Rabu, 11 Mei 2022

Nakirah dan Makrifah dan nun wiqoyah


rebo,10 syawal 1443 H

Nakirah dan Makrifah dan nun wiqoyah

الْنَّكِرَةُ وَالْمَعْرِفَةُ
Bab Nakirah dan Makrifah
نَكِرَةٌ قَـــــابِلُ أَلْ مُؤثِّــــرَاً ¤ أَوْ وَاقِعٌ مَوْقِعَ مَا قَدْ ذُكِرَا
Nakirah 
adalah Isim yang dapat menerima AL 
pemberi bekas Ma’rifah, 
atau Isim yang menempati tempatnya 
Isim tersebut (dapat menerima AL Ma’rifah).
وَغَيْــرُهُ مَعْرِفَـةٌ كَــهُمْ وَذِي ¤ وَهِنْـدَ وَابْنـيِ وَالْغُلاَمِ وَالَّذِي
Selain tersebut (pengertian Isim Nakirah) dinamakan Isim Ma’rifah, 
yaitu seperti 
هم (Isim Dhamir), 
ذي (Isim Isyarah), 
هند (Isim Alam), 
ابني (Isim Mudhaf), 
الغلام (Isim dg AL ma’rifah) dan 
الذي (Isim Maushul).

Kalimah Isim/kata benda 
dibagi menjadi 
Isim Nakirah (tak tentu) dan 
Isim Ma’rifah (tertentu).
°°°
Isim Nakirah
Definisi Isim Nakirah adalah: 
Kalimah isim menunjukkan pada sesuatu secara kesatuan yang tidak ditentukan. 
contoh:
جَاءَ طَالِبٌ
Penuntut telah datang
قَدِمَ ضَيْفٌ
Tamu telah tiba

Ada dua jenis isim Nakirah:
(1). 
Kalimah Isim dapat dipasangi AL dan membekaskan ma’rifah 
atau menjadikannya tertentu. 
contoh:
كِتَابٌ، رَجُلٌ
Buku, Laki-laki

maka dapat dipasangi AL 
dan membekaskan Ma’rifah menjadi contoh:
الرَّجُلُ شُجَاعٌ، الكِتَابُ نَفِيْسٌ
Laki-laki itu pemberani, Buku itu sangat bagus.

(2). 
Kalimah Isim menduduki kedudukan Isim 
yang dapat dipasangi AL, 
seperti lafazh 
ذُوْ  artinya “pemilik” sinonim dengan lafazh صَاحِبٌ “pemilik“. 
contoh
جَاءَ ذُوْ عِلْمٍ
seorang yang berilmu telah datang

pada contoh ini maksudnya 
adalah صَاحِبُ عِلْمٍ “pemilik Ilmu” 
maka lafadz ذُوْ adalah isim nakirah 
yang tak dapat dijodohkan dengan AL, 
akan tetapi ia menduduki kedudukan Isim 
yang dapat dipasangi AL 
pemberi bekas ma’rifah, yaitu lafazh صَاحِبُ.
°°°
Isim Ma’rifah
Definisi Isim Ma’rifah adalah: 
Kalimah isim menunjukkan pada sesuatu secara kesatuan yang tertentu. 
contoh:
أَنْتَ مُخْلِصٌ
Enkau seorang yang tulus.

Ada dua jenis isim Ma’rifah:
(1). 
Kalimah Isim tidak dapat dipasangi AL,  
pun tidak  menduduki kedudukan Isim 
dapat dipasangi AL. 
Contoh:
جَاءَ عَلِيٌّ
Sayyidina Ali telah datang.

(2). 
Kalimah Isim dapat menerima AL, 
akan tetapi tidak membekaskan ma’rifat. contoh:
جَاءَ الْعَبَّاسُ
Sayyidina ‘Abbas telah datang.

contoh AL pada lafazh العباس 
tidak berfungsi mema’rifahkan, 
karena ia sudah ma’rifah 
sebab Isim ‘Alam.  

