Rabu, 06 April 2022

AT TAWABI'

[20/3 02:24] Aing: 2. AT TAWABI'

Di depan telah 
diterangkan, bahwa 

Tawabi' 
ialah isim-isim 
yang i'robnya mengikuti isim-isim yang sebelumnya. 

Tawabi' ada 4 macam, 
yaitu :

a) Shifat, 
     i'robnya 
    mengikuti maushufnya 
    (isim yang disifati).

b) 'Athaf, 
     i'robnya 
     mengikuti isim 
     yang 
     di ngathafi.

c) Badal, 
     i'robnya mengikuti isim 
     ysng dibadali,

d) Taukid, 
     i'robnya mengikuti yang 
     ditaukidi.

Keterangan :

1. Shifat dari Maushuf 
    yang beri’rob Nashab.

   Di atas telah diterangkan, 
   bahwa 
   i’rob shifat, 
   mengikuti 
   i’rob maushufnya. 

Artinya, jika suatu maushuf beri’rob nashab, 
maka 
shifatnya harus juga 
beri’rob nashab. 

Itulah sebabnya 
shifat dari maushuf yang beri’rob nashab, 
termasuk isim 
yang harus dinashabkan juga. 

Contoh :

يَكْتُبُ Lagi nulis sapa التَّلاَمِيْذُ murid-murid, ing الدَّرْسَpelajaran الْجَدِيْدَ kang anyar (Murid-murid sedang menulis pelajaran yang baru) يَكْتُبُ التَّلاَمِيْذُ الدَّرْسَ الْجَدِيْدَ

اِشْتَرَيْتُ wus tuku sopo ingsun كِتَابَيْنِ ing kitab loro جَدِيْدَيْنِ kang anyar karone. (Saya telah membeli dua buku yang baru) اِشْتَرَيْتُ كِتَابَيْنِ جَدِيْدَيْنِ

رَاَيْتُ wus ningali sopo ingsun, الْمُسْلِمِيْنَ ing wong-wong Islam الْمُجْتَهِدِيْنَ kang pada rajin-rajin, يَذْهَبُوْنَ lagi pada berangkat sapa deweke kabeh إِلَى اْلمَسْجِدِ maring masjid (Saya melihat orang-orang Islam yang rajin-rajin sedang berangkat ke masjid) رَاَيْتُ الْمُسْلِمِيْنَ الْمُجْتَهِدِيْنَ يَذْهَبُوْنَ إِلَى اْلمَسْجِدِ
[20/3 02:27] Aing: Ta'ribnya :

• Lafadz يَكْتُبُ 
   adalah fi’il mudhore’,

• Lafadz التَّلاَمِيْذُ 
  adalah isim jama’ taksir, 
   I’robnya rafa’ 
   karena 
   menjadi fa’ilnya يَكْتُبُ .

• Lafadz الدَّرْسَ 
  adalah 
  isim mufrod mudzakkar, 
  beri’rob nashab, 
  tanda nashabnya 
  dengan fatkhah, 
  karena 
  menjadi maf’ul bih 
  dari fi’il يَكْتُبُ , 
  dan ia merupakan 
  maushuf (yang disifati)

• Lafadz الْجَدِيْدَ 
  adalah 
  isim mufrod mudzakkar, 
  i’robnya nashab, 
  karena 
  menjadi shifat 
  dari maushuf 
  yang beri’rab nashab.
[20/3 02:32] Aing: wus ningali sopo ingsun, الْمُسْلِمِيْنَ ing wong-wong Islam الْمُجْتَهِدِيْنَ kang pada rajin-rajin, يَذْهَبُوْنَ lagi pada berangkat sapa deweke kabeh إِلَى اْلمَسْجِدِ maring masjid (Saya melihat orang-orang Islam yang rajin-rajin sedang berangkat ke masjid) رَاَيْتُ الْمُسْلِمِيْنَ الْمُجْتَهِدِيْنَ يَذْهَبُوْنَ إِلَى اْلمَسْجِدِ
[20/3 02:35] Aing: Ta'ribnya :

• Lafadz يَكْتُبُ 
  adalah fi’il mudhore’,

• Lafadz التَّلاَمِيْذُ 
  adalah isim jama’ taksir, 
  I’robnya rafa’ 
  karena 
  menjadi fa’ilnya يَكْتُبُ .

• Lafadz الدَّرْسَ 
  adalah 
  isim mufrod mudzakkar, 
  beri’rob nashab, 
  tanda nashabnya 
  dengan fatkhah, 
  karena menjadi maf’ul bih 
  dari fi’il يَكْتُبُ , 
  dan ia merupakan maushuf 
  (yang disifati)

• Lafadz الْجَدِيْدَ 
  adalah 
  isim mufrod mudzakkar, 
  i’robnya nashab, 
  karena menjadi shifat 
 dari maushuf 
 yang beri’rab nashab.
[20/3 02:38] Aing: catatan untuk diingat :

1. Rangkaian Shifat-Maushuf 
disebut juga dengan Na'at-Man'ut. 

Shifat harus 
mengikuti maushuf 
dalam hal i'rob, 
maupun 
jenis isimnya 
(mufrod / 
jama'nya, 
mudzakkar / 
muannatsnya, 
ma'rifat / 
nakirohnya). 

Sehingga apabila 
ada 2 isim atau lebih 
yang berjajar dan 
jenisnya sama, 
serta cocok dibaca kang, berarti itu rangkaian shifat-maushuf. 
Shifat yang seperti ini, dinamakan 
shifat hakiki.

2. Adapun shifat 
yang bukan hakiki, 
adalah 
semua 'bagian jumlah' yang cocok dibaca dengan kang. 

Misalnya :
وَاتَّقُوُا Lan wedia sapa sira kabeh, يَوْماً ing dina لاَ تَجْزِى kang ora bisa mbales apa نَفْسٌ awak-awakan عَنْ نَفْسٍ saking awak-awakan شَيْئاً ing sewiji-wiji. وَاتَّقُوُا يَوْماً لاَ تَجْزِى نَفْسٌ عَنْ نَفْسٍ شَيْئاً
[20/3 02:41] Aing: Ta'ribnya :

Lafadz لاَ تَجْزِى 
adalah 
fi’il mudhore’ mu'tal akhir, I'robnya rafa' 
karena tidak didahului oleh 'amil nashib ataupun 
'amil jazim, 
tanda rafa'nya 
dhommah muqoddar (tersembunyi). 

Dibaca 'kang' 
karena menjadi sifat 
( fi'il jatuh setelah 
isim nakiroh adalah sifat) 

Untuk Tawabi' yang lain, silahkan melihat kembali penjelasannya pada pembahasan al marfu'at (isim-isim yang harus dirafa'kan) 

Yaitu : 
'Athaf, 
i'robnya 
mengikuti isim yang 
di ngathafi. Badal, 
i'robnya mengikuti isim 
ysng dibadali, dan 
Taukid, 
i'robnya mengikuti yang ditaukidi.