Rabu, 13 April 2022

Kaidah-Kaidah Dalam Ilmu Sharaf

[13/4 00:46] Aing: 

Kaidah-Kaidah 
Dalam Ilmu Sharaf


[13/4 00:48] Aing: 

Ada 2 kaidah 
yang dibahas dalam 
ilmu sharaf 
yaitu 
kaidah I’lal 
dan 
kaidah ibdal. 

Sebagian ahli mengatakan kaidah ini merupakan cabang ilmu sharaf

Dalam kaidah I’lal membahas tentang perubahan-perubahan 
suatu kata yang mempunyai huruf ‘‘illat, 

sementara 

kaidah ibdal 
adalah perubahan 
suatu kata dengan mengganti satu huruf dengan huruf yang lain karena ada kebutuhan tertentu.
[13/4 00:55] Aing: Kaidah-kaidah ini diterjemahkan dari 
Qawa’id al I’lal 
karangan Mundzir Nadzir sebagai berikut :

1.     
Apabilah ada Wawu atau Ya berharkah, 
jatuh sesudah harkah Fathah 
dalam satu kalimah, 
maka 
Wawu atau Ya tersebut harus diganti dengan 
Alif 

seperti contoh
 صان
asalnya
 صون, 
dan 
 ابع
 asalnya 
 بيع

2.     
Apabila wawu atau ya berharokat 
berada pada 
ain fi’il Bina’ Ajwaf 
dan 
huruf sebelumnya terdiri dari huruf  Sahih yang mati/sukun, 
maka 
harakat wawu atau ya tersebut harus dipindah pada huruf sebelumnya. 

Contoh
:يَقُوْمُ   
asalnya  
 يَقْوُمُ      
dan
  يَبِيْعُ   
asalnya  
 يَبْيِعُ  

3.     
Apabila ada wawu atau ya jatuh sesudah alif zaidah, maka 
harus diganti 
hamzah, 
dengan syarat wawu atau ya tersebut berada pada 
ain Fi’il 
kalimah bentuk Isim Fa’il, atau 
berada pada akhir kalimah bentuk masdar. 

Contoh:
 صائن 
 asalnya
 صاون
 dan 
 سائر
asalnya   
 ساير  
 dan
 لقاء 
asalnya
 لقاي
[13/4 01:01] Aing: 4.     
Apabila wawu dan ya berkumpul dalam 
satu kalimah 
dan salah satunya didahului dengan sukun, 
maka 
wawu diganti ya. 

Kemudian 
ya yang pertama di-idgham-kan 
pada ya yang kedua. 

Contoh 
lafadz ميت 
asalnya adalah ميوت 
dan مرمي   
asalnya  مرموي

5.      
Apabila Wawu  atau Ya  menempati  ujung akhir kalimah,  
dan  
berharakah dhammah, 
maka 
disukunkan. 

Contoh
:يَغْزُوْا 
asalnya يَغْزُوُ  
dan      يَرْمِىْ  
asalnya يَرْمِىُ  

6.     
Apabila 
wawu menempati ujung akhir kalimah 4 huruf 
atau lebih, 
dan 
sebelum wawu 
tidak ada huruf yang didhammahkan, 
maka 
wawu tersebut diganti 
ya. 

Contoh
:يزكى 
 asalnya يزكو 
dan يعاطى 
asalnya يعاطو

7.     
Apabila wawu 
ada diantara harkah fathah dan 
kasrah nyata, 
dan 
sebelumnya ada huruf mudhara’ah, 
maka 
wawu tersebut dibuang. 

Contoh:
 يعد
asalnya يوعد 
dan يئد  
asalnya يوئد

8.     
Bilamana ada Wawu 
jatuh setelah harkah Kasrah dalam Kalimah Isim 
atau Kalimah Fi’il, 
maka 
Wawu tersebut harus diganti Ya. 

Contoh:
 يزكى
asalnya   يزكو  
dan غاز 
asalnya غازو
[13/4 01:06] Aing: 8.    
Bilamana ada Wawu 
jatuh setelah harkah Kasrah dalam Kalimah Isim 
atau Kalimah Fi’il, 
maka 
Wawu tersebut harus diganti Ya. 

Contoh:
 يزكى
asalnya   يزكو  
dan غاز 
asalnya غازو


9.     
Bilamana ada Wawu atau Ya sukun, 
bertemu dengan 
huruf sukun lain nya, 
maka 
Wawu atau Ya tersebut dibuang, 

ini setelah memindahkan harakah keduanya 
(Wawu atau Ya) 
kepada huruf sebelumnya (lihat kaidah I’lal ke 2). 

