Rabu, 06 April 2022

KHOBARNYA (كَانَ) ATAU SAUDARA-SAUDARANYA.

[20/3 17:05] Aing: 5. KHOBARNYA (كَانَ) 
                ATAU SAUDARA-SAUDARANYA.

Seperti halnya إِنََّ , 
maka كَانَ 
dan saudara-saudaranya juga hanya masuk pada permulaan jumlah Ismiyah. 

Sehingga kapan ada كَانَ, 
di situ mesti 
permulaan jumlah ismiyah (ada mubtada' dan 
 ada khobar).

A. Yang perlu diperhatikan 
     apabila ada كَانَ
 
Apabilan كَانَ atau 
salah satu dari saudara-saudaranya masuk pada jumlah ismiyah, 
maka 
jumlah ismiyah 
itu harus mengalami perubahan sebagai berikut :

1) Mubtada pada jumlah itu, berubah menjadi fa'ilnya كَانَ i'robnya tetap rafa', 
dibaca dengan 'sapa / apa' seperti lazimnya fa'il.

2) Khobar pada jumlah itu, berubah menjadi 
khobarnya كَانَ , 
dan i'robnya 
berubah menjadi nashab, serta dibaca dengan 
"ana iku / dadi iku" 

Contoh :
 Sebelum dimasukiü كَانَ :
(زَيْدٌ)Utawi Zaid, iku (تِلْمِيْذٌ)murid, (مَاهِرٌ) kang pinter (Zaid adalah seorang murid yang pandai) زَيْدٌ تِلْمِيْذٌ مَاهِرٌ
Setelah dimasuki كَانَ menjadi :
(كَانَ)wus dadi, sopo (زَيْدٌ) Zaid, dadi iku (تِلْمِيْذًا)murid (مَاهِرًا) kang pinter (Zaid menjadi murid yang pandai) كَانَ زَيْدٌ تِلْمِيْذًا مَاهِرًا َ
 Sebelum dimasuki كَانَ :ü
فَطِيْمَةُUtawi Fatimah, iku تِلْمِيْذَةٌmurid, مُجْتَهِدَة ٌ kang rajin .(Fatimah adalah murid yang rajin) فَطِيْمَةُ تِلْمِيْذَة ٌ مُجْتَهِدَة ٌ
Setelah dimasukiكَانَ menjadi :
(كَانَتْ)Wus dadi, sopo ( فَطِيْمَةُ)Fatimah, dadi iku ( ( تِلْمِيْذَةً murid, (مُجْتَهِدَةً) kang rajin(Fatimah menjadi murid yang rajin) كَانَتْ فَطِيْمَةُ تِلْمِيْذَةً مُجْتَهِدَةً
 Sebelum dimasuki كَانَü
Dia seorang murid (utawi deweke, iku murid) هُوَ تِلْمِيْذٌ
Setelah dimasukiكَانَ menjadi :
Dia seorang murid (utawi deweke, iku murid) كَانَ تِلْمِيْذًا
[20/3 17:08] Aing: B. Saudara-saudaranya كَانَ.
    Adapun saudara-saudaranyaكَانَ itu ialah :