Mengenai AL jenis ini, 
Insya-Allah akan diterangkan 
pada Babnya sendiri. 
untuk sementara bisa dijadikan rujukan  »
°°°
Isim  Ma’rifah ada 7 :
1. 
Isim Dhamir, 
menurut qaul yg shahih merupakan paling ma’rifahnya dari  isim-isim ma’rifah setelah lafazh Jalalah. 
contoh:
أنَا، أنْتَ، هُوَ
aku, kamu, dia

2. 
Isim Alam, 
contoh:
خَالِدٌ، زَيْنَبُ، مَكَّةُ
khalid, zainab, makkah

3. 
Isim Isyarah, 
contoh:
هَذَا، هَذِهِ، هَؤُلاَءِ
ini (male), ini (female), ini (jamak)

4. 
Isim Maushul, 
contoh:
الَّذِيْ، الَّتِيْ، الَّذِيْنَ
yang tunggal (lk), yang tunggal (pr), yang jamak(lk/pr)

5. 
Isim yg dima’rifahkan oleh AL, 
contoh:
الْكِتَابُ، الطَّالِبُ
kitab itu, siswa itu

6. 
Isim Mudhaf pada isim ma’rifah, 
contoh:
كِتَابِيْ جَدِيْدٌ. كَلاَمُ عَلِيٍّ بَلِيْغٌ
kitabku baru, perkataan Ali fasih

7. 
Isim Nakirah Maqshudah 
(dari sebagian Munada, 
jika dimaksudkan kepada 
satu orang tertentu) 
contoh:
يَا طَالِبُ أَجِبْ
hai siswa… jawablah!

Kesimpulan pembahasan Bait: 
Isim Nakirah 
adalah isim yang dapat dipasangi AL 
yang membekaskan ma’rifah, 
atau isim menempati kedudukan isim 
yang dapat dipasangi AL. 

selain isim Nakirah dinamakan Isim Ma’rifah. disebutkan 6 jenis Isim alam: 
Isim Dhamir, 
Isim Alam, 
Isim Isyarah, 
Isim Maushul,  
Isim yg dima’rifahkan oleh AL, 
Isim Mudhaf pada isim ma’rifah, 

dan tidak diuraikan yang ke 7 
yaitu Nakirah Maqshudah, 
karena sempitnya Nadzam.
فَمَا لِذِي غَيْبَةٍ أوْ حُضُورِ ¤ كَأَنْـتَ وَهْـوَ سَمِّ بِالضَّمِيْرِ
Setiap Isim yang menunjukkan arti ghaib dan hadir seperti contoh: انت dan هم , 
maka namakanlah! 
Isim Dhomir.

Pengertian Isim Dhamir (kata ganti): 
Isim Jamid yang menunjukkan pada Mutakallim (orang pertama), 
Mukhatab (orang kedua) atau 
Ghaib (orang ketiga). 
contoh:
أنَا عَرَفْتُ وَاجِبِيْ
Aku mengetahui  kewajibanku
أنْتَ تَحْتَرِمُ أَبَاكَ
Engkau menghormati ayahmu
المُؤْمِنُ يَصُوْنُ عِرْضِــهِ
Seorang Mu’min menjaga kehormatan dirinya.

Maksud Isim Jamid: 
tidak mempunyai asal bentuk 
pun tidak terdapat bentuk pecahannya. 

Dhamir Mutakallim dan 
dhamir Mukhatab 
keduanya disebut dhamir hadir, 
karena suatu yang didhamirkan 
ada secara hadir 
pada waktu pengucapan.
–·•Ο•·– 
وَذُو اتِّصَالٍ مِنْهُ مَا لاَ يُبْتَدَا ¤ وَلاَ يَلِي إلاَّ اخْتِيَــــارَاً أبَــدَا
Dhomir Muttashil 
adalah Isim Dhomir yang tidak bisa dijadikan permulaan 
dan tidak boleh mengiringi إلا 
selama masih bisa memilih demikian..
كَالْيَاءِ وَالْكَافِ مِنِ ابْني أكْرَمَكْ ¤ وَالْيَــاءِ وَالْهَا مِنْ سَلِيْهِ مَا مَلَكْ
Seperti Ya’ dan Kaf dari contoh lafadz: 
ابْني أكْرَمَكْ (Ya’ Mutakallim dan Kaf Mukhothob), dan seperti Ya’ dan Ha’ dari contoh lafadz: 
سَلِيْهِ مَا مَلَكْ (Ya’ Mukhatabah dan Ha’ Ghaib)
–·•Ο•·–
Isim Dhamir dari segi penampakannya 
ada 2 golongan:
(1). 
Dhamir Bariz (بارز) : 
adalah Isim Dhamir yang mempunyai bentuk penampakan lafazh secara hakikiyah (kongkrit) atau secara hukmiyah (abstrak).
Contoh dhamir bariz yang hakikiyah
أَكْرَمـْتُ الْغَرِيْبَ
Aku memulyakan orang asing itu.
Contoh dhamir bariz yang hukmiyah:
جََََََاءَ الَّذِيْ أَكْرَمْتُ
seorang yang aku mulyakan telah datang
(maksudnya: أَكْرَمْتُــهُ yang aku memulyakan-nya. 
maka dhamir yang berupa ـه “nya” 
pada contoh kalimat diatas, 
ada secara hukumnya).