Contoh
:صن
asalnya اصون 
dan سر 
asalnya اسري

10.     
Bilamana ada dua huruf sejenis 
atau 
hampir sama makhrajnya berkumpul dalam 
satu kalimah, 
maka 
huruf yang pertama 
harus di-idghamkan 
pada huruf yang kedua,–

ini setelah menjadikan 
huruf yang hampir sama makhrajnya 
serupa dengan huruf yg kedua 
(lihat kaidah I’lal ke 18 insyaallah)–, 

karena beratnya  pengulangan / memilah milih 

contoh :
 مَدَّ   
 asalnya
 مدد 
 , مَدِّ  
asalnya
 اُمْدُد 
   , اتطصل
asalnya
 اوتطصل
[13/4 01:16] Aing: 11.         Bilamana terdapat dua huruf Hamzah berkumpul sejajar dalam satu kalimah, yang nomor dua sukun, maka huruf hamzah ini harus diganti dengan huruf yang sesuai dengan harakah Hamzah yang pertama. Contoh  امن asalnya اامن dan اومل  asalnya اؤمل

12.     
Wawu atau ya yang sukun, keduanya tidak boleh diganti Alif, 
kecuali 
jika sukunnya tidak asli 

–dengan sebab 
pergantian harkat keduanya pada huruf sebelumnya– (lihat kaidah I’lal ke 2). 

Contoh: اجاب asalnya اجوب dan اابن  asalnya ابين

13.     
Bilamana ada wawu 
berada di akhir kalimah 
jatuh sesudah 
harkah dhamah 
di dalam asal kalimah Isim yang Mutamakkin 
(bisa menerima tanwin), maka 
wawu tersebut diganti ya, 

kemudian setelah itu 
harkah dhammah 
diganti kasrah. 

Contoh:تعاطيا asalnya تعاطوا dan تعديا asalnya تعدوا

14.     
Bilamana terdapat 
Ya sukun 
dan sebelumnya ada huruf yang didhammahkan 
maka 
ya tersebut harus diganti wawu.

contoh: يوسر asalnya ييسر dan موسر asalnyaميسر

15.     
Sesungguhnya Isim Maf’ul bilamana ia terbuat dari 
Fi’il Mu’tal ain (Bina’ Ajwaf) maka 
wajib membuang 
wawu maf’ulnya 
menurut Imam Syibawaihi (menurut Imam lain yg dibuang adalah ain Fi’ilnya). 

contoh: مصون asalnya مصوون dan مسري asalnya مسيور

16.     
Bilamana  
Fa Fi’il  kalimah  wazan  افتعل berupa  
huruf  shad,  atau  
Dhad,  atau  
Tha, atau 
Za (huruf Itbaq), 

maka 
huruf Ta yang jatuh sesudah huruf Itbaq tersebut 
harus  diganti  Tha,  
demi  mudahnya  mengucapkannya.  

Digantinya  Ta  dengan  Tha karena  dekatnya  makhraj  keduanya.  

contoh:  اصطلح asalnya  اصتلح dan  اضطرب  asalnya اضرتب

17.     
Bilamana 
Fa Fi’il wazan افتعل 
berupa huruf 
Dal, atau 
Dhal, atau 
Zay, 

maka 
huruf Ta (Ta zaidah wazan ) yang jatuh sesudah huruf-huruf tersebut 
harus diganti Dal, 
demi mudahnya mengucapkannya. 

Digantinya Ta dengan Dal karena dekatnya  makhraj  keduanya.  

contoh:  ادرأ asalnya  ادترأ dan  اذكر asalnya  اذتكر dan ازدحم asalnya ازحتم

18.     
Bilamana 
Fa Fi’il wazan  افتعل 
berupa  huruf  
wawu,  atau  
Ya,  atau  
Tha,  

maka 
huruf  Fa Fi’ilnya tersebut harus diganti Ta 
karena sukarnya mengucapkan 
huruf “Layn”  (لين)  sukun  dengan  huruf  yang  diantara  keduanya  termasuk  berdekatan Makhrajnya dan bertentangan sifatnya, karena huruf “layin” (ي-و) bersifat Jahr 
sedangkan huruf Ta 
bersifat Hams. 

Contoh: اتصل asalnya اوتصل  dan  اتسر asalnya اوتسر dan اتغر asalnya اثتغر 

(penting) 
dan apabila Fa Fi’il-nya tersebut berupa huruf Tha, boleh mengganti Ta’nya wazan افتعل dengan Tha, karena keduanya sama- sama bersifat Hams.

contoh: اثغر asalnya اثتغر .

19.     
Bilamana 
Fa Fi’il wazan تفعل 
dan تفاعل berupa huruf 
 ز ذ د ث ت ظ ط ض ص ش س,  maka  boleh  
Ta  dari  kedua  wazan  tersebut  diganti  dengan  huruf yang mendekati dalam Makhrajnya, 

kemudian huruf yang pertama 
di-idghamkan pada 
huruf yang kedua, 

demikian ini setelah 
huruf yang pertama dari kedua huruf yang berdekatan makhrajnya tersebut, 
dijadikan serupa dengan huruf yang kedua. 

berikut memasang 
Hamzah Washal 
agar memungkinkan permulaan dengan 
huruf mati. 

contoh: اترس asalnya ترتس dan ااثقل asalnya تثاقل  
dan  اذكر asalnya تذكر 
danازجر asalnya تزجر  
dan امسع asalnya تسمع 
dan اشقق asalnya تشقق 
dan اصدق asalnya يصدق  
dan اضرع asalnya تضرع 
dan اظهر asalnya تظهر 
dan اطاهر asalnya تطاهر