Rabu, 06 April 2022

BAB MUDHOF DAN MUDHOF ILAIH

[18/3 21:36] Aing: BAB 
MUDHOF DAN 
MUDHOF ILAIH

A. Pengertiannya.

Sebelum kita melangkah ke pembicaraan lebih lanjut, penting sekali kalau di sini kita bicarakan terlebih dulu rangkaian 
'mudhof dan mudhof ilaih'. 

Karena rangkaian ini akan banyak kita jumpai di dalam jumlah-jumlah.

Mudhof dan Mudhof ilaih ialah 
2 isim atau lebih 
yang dirangkai menjadi 
satu rangkaian, 
sehingga membentuk 
satu pengertian dan menduduki satu jabatan. 

Dimana 
isim yang di depan dinamakan 
mudhof, 
dan 
isim yang dibelakang dinamakan 
mudhof ilaih. 

Dan apabila rangkaian itu terdiri dari 
3 isim atau lebih, 
maka 
isim yang paling depan dinamakan 
mudhof, 
dan 
isim yang dibelakangnya dinamakan 
'mudhof ilaih 
tetapi 
masih mudhof', 
dan 
baru isim 
yang paling belakang , 
yang dinamakan 
mudhof ilaih.
[18/3 21:37] Aing: Contoh 
Mudhof dan 
Mudhof ilaih :

bab wudhu بَابُ الْوُضُوْءِ
bab rukun-rukun wudhu بَابُ اَرْكَانِ الْوُضُوْءِ
bab mengetahui rukun-rukun wudhu بَابُ مَعْرِفَةِ اَرْكَانِ الْوُضُوْءِ
[18/3 21:44] Aing: B. Hukum Mudhof dan. 
                  Mudhof ilaih.

1 Mudhof , 
   i'robnya berubah-ubah 
   sesuai dengan jabatannya 
   atau 
   sesuai dengan 'amil 
   yang masuk kepadanya 
   (bisa rafa', 
    bisa nashab dan 
    bisa jar). 

    Sedangkan Mudhof ilaih, 
    selamanya harus 
    beri'rob jar.

2 Mudhof 
   tidak boleh ada 
   AL (alif-lam)nya, 
   dan tidak boleh 
   tanwin. 

   Sedangkan 
   mudhof ilaih harus ada 
   AL-nya atau harus 
   tanwin.

3 Mudhof dan Mudhof ilaih, 
   biasa diterjemahkan 
   dengan : “.......e.…….” atau “......maring.......” atau “……….saking............” Misalnya :
كتابُ زيدٍ kitabe Zaid ( Kitabnya Zaid )
تَقْوَى اللهِ taqwa maring Allah ( Taqwa kepada Allah )
خاتمُ الْحَدِيْدِ ali-ali saking wesi ( cincin dari besi )

4 Jika yang dimudhofkan 
    adalah 
    isim tatsniyah atau 
    isim jama' mudzakkar, 
    maka 
    'nun' nya harus dibuang. 
    
    Misal :
dua kitab Zaid كِتَابَانِ زَيْدٍ ← كِتَابَا زَيْدٍ
orang-orang musyrik Makkah مُشْرِكِيْنَ الْمَكَّةِ ← مُشْرِكِي الْمَكَّةِ
dua orang tuaZaid وَالِدَيْنِ زَيْد ← وَالِدَيْ زَيْد
[18/3 21:48] Aing: Catatan untuk diingat :

1. Walaupun terdiri dari 
    beberapa isim, 
    namun karena telah 
    menjadi satu pengertian,  
    maka rangkaian 
    mudhof-mudhof ilaih 
   di dalam jumlah 
   bisa menjadi 
   khobar, 
   mubtada, 
   fa'il, 
   atau posisi-posisi lain, 
   tergantung kebutuhan.