(2). 
Dhamir Mustatir (مستتر): 
adalah Isim Dhamir yang tidak mempunyai bentuk lafazh. 
contoh:
حَافِظْ عَلَى الصَّلاَةِ
Peliharalah… shalat !
(yakni, حَافِظْ أنْتَ Peliharalah olehmu…!)

Dhamir Bariz ada 2 macam:
1. (ضمير بارز متصل) Dhamir Bariz Muttashil
2. (ضمير بارز منفصل) Dhamir Baris Munfashil 
(akan diterangkan pada bait-bait selanjutnya)

(ضمير بارز متصل) Dhamir Bariz Muttashil/dhamir muttashil: 
adalah dhamir yang tidak bisa dijadikan permulaan kalimat 
dan tidak bisa berada setelah lafazh إلا secara ikhtiar (اختيارا) “pemilihan”, 

maksud ikhtiar 
adalah longgar atau lowong dalam susunan kalimat tidak sempit 
semisal pada dharurah syi’ir. 
Contoh Dhamir Muttashil:
اِسْتَمَعْـتُ لِلْمُحَاضَرَةِ
Aku mendengarkan ceramah
Contoh syawahid syair yang melafalkan dhamir bariz muttashil jatuh sesudah إلا secara Syadz:
أَعُوذُ بِرَبِّ الْعَرْشِ مِنْ فِئَةٍ بَغَتْ × عَلَيَّ فَمَالِي عَوْضُ إِلاّهُ نَاصِرُ
Aku berlindung pada Tuhan yang memiliki Arsy….
daripada golongan orang yang menganiayaiku……
maka sebab itu….
tidaklah bagiku seorang penolong kecuali Dia selamanya….
(syahid pada syair diatas adalah pada lafazh إِلاّهُ dimana dhamir muttashil jatuh setelah إِلاّ adalah Syad,  yakni tidak boleh kecuali pada dharurah syi’il)
Demikian juga Dhamir muttashil jatuh sesudah “Illa” pada syair berikut:
وَمَا عَلَيْنَا إِذَا مَاكُنْتِ جَارَتَنَا × ألاَّ يُجَاوِرَنَا إِلاَّكِ دَيَّارُ
(wahai kekasih…)
tidaklah kami menaruh perhatian…
bilamana dikau sudi menjadi tetangga kami…
seakan tidak ada tetangga lain kecuali hanya dikau seorang…
–·•Ο•·– 
وَكُـلُّ مُضْمَرٍ لَـهُ الْبِنَا يَجِبْ ¤ وَلَفْظُ مَا جُرَّ كَلَفْظِ مَا نُصِبْ
Semua Dhomir wajib Mabni. 
Lafadz Dhomir yang dijarrkan, 
sama bentuknya dengan lafadz 
Dhomir yang dinashobkan.
لِلرَّفْعِ وَالْنَّصْبِ وَجَرَ نا صَلَحْ ¤ كَاعْـرِفْ بِنَا فَـإِنَّنَا نِلْـنَا الْمِـنَحْ
Dhomir Muttashil نا mencocoki semua bentuknya dalam mahal Rofa’, Nashob, dan Jarrnya. 