No Kalimah Contoh
1 كَانَ\يَكُوْنُ كَانَ\يَكُوْنُ زَيْدٌ مَاهِرًا
(كَانَ) ana, sapa (زَيْدٌ) Zaid, ana iku (مَاهِرًا) wong kang pinter (Zaid adalah orang yang pandai)
2 صَارَ\يَصِيْرُ صَارَ\يَصِيْرُ الْمَاءُ ثَلْجًا
Dadi apa (الْمَاءُ) banyu, dadi iku (ثَلْجًا)es (Air itu menjadi es)
3 أصْبَحَ\يُصْبِحُ أصْبَحَ\يُصْبِحُ زَيْدٌ مُعَلِّمًا
(أصْبَحَ\يُصْبِحُ) Dadi sapa (زَيْدٌ) Zaid, dadi iku (مُعَلِّمًا) wong kang mulang (Zaid menjadi pengajar)
4 أَضْحَى\يُضْحِى أَضْحَى\يُضْحِى مُعَلِّمٌ مُصَلِّيًا
(أَضْحَى) mlebu wektu duha, sopo (مُعَلِّمٌ) wong kang mulang, iku (مُصَلِّيًا) wong kang sholat (pengajar itu memasuki waktu duha , menjadi orang yang sholat)
5 ظَلَّ\يَظَلُّ ظَلَّ\يَظَلُّ وَجْهُهُ مُسْوَدًّا
(ظَلّ) dadi, apa (وَجْهُهُ) wajahe, dadi iku (مُسْوَدًّا) ireng. (wajahnya menjadi hitam)
6 أَمْسَى\يُمْسِى أَمْسَى\يُمْسِى زَيْدٌ غَنِيًّا
(أَمْسَى) dadi, sapa (زَيْدٌ) Zaid, dadi iku (غَنِيًّا) wong kang sugih (Zaid menjadi orang yang kaya).
7 بَاتَ\يَبِيْتُ بَاتَ\يَبِيْتُ الْمَطَرُ عَزِيْزًا
(بَاتَ) dadi, apa (الْمَطَرُ) udan, dadi iku (عَزِيْزًا) deres (hujan menjadi lebat)
8 مَا زَالَ\مَا يَزَالُ مَا زَالَ\مَا يَزَالُ زَيْدٌ مُحْسِنًا
(مَا زَالَ\مَا يَزَالُ) ora leren-leren, sapa (زَيْدٌ) Zaid, ora leren-leren iku (مُحْسِنًا) wong kang gawe bagus (Zaid tetap orangyang berbuat baik)
9 مَابَرِحَ\مَايَبْرَحُ مَابَرِحَ\مَايَبْرَحُ زَيْدٌ مُجْتَهِدًا
10 مَاإنْفَكَّ\لاَيَنْفَكُّ مَاإنْفَكَّ\لاَيَنْفَكُّ زَيْدٌ مُحْسِنًا
11 مَافَتِئَ\لاَيَفْتَأُ مَافَتِئَ\لاَيَفْتَأُ زَيْدٌ مُتَأَخِّرًا
12 مَادَامَ اَنَا اُحِبُّ زَيْدًا مَادَامَ مُجْتَهِدًا
13 لَيْسَ لَيْسَ زَيْدٌ مُتَأَخِّرًا
[20/3 17:09] Aing: C. Kaidah-kaidahnya كَانَ 
    dan saudara-saudaranya

1) Karena كَانَ 
dan saudara-saudaranya termasuk kategori fi’il, 
maka iapun memiliki perubahan seperti fi’il-fi’il yang lain, sesuai dengan dhomir pelakunya.

Bentuk Amar 
Bentuk Mudhore’ 
Bentuk Madhi
كُنْ اَنْتَ تِلْمِيْذًا هُوَ يَكُوْنُ تِلْمِيْذًا كَانَ (هُوَ) تِلْمِيْذًا
كُوْنَا اَنْتُمَا تِلْمِيْذَيْنِ هُمَا يَكُوْنَانِ تِلْمِيْذَيْنِ كَانَا(هُمَا)تِلْمِيْذَيْنِ
كُوْنُوْا اَنْتُمْ تِلْمِيْذِيْنَ هُمْ يَكُوْنوُنَ تِلْمِيْذِيْنَ كَانُوْا (هُمْ)تِلْمِيْذِيْنَ
كُوْنِىْ اَنْتِ تِلْمِيْذَةً هِيَ تَكُوْنُ تِلْمِيْذَةً كَانَتْ(هِيَ)تِلْمِيْذَةً
كُوْنَا اَنْتُمَا تِلْمِيْذَتَيْنِ هُمَا تَكُوْنَانِ تِلْمِيْذَتَيْنِ كَانَتَا(هُمَا)تِلْمِيْذَتَيْنِ
كُنَّ اَنْتُنَّ تِلْمِيْذَاتٍ هُنَّ يَكُنَّ تِلْمِيْذَاتٍ كُنّ (َهُنَّ)تِلْمِيْذَاتٍ
Dst.
[20/3 17:11] Aing: 2) Untuk كَانَ 
dan saudara-saudaranya yang bisa ditashrif, 
(memiliki bentuk 
mudhore', 
amar, 
mashdar 
dan seterusnya 
sesuai dengan tashrifannya) 

maka semua tashrifannya itu juga memiliki 
fungsi dan tugas 
yang sama dengan كَان (dalam hal 
merafa’kan isimnya dan menasabkan khobarnya) 

Contoh :
(وَاللهُ )Utawi Allah, iku (يَجِبُ) wajib, apa ( كَوْنُه) anane Allah, ana iku (عَالِمًا) Dzat kang pinter (Allah itu, wajib keberadaannya, sebagai Dzat yang Maha Mengetahui) وَاللهُ يَجِبُ كَوْنُهُ عَالِمًا
[20/3 17:29] Aing: 6. MASHDAR / MAF’UL  
    MUTHLAQ
    (kelawan)

A. Pengertian 
Mashdar / 
Maf’ul Muthlaq

Mashdar ialah 
isim beri’rab nashab 
yang diletakkan setelah 
fi’il, 
dimana isim itu memiliki asal kata / 
asal ma’na 
yang sama dengan fi’il itu. 