2. I'rob mudhof-mudhof ilaih 
    yang terpengaruh oleh 
    kedudukannya di dalam 
    jumlah 
   (kalau mubtada / 
    khobar / 
    fa'il 
    harus beri'rob rafa'), 
   
    hanyalah I'rob mudhof 
    yang paling depan saja, 
    dan mudhof ilaihnya 
    tetap jar
[18/3 21:52] Aing: 2. JUMLAH FI'LIYAH 
    (jumlah yang tersusun 
     dari : 
     Fi'il dan Fa'il)

A. Pengertian Fa'il 
    ( Pelaku pekerjaan)

Dalam bahasa Indonesia Fa'il disebut dengan 
'pelaku pekerjaan'. 

Setiap ada fi'il (pekerjaan) mesti ada fa'il (pelaku pekerjaan itu). 

Fi'il bersama-sama dengan fa'il membentuk 
Jumlah Fi'liyah, 
yaitu 
jumlah yang diawali 
dengan fi’il, 
atau 
jumlah yang susunannya : Fi'il + Fa'il.

Dalam penerjemahan bahasa Jawa, 
Fa’il biasanya dibaca dengan 'sapa' 
jika yang menjadi fa’il itu berakal, 
dan 
dibaca dengan 'apa' 
jika yang menjadi fa’il itu tidak berakal.
[18/3 21:54] Aing: Apabila suatu fi’il 
telah disebutkan fa’ilnya maka 
harus sudah memberikan pengertian, 
karena 
sudah terbentuk 
suatu jumlah / kalam, 
yaitu 
jumlah Fi’liyah. 
Kecuali 
apabila fi’ilnya transitif 
(fi'il yang membutuhkan obyek), 
maka 
baru akan terbentuk pengertian yang sempurna setelah diberikan obyeknya. 

Dalam bahasa Arab, 
obyek disebut dengan 
Maf’ul Bih. 

Jadi, susunannya menjadi: ( Fi’il + Fa’il + Maf’ul Bih )
Fa’il termasuk isim 
yang harus 
di rafa’ kan.
[18/3 21:56] Aing: Di bawah ini contoh 

jumlah fi'liyah 
yang fi'ilnya lazim 
(tidak membutuhkan obyek / yang dikenai pekerjaan), 

sehingga susunannya cukup dengan : 
Fi'il + Fa'il
تَبْكِىْ Lagi nangis, sopo فَطِيْمَة Fathimah تَبْكِىْ فَطِيْمَةُ
Fathimah sedang menangis

يَمْرَضُ Lagi lara, sopo سَنُوْسِى Sanusi يَمْرَضُ سَنُوْسِى
Sanusi sedang sakit
 Keterangan : تَبْكِىْq dan يَمْرَضُadalah fi'il mudhore', fi'il lazim (tidak butuh obyek / maf'ul bih)
[18/3 21:57] Aing: bawah ini contoh 
jumlah fi'liyah 
yang fi'ilnya muta'addi (membutuhkan obyek / 
yang dikenai pekerjaan), 

sehingga susunannya cukup dengan : 
Fi'il + Fa'il + Maf'ul bih
قَرَاَ Wus maca, sopo التِّلْمِيْذَانِ murid loro, الدَّرْسَ ing pelajaran قَرَاَ التِّلْمِيْذَانِ الدَّرْسَ
Dua murid (lk) telah membaca pelajaran

يَقْرَءُ Lagi maca, sopo التَّلاَمِيْذُ murid akeh, الدَّرْسَ ing pelajaran يَقْرَءُ التَّلاَمِيْذُ الدَّرْسَ
Murid-murid sedang menulis pelajaran

يَقْرَأُ Lagi maca, sopo الْمُدَرِّسُوْنَ guru-guru, الْمَجَلَّةَ ing majalah يَقْرَأُ الْمُدَرِّسُوْنَ الْمَجَلَّةَ
Guru-guru (lk) sedang membaca majalah
[18/3 22:02] Aing: Keterangan : قَرَاَ dan يَقْرَءُ 
adalah 
fi'il madhi dan 
fi'il mudhore', 
fi'il Muta'addi (butuh obyek / 
                          maf'ul bih)
 
Ta'rib :

• Lafadz فَطِيْمَةُ adalah 
   isim mufrod muannats, 
   i’robnya rafa, 
   karena menjadi fa’il 
   dari fi’il تَبْكِىْ 
   tanda rafa’nya dommah, 
   karena ia isim mufrod.