Seperti contoh lafadz: 
اعْرِفْ بِنَا فَإِنَّنَا نِلْنَا الْمِنَحْ 
( ket. 
بنا = Mahal Jarr, 
فَإِنَّنَا = Mahal nashab, 
نِلْنَا = Mahal rofa’)
وَأَلِفٌ وَالْــوَاوُ وَالْنُّوْنُّ لِمَا ¤ غَابَ وَغَيْرِهِ كَقَامَا وَاعْلَمَا
Alif, Wau dan Nun, 
termasuk Dhomir Muttashil 
untuk Ghoib juga Hadhir. 
Seperti contoh: 
قَامَا (Alif Dhomir Muttashil Ghoibain, 
artinya: “mereka berdua telah berdiri”) dan contoh: 
اعْلَمَا (Alif Dhomir Muttashil Mukhothobain, artinya: “ketahuilah kalian berdua!”).
–·•Ο•·–
Telah dijelaskan pada pelajaran dahulu dalam bab Mu’rab dan Mabni, 
bahwa semua lafazh dhamir adalah mabni. Dan tentunya kemabnian isim dhamir tersebut menempati pada mahal/posisi irabnya 
masing-masing.

Untuk Dhamir Muttashil (ضمير متصل) 
didalam mahal irabnya 
terdapat 3 kategori:
(1). 
Hanya menempati pada Mahal Rofa’ saja. 
yaitu ada 5 bentuk dhamir:
1- 
Ta’ 
dhamir Mutaharrik/berharkah (التاء المتحرك). dhamir hadir (untuk 
Mutakallim, 
mukhatab , atau 
mukhatabah). 
contoh:
فَإِذَا عَزَمْـتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللهِ إِنَّ اللهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ
Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

2- 
Alif Tatsniyah (الف الإثنين). 
(untuk dhamir hadir juga ghaib)  
contoh:
فَخَانَتـَـاهُمَا فَلَمْ يُغْنِيـَـا عَنْهُمَا مِنَ اللهِ شَيْئًا
lalu kedua isteri itu berkhianat kepada suaminya (masing-masing), maka suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikitpun dari (siksa) Allah

3- 
Wau Jamak (واو الجماعة), 
(untuk dhamir hadir juga ghaib) 
contoh:
وَإِذَا أَظْلَمَ عَلَيْهِمْ قَامُــوْا
dan bila gelap menimpa mereka, mereka berhenti

4- 
Ya’ Mukhatabah (ياء المخاطبة) 
(untuk dhamir hadir) 
contoh:
فَكُلِــيْ وَاشْرَبِــيْ وَقَرِّيْ عَيْنًا
maka makan (kamu pr) , minum (kamu pr) dan bersenang hatilah kamu (pr)

5- 
Nun Jamak muannats (نون الإناث) 
(dhamir hadir juga ghaib) 
contoh:
وَالْمُطَلَّقَاتُ يَتَرَبَّصْــنَ بِأَنْفُسِهِنَّ ثَلاَثَةَ قُرُوءٍ
Wanita-wanita yang ditalak handaklah (mereka pr) menahan diri (menunggu) tiga kali quru’.
(2). 
sama bisa menempati pada 
Mahal Nashab dan Jar saja . 
yaitu ada 3 bentuk dhamir:

1. 
Ya’ Mutakallim, (dhamir hadir) 
contoh:
قَالَ يَا قَوْمِ أَرَأَيْتُمْ إِنْ كُنْتُ عَلَى بَيِّنَةٍ مِنْ رَبِّــيْ وَآتَانِــيْ مِنْهُ رَحْمَةً
Shaleh berkata: “Hai kaumku, bagaimana pikiranmu jika aku mempunyai bukti yang nyata dari Tuhanku dan diberi-Nya aku rahmat (kenabian) dari-Nya

2. 
Kaf Mukhatab (dhamir hadir)  
contoh:
مَا وَدَّعـَـكَ رَبـُّـكَ وَمَا قَلَى
Tuhanmu tiada meninggalkan kamu dan tiada (pula) benci kepadamu

3. 
Ha’ Ghaib (dhamir ghaib) 
contoh:
قَالَ لـَـهُ صَاحِبـُـهُ وَهُوَ يُحَاوِرُهُ
Kawannya (yang mukmin) berkata kepadanya – sedang dia bercakap-cakap dengannya
(3). 
Sama bisa menempati pada 
Mahal Rafa’, 
Nashab dan 
Jar . 