Mashdar biasanya 
dibaca /
diterjemahkan dengan ‘KELAWAN / DENGAN’.

B. Fungsi Mashdar 
    dan Contoh-contohnya

Adapun penyebutan mashdar itu, dimaksudkan untuk :

1) Taukid 
     (menguatkan terjadinya 
       perbuatan / fi’il). 

Misalnya :
(ضَرَبَ) Wis mukul, sapa (زَيْدٌ) Zaid, (عُمَرًا) ing Umar, (ضَرْبًا) kelawan pukulan. (Zaid telah memukul Umar dengan pukulan) ضَرَبَ زَيْدٌ عُمَرًا ضَرْبًا

2) Menjelaskan jenis 
     perbuatan .

Misalnya :
(ضَرَبَ)Wis mukul, sapa (زَيْدٌ)Zaid, (عُمَرًا) ing Umar, (ضِرْبَةَ) kelawan pukulane kethek. (Zaid telah memukul Umar dengan pukulan kera) ضَرَبَ زَيْدٌ عُمَرًا ضِرْبَةَ الْقِرْدِ

3) Menjelaskan jumlah 
    (banyak / sedikitnya) 
     perbuatan. 

Misalnya :
(ضَرَبَ)Wis mukul, sapa (زَيْدٌ) Zaid, (عُمَرًا) ing Umar, (ضَرْبَةً) kelawan sak pukulan / rong pukulan.
(Zaid telah memukul Umar dengan satu pukulan / dua pukulan) ضَرَبَ زَيْدٌ عُمَرًا ضَرْبَةً \ضَرْبَتَيْنِ
[20/3 17:33] Aing: Tarkib :

• Lafadz ضَرْبًا 
adalah isim mufrod 
yang 
beri’rob nashab 
karena menjadi 
mashdar, 
yang fungsinya untuk 
taukid 
(menguatkan terjadinya perbuatan / fi’il). 
Tanda nashabnya fatkhah.

• Lafadz ضِرْبَةَ 
adalah 
isim mufrod muannats, i’robnya nashab 
karena menjadi 
mashdar 
(yang menjelaskan jenis fi’il). 
Tanda nashabnya fatkhah.

• Lafadz ضَرْبَةً 
adalah 
isim mufrod muannats, i’robnya nashab 
karena menjadi 
mashdar 
(yang menjelaskan bilangan fi’il). 
Tanda nashabnya fatkhah.
[20/3 17:35] Aing: Catatan :

Kalimah-kalimah yang digaris bawahi pada contoh-contoh diatas, memiliki 
asal kata 
yang sama dengan 
fi’il 
yang sebelumnya. 

Lafadz ضَرْبًا,
asal katanya 
sama dengan 
asal kata dari 
fi’il ضَرَبَ Lafadz ضِرْبَةَ juga asal katanya sama dengan fi’il ضَرَبَ .

Dan lafadz ضَرْبَةً 
asal katanya juga sama dengan fi’il ضَرَبَ. 

Berarti, 
kalimah-kalimah itu menduduki posisi Mashdar, yang harus dinashab 
dan dibaca 
‘kelawan / dengan’.
[20/3 17:37] Aing: C. Macam-macam Mashdar

1. Mashdar Lafdziy.

Ialah mashdar, 
yang asal lafadznya, 
sama dengan 
asal lafadz fi’ilnya. 

Lihat contoh-contoh mashdar 
di atas !

2. Mashdar Ma’nawiy.

Ialah jika antara 
mashdar dan fi’ilnya, 
hanya memiliki 
kesamaan ma’na saja, 
tidak memiliki 
kesamaan lafadz.

Contoh :

( جَلَسْتُ) wis lungguh sapa ingsun, ( قُعُوْدًا ) kelawan lungguh temenanan. (saya telah benar-benar duduk) جَلَسْتُ قُعُوْدًا

( قُمْتُ ) wis ngadeg sapa ingsun, ( وُقُوْفًا ) kelawan ngadeg temenanan. (saya benar-benar telah berdiri) قُمْتُ وُقُوْفًا



D. Kaidah-kaidah Mashdar

1. Harus Nashab.
    Lihat contoh-contoh di 
    atas !
2. Harus cocok diterjemah 
    dengan : 
    kelawan / dengan