf ro (ر) dinamakan lam (ل) fi’il.
2.Ruba’i
فعلل → fa (ف) dinamakan fa (ف) fi’il
→‘ain (ع) dinamakan ‘ain (ع) fi’il
→ lam (ل) dinamakan lam (ل) fi’il pertama
→ lam (ل) dinamakan lam (ل) fi’il ke dua.
دحرج → hurul dal (د) adalah fa (ف) fi’il
→ huruf ha (ح) adalah ‘ain (ع) fi’il
→ huruf ro (ر) adalah lam (ل) fi’il pertama
→huruf jim (ج) adalah lam (ل) fi’il ke dua.
Berikut adalah
Tasrif Isim Fail
dan Cara Membuat
Tasrif Isim Fail
Berikut adalah
tabel tasrif Fiil Madhi :
Saling menjauh
Berkumpul
Menurunkan
Mengeringkan
Memperbaiki
تَبَاعَدَ
اِجْتَمَعَ
أَنْزَلَ
جَفَّفَ
أَحْسَنَ
تَبَاعَدَا
اِجْتَمَعَا
أَنْزَلَا
جَفَّفَا
أَحْسَنَا
تَبَاعَدُوْا
اِجْتَمَعُوْا
أَنْزَلُوْا
جَفَّفُوْا
أَحْسَنُوْا
تَبَاعَدَتْ
اِجْتَمَعَتْ
أَنْزَلَتْ
جَفَّفَتْ
أَحْسَنَتْ
تَبَاعَدَتَا
اِجْتَمَعَتَا
أَنْزَلَتَا
جَفَّفَتَا
أَحْسَنَتَا
تَبَاعَدْنَ
اِجْتَمَعْنَ
أَنْزَلْنَ
جَفَّفْنَ
أَحْسَنَّ
تَبَاعَدْتَ
اِجْتَمَعْتَ
أَنْزَلْتَ
جَفَّفْتَ
أَحْسَنْتَ
تَبَاعَدْتُمَا
اِجْتَمَعْتُمَا
أَنْزَلْتُمَا
جَفَّفْتُمَا
أَحْسَنْتُمَا
تَبَاعَدْتُمْ
اِجْتَمَعْتُمْ
أَنْزَلْتُمْ
جَفَّفْتُمْ
أَحْسَنْتُمْ
تَبَاعَدْتِ
اِجْتَمَعْتِ
أَنْزَلْتِ
جَفَّفْتِ
أَحْسَنْتِ
تَبَاعَدْتُمَا
اِجْتَمَعْتُمَا
أَنْزَلْتُمَا
جَفَّفْتُمَا
أَحْسَنْتُمَا
تَبَاعَدْتُنَّ
اِجْتَمَعْتُنَّ
أَنْزَلْتُنَّ
جَفَّفْتُنَّ
أَحْسَنْتُنَّ
تَبَاعَدْتُ
اِجْتَمَعْتُ
أَنْزَلْتُ
جَفَّفْتُ
أَحْسَنْتُ
تَبَاعَدْنَا
اِجْتَمَعْنَا
أَنْزَلْنَا
جَفَّفْنَا
أَحْسَنَّا
Berikut adalah
tabel tasrif Fiil Mudhori' :
Meminta Ampun
Menjauh
Menulis
Bekerja
Duduk
يَسْتَغْفِرُ
يَتَبَاعَدُ
يَكْتُبُ
يَفْعَلُ
يَجْلِسُ
يَسْتَغْفِرَانِ
يَتَبَاعَدَانِ
يَكْتُبَانِ
يَفْعَلَانِ
يَجْلِسَانِ
يَسْتَغْفِرُوْنَ
يَتَبَاعَدُوْنَ
يَكْتُبُوْنَ
يَفْعَلُوْنَ
يَجْلِسُوْنَ
تَسْتَغْفِرُ
تَتَبَاعَدُ
تَكْتُبُ
تَفْعَلُ
تَجْلِسُ
تَسْتَغْفِرَانِ
تَتَبَاعَدَانِ
تَكْتُبَانِ
تَفْعَلَانِ
تَجْلِسَانِ
يَسْتَغْفِرْنَ
يَتَبَاعَدْنَ
يَكْتُبْنَ
يَفْعَلْنَ
يَجْلِسْنَ
تَسْتَغْفِرُ
تَتَبَاعَدُ
تَكْتُبُ
تَفْعَلُ
تَجْلِسُ
تَسْتَغْفِرَانِ
تَتَبَاعَدَانِ
تَكْتُبَانِ
تَفْعَلَانِ
تَجْلِسَانِ
تَسْتَغْفِرُوْنَ
تَتَبَاعَدُوْنَ
تَكْتُبُوْنَ
تَفْعَلُوْنَ
تَجْلِسُوْنَ
تَسْتَغْفِرِيْنَ
تَتَبَاعَدِيْنَ
تَكْتُبِيْنَ
تَفْعَلِيْنَ
تَجْلِسِيْنَ
تَسْتَغْفِرَانِ
تَتَبَاعَدَانِ
تَكْتُبَانِ
تَفْعَلَانِ
تَجْلِسَانِ
تَسْتَغْفِرْنَ
تَتَبَاعَدْنَ
تَكْتُبْنَ
تَفْعَلْنَ
تَجْلِسْنَ
أَسْتَغْفِرُ
أَتَبَاعَدُ
أَكْتُبُ
أَفْعَلُ
أَجْلِسُ
نَسْتَغْفِرُ
نَتَبَاعَدُ
نَكْتُبُ
نَفْعَلُ
نَجْلِسُ
Jika tabel tidak bisa dilihat dengan layar portrait/tegak, silahkan lihat dengan layar landscape.
نقل من كتاب الكيلانى لأبي الحسن علي بن هشام الكيلاني