• Lafadz سَنُوْسِى adalah 
   isim mufrod mudzakkar. 
   I’robnya rafa’, 
   karena menjadi fa’il 
   dari fi’il يَمْرَضُ 
   Tanda rafa’nya 
   dhommah muqoddar 
   (dhommah yang 
   disembunyikan ), 
   karena ia 
   isim manqush 
   (isim yang berakhir 
    dengan huruf Yak)

• Lafadzاَلتِّلْمِيْذَانِ , adalah 
   isim tatsniyah mudzakkar, 
   i’robnya rafa’, 
   karena menjadi fail 
   dari fi’il قَرَاَ 
   tanda rafa’nya alif, 
   karena isim tatsniyah.

   Dan begitu untuk 
   seterusnya,
[18/3 22:22] Aing: B. Kaidah-kaidah yang 
     berkaitan dengan Fa’il


1 Antara fi'il dengan fa'il 
   harus bersesuaian dalam 
   hal mudzakkar atau 
   muannatsnya. 

  Jika fa’ilnya muannats, 
   maka 
  fi’ilnyapun harus muannats 
  (diberi ‘tak’ ta’nits’ تْ ) 

  sehingga jika pada 
  fi’ilnya ada tak ta’nits, 
  maka 
  fa’ilnya mesti 
  isim muannats. 

  Contoh :
أَكَلَتْ Wus mangan, sopo فَطِيْمَةُ Fathimah, الرَّغِيْفَ ing roti أَكَلَتْ فَطِيْمَةُ الرَّغِيْفَ
Fathimah telah makan roti

تَقْرَاُ Lagi maca sopo التِّلْمِيْذَةُ murid, دَرْسَهَا ing pelajarane تَقْرَاُ التِّلْمِيْذَةُ دَرْسَهَا
Murid (pr.1) sedang membaca pelajarannya
[18/3 22:23] Aing: 2 Meski 
   fa’ilnya isim jama’, 
   fi’il nya tetap mufrod. 

  Contoh :
يَقْرَاُ Lagi maca, sopo الْمُسْلِمُوْنَ wong Islam akeh, الْقُرْآنَ ing Al Qur’an يَقْرَاُ الْمُسْلِمُوْنَ الْقُرْآنَ
Orang-orang Islam sedang membaca Al Qur’an

تَقْرَاُ Lagi maca, sopo الْمُسْلِمَاتُ wong-wong Islam(pr), الْقُرْآنَ ing Al Qur’an تَقْرَاُ الْمُسْلِمَاتُ الْقُرْآنَ
Orang-orang Islam (pr) sedang membaca Al Qur’an
[18/3 22:24] Aing: 3 Adakalanya fa’il 
   berupa jumlah. 

   Contoh :
يَجِبُ wajib, عَلَيْكُمْ ingatase sira kabeh, apa اَنْ تَبِرُّوْا bekti sapa sira kabeh, وَالِدَيْكُمْ ing wong tuwa loroira kabeh يَجِبُ عَلَيْكُمْ اَنْ تَبِرُّوْا وَالِدَيْكُمْ
Wajib atas kamu semua, berbakti kepada kedua orang tuamu

يَجِبُ Wajib عَلَيْكُمْ ingatase sira kabeh, opo تَصُوْمُوْا اَنْ poso sopo sira kabeh, رَمَضَانَ ingdalem wulan Romadhon يَجِبُ عَلَيْكُمْ اَنْ تَصُوْمُوْا رَمَضَانَ
Wajib atas kamu semua, berpuasa di bulan Romadhon
[18/3 22:29] Aing: C. Macam-macam 
     Fa’il


Fa’il 
dibagi menjadi 
2 macam.


1 Fa’il isim dzohir

   yaitu 
   Fa'il yang berupa isim 
   yang berada di belakang 
   fi'ilnya. 