yaitu 1 bentuk dhamir 
berupa “Naa” (نا) 
(dhamir hadir).
contoh:
رَبـَّـنَا إِنـَّـنَا آمَــنَّا فَاغْفِرْ لَــنَا ذُنُوبَــنا وَقِــنَا عَذَابَ النَّارِ
Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman (kami), maka ampunilah (kami) segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka

Ada juga bentuk isim dhamir 
yang sama bisa digunakan 
pada semua mahal i’rab (rafa’, nashab dan jar) yaitu هُمْ dan ي. 

Namun statusnya tidak seperti نا 
yang digaris bawahi oleh Kiyai Mushannif Ibnu Malik tsb. 
karena khusus نا 
adalah satu-satunya 
bentuk isim dhamir Muttashil dan Mutakallim yang dapat digunakan pada semua kedudukan i’rab.
Contoh 
هم:
Sebagai dhamir Munfashil ketika mahal Rafa’:
هُمُ الَّذِينَ يَقُولُونَ لاَ تُنْفِقُوا عَلَى مَنْ عِنْدَ رَسُولِ اللهِ حَتَّى يَنْفَضُّوا
Mereka orang-orang yang mengatakan (kepada orang-orang Anshar): “Janganlah kamu memberikan perbelanjaan kepada orang-orang (Muhajirin) yang ada disisi Rasulullah supaya mereka bubar (meninggalkan Rasulullah).

Sebagai dhamir Muttashil 
ketika mahal Nashab:
سَلـْـهُمْ أَيـُّـهُمْ بِذَلِكَ زَعِيمٌ
Tanyakanlah kepada mereka: “Siapakah di antara mereka yang bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambil itu?”

Juga sebagai dhamir Muttashil 
ketika mahal Jar:
وَمِنـْـهُمْ مَنْ يَقُولُ ائْذَنْ لِي وَلاَ تَفْتِنِّي أَلاَ فِي الْفِتْنَةِ سَقَطُوا
Di antara mereka ada orang yang berkata: “Berilah saya keizinan (tidak pergi berperang) dan janganlah kamu menjadikan saya terjerumus dalam fitnah.” Ketahuilah bahwa mereka telah terjerumus ke dalam fitnah

Contoh ي:
Sebagai dhamir mua’annats mukhatabah 
(kamu pr) ketika mahal Rafa’:
فَكُلِــيْ وَاشْرَبِــيْ وَقَرِّيْ عَيْنًا
maka makan (kamu pr) , minum (kamu pr) dan bersenang hatilah kamu (pr)

Sebagai dhamir mutakallim (lk/pr) 
ketika mahal Nashab:
وَآتَانِــي مِنْهُ رَحْمَةً
dan diberi-Nya aku rahmat (kenabian) dari-Nya

Juga sebagai dhamir mutakallim (lk/pr) 
ketika mahal Jar:
أَنِ اشْكُرْ لِــيْ وَلِوَالِدَيْكَ
Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu
Kesimpulan Bait diatas: 
semua dhamir adalah Mabni. 
diantara isim dhamir ada yang mencocoki bentuknya dalam mahal jar dan mahal nashab. 

kemudian digaris bawahi oleh Mushannif bahwa dhamir نا “naa” mencocoki bentuknya untuk semua mahal i’rab yang tiga 
(rafa’-nashab-jar) 
sebagaimana contoh dalam bait: بِنَا فَإنَّنَا نِلْنَا. disebutkan bahwa dhamir 
yang berupa Alif tatsniyah, 
Wau jamak dan 
Nun jamak muannats, 
adalah dhamir mahal Rafa’ 
bisa digunakan untuk Ghaib juga Hadir* (*mukhatab saja). 
sebagimana contoh bait: قَامَا واعْلَمَا.
–·•Ο•·– 
وَمِنْ ضَمِيْرِ الْرَّفْعِ مَا يَسْتَتِرُ ¤ كَافْعَلْ أوَافِقْ نَغتَبِطْ إذْ تُشْكرُ
Dhomir Mustatir ada 
pada sebagian dhomir Rofa’. 
Seperti pada contoh: افْعَلْ أوَافِقْ نَغتَبِطْ إذْ تُشْكرُ (ket: 
افْعَلْ = Fi’il ‘Amar untuk satu mukhotob, taqdirannya انت . 
dan أوَافِقْ = Fi’il Mudhori’ untuk satu Mutakallim, taqdirannya انا. 
dan نَغتَبِطْ = Fi’il Mudhori’ 
untuk Mutakallim Ma’al Ghair, 
taqdirannya نحن . 
dan تُشْكرُ = Fi’il Mudhori’ untuk satu Mukhotob, taqdirannya انت)
–·•Ο•·–
Telah dijelaskan pada pelajaran dahulu 
bahwa 
dhamir ada 2 golongan 