   Contoh-contoh 
   Fa'il yang telah disebutkan 
   di atas, 
   semuanya adalah 
   fa'il-fa'il isim dhohir. 
   Kecuali pada 
   fi'il اَنْ تَبِرُّوْا dan اَنْ تَصُوْمُوْا , 

   maka 
   fa'il dari ke dua fi'il ini 
   berupa dhomir اَنْتُمْ 
   yang tersimpan 
   di dalam kedua fi'il itu. 

   Perhatikan dengan 
   seksama semua 
   contoh-contoh di atas !


2 Fa’il isim dhomir

yaitu 
Fa’il yang tidak tampak, karena 
berupa isim dhomir 
yang tersimpan 
di dalam fi’ilnya. 

Perhatikan kembali 
dengan seksama 

perubahan-perubahan 
fi'il madhi, 
mudhori' dan 
amar 

yang telah kita pelajari. 
Kita telah ketahui bahwa semua perubahan-perubahan itu sesuai dengan 
isim-isim dhomir 
yang menjadi 
fa'il 
dari 
fi'il-fi'il 
itu.
[18/3 22:30] Aing: Contoh-contoh 
fa'il isim dhomir :

كَتَبْتُ \اَكْتُبُ wus nulis / lagi nulis sapa ingsun, الدَّرْسَ ing pelajaran, فِي كِتَابِيْ ingdalem kitabingsun كَتَبْتُ \اَكْتُبُ الدَّرْسَ فِي كِتَابِيْ
Saya telah / sedang menulis pelajaran di dalam bukuku.

ذَهَبْتُمْ \ تَذْهَبُوْنَ wus berangkat / lagi berangkat sapa sira kabeh, اِلَي مَدْرَسَتِكُمْ maring sekolahanira kabeh, صَبَاحًا ingdalem wektu esuk ذَهَبْتُمْ \ تَذْهَبُوْنَ اِلَي مَدْرَسَتِكُمْ صَبَاحًا
Kalian telah berangkat / sedang berangkat ke sekolahan kalian diwaktu pagi.

اِذْهَبِيْ Berangkata sapa sira wadon !, اِلَي مَدْرَسَتِكِ maring sekolahanira, كُلَّ يَوْمٍ ingdalem saben-saben dina اِذْهَبِيْ اِلَي مَدْرَسَتِكِ كُلَّ يَوْمٍ
Berangkatlah kamu pr, ke sekolahmu setiap hari

Keterangan :
Kalimah-kalimah yang digaris bawahi pada contoh-contoh di atas, semuanya 
adalah fi'il. 

Sedangkan fa'ilnya, 
adalah isim-isim dhomir yang tersimpan 
di dalam fi'il-fi'il itu 
(fa'il isim dhomir)
[18/3 22:33] Aing: Catatan untuk diingat :

1. Pada dasarnya jumlah itu 
    hanya ada 2, 
   yaitu 
  Jumlah Ismiyah dan 
  Jumlah Fi’liyah

2. Jumlah fi'liyah = 
    Fi'il + Fa'il 
   (jika fi'ilnya lazim) dan 
    Fi'il + Fa'il + Maf'ul bih 
    (jika fi'ilnya muta'addi).

3. Untuk bisa mengetahui 
    apakah fi'il itu lazim 
    atau muta'addi, 
    hanya dengan mengetahui 
    'arti'nya.

4. Baik jumlah ismiyah 
    maupun jumlah fi'liyah, 
    adakalanya hanya menjadi 
    bagian dari suatu jumlah 
   (mungkin sebagai 
    khobar, 
    fa'il, ataupun 
    maf'ul bih.
[18/3 22:39] Aing: 3. Naib Fa’il ( نَائِبُ الْفَاعِلِ )
    =Pengganti Fa'il

Setiap fi’il 
harus memiliki 
fa’il. 

Akan tetapi, 
jika :
tidak diketahui fa’ilnya, 
atau 
telah sangat diketahui fa’ilnya, 
maka 
suatu fi’il biasanya 
tidak di sebutkan 
fa’ilnya, 
kemudian 
maf’ulnya 
dijadikan sebagai pengganti fa’il (naib fa’il), 

dengan proses 
sebagai berikut :

1 Fi’il tersebut 
   diubah dari 
   mabni ma’lum 
   (bentuk kata kerja aktif) 
    menjadi 
    fi’il mabni majhul 
   (bentuk kata kerja pasif)

2 Maf’ul bih 
   (obyek penderita) 
    dari fi’il tersebut, 
    dijadikan 
    naib fa’il (pengganti fa’il), 

    sehingga yang semula 
    i’robnya nashab 
    karena menduduki jabatan 
    maf’ul bih, 

    sekarang 
    i’robnya berubah menjadi 
    rafa’ 
    karena telah menjadi 
    Naib Fa’il.
[18/3 22:42] Aing: Cara menjadikan 
fi’il mabni ma’lum 
(kata kerja aktif) 
menjadi 
fi’il mabni majhul 
(kata kerja pasif) 
ialah :

1. Untuk fi’il Madli, 
    maka dengan :
ضُمَّ اَوَّلُهُ وَكُسِرَ مَا قَبْلَ اَخِرِهِ ( didommah huruf awalnya dan dikasroh huruf yang sebelum akhir )
Contoh :
1. نَصَرَ = menolong, menjadi نُصِرَ = ditolong
2. ضَرَبَ = memukul, menjadi ضُرِبَ = dipukul
3. كَتَبَ = menulis, menjadi كُتِبَ = ditulis

2. Untuk Fi’il Mudlori’, 
    maka dengan :
ضُمَّ اَوَّلُهُ وَفُتِحَ مَا قَبْلَ اَخِرِهِ ( didommah huruf awalnya, dan difatkhah huruf yang sebelum akhir )
Contoh :
1. يَنْصُرُ menjadi يُنْصَرُ
2. يَضْرِبُ menjadi يُضْرَبُ
3. يَكْتُبُ menjadi يُكْتَبُ

Jadi, 
naib fa’il itu pada dasarnya adalah 
maf’ul bih dari suatu fi’il, yang karena tidak disebutkan fa’ilnya, 
maka ia dijadikan sebagai pengganti fa’il tersebut.
هو نُصِرَ يُنْصَرُ Dia (lk 1) ditolong
هما نُصِرَا يُنْصَرَانِِ Dia (dua lk ) ditolong
هم نُصِرُوا يُنْصَرُوْنَ Mereka (lk) ditolong
هي نُصِرَتْ تُنْصَرُ Dia (pr) ditolong
هما نُصِرَتَا تُنْصَرَانِ Dia ( pr 2) ditolong
هنّ نُصِرْنَ يُنْصَرْنَ Mereka (pr) ditolong
انت نُصِرْتَ تُنْصَرُ Kamu (lk) ditolong
انتما نُصِرْتُمَا تُنْصَرَانِ Kamu (2lk) ditolong
انتم نُصِرْتُمْ تُنْصَرُوْنَ Kamu semua ditolong
انت نُصِرْتِ تُنْصَرِيْنَ Kamu (pr) ditolong
انتما نُصِرْتُمَا تُنْصَرَانِ Kamu (2pr ) ditolong
انتنّ نُصِرْتُنَّ تُنْصَرْنَ Kamu (lk ) ditolong
انا نُصِرْتُ اُنْصَرُ Saya ditolong
نحن نُصِرْنَا نُنْصَرُ Kita ditolong
[18/3 22:43] Aing: Contoh-contoh 

Jumlah yang tidak disebutkan fa'ilnya, 
sehingga
fi’ilnya mabni Majhul dan maf'ul bihnya 
dijadilan 
Naib Fa’il
كُتِبَ Diwajibake عَلَيْكُمُ ingatase sira kabeh, opo الصِّيَامُ shiyam, كَمَا كُتِبَ kaya olehe diwajibake opo shiyam, عَلَى الَّذِيْنَ ingatase wong akeh مِنْ قَبْلِكُمْ saking sakdurunge sira kabeh. كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ
[18/3 22:45] Aing: Ta'ribnya :

• Lafadz كُتِبَ 
   adalah fi’il madhi mabni 
   majhul.

• Dan lafadz الصِّيَامُ
  adalah 
  isim mufrod mudzakkar, 
  beri’rob rafa’ 
  karena menjadi 
  naib fa’il. 
  Tanda rafa’nya 
  dengan 
  dhommah, 
  karena 
  isim mufrod.

Adapun jika disebutkan fa'ilnya 
adalah :
كَتَبَ Wus majibake ‎sopo اللَّه ُ Alloh, عَلَيْكُمُ ingatase sira kabeh, الصِّيَامَ ing shiyam, كَمَا kaya olehe كَتَبَهُAlloh wus majibake sapa Alloh ing shiyam, عَلَى الَّذِيْنَ ingatase wong akeh, مِنْ قَبْلِكُمْ saking sadurunge sira kabeh. Allah telah mewajibkan shiyam atas kamu semua, sebagaimana Allah telah ‎mewajibkan shiyam atas orang-orang yang sebelum kamu semua كَتَبَ اللَّهُ عَلَيْكُمُ الصِّيَامَ كَمَاكَتَبَهُ اللَّهُ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ

وَاِذَا قُرِئَ Lan nalikane diwaca, opo الْقُرْآنُ al Qur’an, فَاسْتَمِعُوا mangka padha ngrungokna sopo sira kabeh, لَهُ maring al Qur'an. (Dan ketika dibacakan alQur’an, maka dengarkanlah) وَاِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ
[18/3 22:58] Aing: Ta'ribnya :

• Lafadz قُرِئَ 
  adalah fi’il madhi mabni  
               majhul.

• Dan lafadz الْقُرْآنُ 
  adalah isim mufrod 
               mudzakkar, 
  beri’rob rafa’ 
  karena sebagai 
  naib fa’il. 
  Adapun 
  tanda rafa’nya 
  dengan 
  dhommah, 
  karena ia 
  isim mufrod.

Adapun jika disebutkan fa'ilnya, 
adalah :
وَاِذَا قَرَأَ Lan nalikane wus maca, sapa القَارِئُ wong kang maca, الْقُرْآنَ ing al Qur’an, فَاسْتَمِعُوا mangka padha ngrungokna sopo sira kabeh لَهُ maring al Quran. (Dan ketika pembaca telah membacakan al Qur’an, maka dengarkanlah) وَاِذَا قَرَأَ القَارِئُ الْقُرْآنَ فَاسْتَمِعُوا لَهُ
[18/3 23:04] Aing: Tarkib : وَاِذَا قَرَأَ القَارِئُ الْقُرْآنَ فَاسْتَمِعُوا لَهُ

• Lafadz وَ 
   adalah kharf isti'naf 
   (untuk mengawali jumlah) 
   dan 
   lafadz اِذَا 
   adalah kharf syarat.

• Lafadz قَرَأَ 
  adalah 
  fi’il madhi mabni ma’lum, 
  i'robnya mabni fatkhah 
  karena tidak bertemu 
  dengan 
  wawu jama', 
  tak fa'il, 
  nun fa'il, dan 
  nun niswah.

• Lafadz القَارِئُ 
   adalah isim mufrod, 
   I'robnya rafa' 
   karena menjadi fa'il, 
   tanda rafa'nya dhommah 
   karena 
   isim mufrod.

• Lafadz الْقُرْآنَ 
  adalah 
  isim mufrod mudzakkar, 
  i’robnya nasab 
  karena menjadi maf’ul bih, 
  tanda nasabnya dengan 
  fatkhah, 
  karena ia 
  isim mufrod.

• Lafadz فَاسْتَمِعُوا 
   adalah فَ = kharf jawab, 
   dan اسْتَمِعُوا 
   adalah fi'il amar, 
   I'robnya mabni jazm, 
   tanda jazmnya 
   membuang 
   huruf Nun.

• Lafadz لَهُ 
   adalah : لَ = kharf jar, 
   dan هُ= isim dhomir 
   muttashil, 
   I'robnya jar 
   karena didahului oleh 
   kharf jar, 
   tandanya mabni
[18/3 23:05] Aing: 4. Tawabi' 
     (Isim-isim yang i'rob dan 
      hukumnya mengikuti 
      isim yang sebelumnya).
[18/3 23:13] Aing: Tawabi' ada 4 macam, 
yaitu :

1. Shifat dari Maushuf 
    yang beri’rob Rafa’

    Sifat - Mausuf ialah 
    2 isim atau lebih yang 
    berangkaian (jejer), 
    dimana 
    isim yang dibelakang 
    mensifati isim 
    yang di depannya, 
   dan disebut 
   Shifat / Na’at, 

   sedangkan 
   isim yang di depannya, 
   yang disifati, 
  dinamakan 
  Maushuf / Man’ut.
  Shifat, 
  i’robnya 
  mengikuti maushufnya. 

Jika 
maushufnya beri’rob rafa’, maka 
shifatnya juga ikut 
beri’rob rafa’. 

Dan jika 
maushufnya beri’rob nashab, 
maka 
shifatnya juga harus 
beri’rob nashab. 

Begitu pula apabila maushufnya beri’rob jar, maka 
shifatnya juga beri’rob jar. 

Shifat - Maushuf dibaca dengan 
‘YANG’ atau ‘KANG’.

Disamping shifat 
harus mengikuti maushuf dalam hal i’robnya, 
shifat harus juga mengikuti maushuf 
dalam hal :

1. Mudzakkar atau 
    Muannatsnya. 
    (jika 
     maushufnya mudzakkar, 
     maka 
     shifatnya harus juga 
     mudzakkar. 
     Begitu pula sebaliknya)

2. Mufrod atau jama’nya. 
    jika 
    maushufnya isim mufrod,   
    maka 
    shifatnya harus juga 
    isim mufrod. 
    Begitu pula jika 
    maushufnya isim jama’, 
    maka 
    shifatnyapun harus juga 
    isim jama’)

3. Nakiroh atau ma’rifatnya. 
    jika 
    maushufnya berupa 
    isim nakiroh, 
    maka 
    shifatnya harus juga 
    isim nakiroh. 
    Dan jika 
    maushufnya isim ma’rifat, 
    maka 
    shifatnya harus juga 
    isim ma’rifat.
 
Pendeknya, 
sifat dan 
mausuf itu 
ialah 
2 isim atau lebih 
yang berjajar, 
dan memiliki kesamaan jenis, 
serta cocok diberi ma’na kang,
[18/3 23:14] Aing: Contoh-contoh 
jumlah (kalimat) 
yang didalamnya terdapat rangkaian 
sifat - mausuf.
مُحَمَّدٌ Utawi Muhammad, iku وَلَدٌ anak, صَالِحٌ kang sholih (Muhammad adalah anak yang sholih) مُحَمَّدٌ وَلَدٌ صَالِحٌ

هَذَا Utawi iki, iku كِتَابٌ kitab, جَدِيْدٌ kang anyar (Ini adalah sebuah kitab yang baru). هَذَا كِتَابٌ جَدِيْدٌ

زَيْدٌ Utawi Zaid, وَ عُمَرٌ lan Umar, iku تِلْمِيْذَانِ murid 2, مُجْتَهِدَانِ kang rajin. (Zaid dan Umar adalah 2 murid yang rajin). زَيْدٌ وَ عُمَرٌ تِلْمِيْذَانِ مُجْتَهِدَانِ

قَرَأْتُ Maca sopo ingsun, الْقُرْآنَ ing al Qur’an الْكَرِيْمَ kang mulya. (saya telah membaca al Quran yang mulia) قَرَأْتُ الْقُرْآنَ الْكَرِيْمَ

صَلَّيْنَا Sholat sopo kita, فِى الْمَسْجِدِ ingdalem masjid, الْكَبِيْرِ kang agung. صَلَّيْنَا فِى الْمَسْجِدِ الْكَبِيْرِ

فَطِيْمَةُ Utawi Fatimah, iku اُسْتَاذَةٌ guru, مَاهِرَةٌ kang pinter. (Fatimah adalah seorang guru yang pandai) فَطِيْمَةُ اُسْتَاذَةٌ مَاهِرَةٌ
[18/3 23:17] Aing: Catatan :

Sifat 
harus sama dengan 
mausuf 
seperti yang disebutkan diatas, 
adalah 
sifat yang disebut 
dengan 
Sifat Haqiqi atau 
Na’at Haqiqi. 

Selain itu, 
asal cocok diterjemah dengan 
‘kang…(yang…)’ 
berarti itu 
sifat / na'at. 

Fi'il 
yang jatuh setelah 
isim nakiroh 
juga 
Shifat / Na'at 
yang harus dibaca 
' kang '.

Misalnya :
وَاتَّقُوْا Lan wedia sopo sira kabeh , يَوْمًا ing suwijining dina, تُرْجَعُوْنَ kang bakal den balikake sapa sira kabeh, اِلَى اللهِmaring Allah. (dan takutlah kamu semua, terhadap suatu hari, yang kamu semuaakan dikembalikan kepada Allah) وَاتَّقُوْا يَوْمًا تُرْجَعُوْنَ اِلَى اللهِ

زَيْدٌ Utawi Zaid iku تِلْمِيْذٌ murid, يَتَعَلَّمُ kang lagi nyinauالُّغَةَ bahasa الْعَرَبِيَّةَ kang bangsa Arab, فِى مَدْرَسَتِهِ ingdalem sekolahane. (Zaid adalah seorang murid yang mempelajari bahasa Arab di sekolahnya). زَيْدٌ تِلْمِيْذٌ يَتَعَلَّمُ الُّغَةَ الْعَرَبِيَّةَ فِى مَدْرَسَتِهِ
[19/3 02:02] Aing: Tarkib :

• Lafadz اتَّقُوْا 
  adalah fi’il amar, 
  fa’ilnya adalah dhomir اَنْتُمْ 
  yang tersimpan 
  pada fi'il itu.

• Sedangkan 
  lafadz يَوْمًا
  adalah 
  isim mufrod mudzakkar, 
  i’robnya nashab 
  karena 
  menjadi maf’ul bih, 
  tanda nashabnya dengan 
  fatkhah

• Lafadz تُرْجَعُوْنَ 
  adalah fi'il 5 mabni majhul. 
  Adapun 
  naib fa'ilnya, 
  ialah dhomir اَنْتُمْ 
  yang tersimpan 
  didalam fi'il itu. 
  Lafadz تُرْجَعُوْنَ 
  disini dibaca kang , 
  karena menjadi 
  shifat dari lafadz يَوْما 
  (fi'il jatuh 
   setelah 
   isim nakiroh) ً

• Lafadz زَيْدٌ
  adalah 
  isim mufrod mudzakkar, 
  i’robnya rafa’ 
  karena menjadi 
  mubtada, 
  tanda rafa’nya dhommah 
  karena ia isim mufrod.

• Lafadz تِلْمِيْذٌ 
  adalah isim mufrod, 
  i’robnya rafa’ 
  karena menjadi khobarnya 
  lafadz زَيْدٌ, 
  tanda rafa’nya dhommah.

• Sedangkan 
  lafadz يَتَعَلَّمُ
  adalah 
  fi’il mudhore’ shohih akhir, 
  beri’rob rafa’ 
  karena tidak didahului 
  oleh ‘amil, 
  tanda rafa’nya dengan 
  dhommah, 
  karena ia 
  fi’il mudhore’ shohih akhir.

• Lafadz يَتَعَلَّمُ
  dibaca kang, 
  karena ia menjadi 
  shifat dari lafadz تِلْمِيْذٌ 
  (fi'il jatuh setelah 
   isim nakiroh)
[19/3 02:04] Aing: Catatan yang perlu 
diingat :


1. Sebagai pengganti Fa'il, 
    maka 
    Naib Fa'il juga 
    termasuk isim yang harus 
    di rafa'kan.

2. Sampai sekarang ini, 
    berarti sudah 5 tempat 
    rafa'nya isim
   ( al Marfu'at ) 
   yang telah kita pelajari. 

 Yaitu :
(1) Mubtadak, 
(2) Khobar, 
(3) Fa'il, 
(4) Naib Fa'il, dan 
(5) Sifat dari Mausuf 
     yang I'rabnya rafa'