1. 
Isim Dhamir Bariz (mempunyai bentuk lafazh) dan 

2. 
Isim Dhamir Mustatir (tidak mempunyai bentuk lafaz).

Dhamir Mustatir (ضامر مستتر) 
atau dhamir yang tidak berbentuk Lafazh, 
ada 2 macam 

1. Wajib Mustatir dan 
2. Jaiz Mustatir


1. 
Wajib Mustatir واجب الاستتار
Pengertian dhamir yang Wajib Mustatir adalah:  Isim Dhamir Mustatir 
dimana posisinya tidak bisa digantikan oleh Isim Zhahir pun oleh 
Isim Dhamir Munfashil. 
contoh:
أَقُوْمُ بِوَاجِبِيْ نَحْوَ قَرَابَتِيْ
aku menunaikan kewajibanku pada keluargaku
Contoh 
أقوم pada kalimat diatas, 
mempunyai Fa’il (subjek) 
yang berupa Isim Dhamir Mustatir yang wajib. takdirannya adalah  أنا (saya), 
maka posisi dhamir ini tidak bisa digantikan isim zhahir  semisal أقوم خالد. 
Atau tidak bisa digantikan 
isim dhamir munfashil semisal أقوم أنا 
dengan maksud sebagai Fa’ilnya, 
bisa juga dilafalkan demikian, 
akan tetapi ia bukan Fail 
tapi sebagai taukid bagi damir mustatir.

Isim Dhamir wajib mustatir menempati pada 
10 kategori kalimah. 
lihat tabel berikut :
ISIM DHAMIR WAJIB MUSTATIR
NO
TEMPAT WAJIB MUSTATIR
CONTOH
1
Fi’il Amar untuk satu mufrad (laki-laki)
فَــاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ
Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu
2
Fi’il Mudhari’ yang diawali Hamzah Mudhara’ah untuk Mutakallim (aku lk/pr)
وَأُفَوِّضُ أَمْرِي إِلَى الله
Dan aku menyerahkan urusanku kepada Allah
3
Fi’il Mudhari’ yang diawali Nun Mudhara’ah untuk Mutakallim Ma’al Ghair (kami lk/pr)
نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ أَحْسَنَ الْقَصَصِ
Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik
4
Fi’il Mudhari’ yang diawali Ta’ Mudhara’ah untuk Mukhatab Mufrad (kamu satu laki-laki)
تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ
Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki
5
Isim Fi’il Amar
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا عَلَيْكُمْ أَنْفُسَكُمْ
Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu
6
Isim Fi’il Mudhari’
فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ
maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah”
7
Fi’il Ta’ajub
مَا أَحْسَنَ الصِّدْقَ
Alangkah indahnya kenyataan ini
8
Isim Masdar yang menggantikan tugas Fi’ilnya
وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا
Dan kepada kedua orang tua, berbuat baiklah!
9
Fi’il-Fi’il Istitsna’ seperti خلا، عدا، حاشا
حَضَرَ الضُّيُوْفُ خَلاَ وَاحِداً
Tamu-tamu sudah hadir selain satu orang
10
Perangkat Istitsna semisal ليس
مَا أُنْهِرَ اَلدَّمُ وَذُكِرَ اِسْمُ اَللَّهِ عَلَيْهِ فَكُلْ لَيْسَ اَلسِّنَّ وَالظُّفْرَ
Apa yang dapat menumpahkan darah dengan diiringi sebutan nama Allah, makanlah, selain gigi dan kuku

2. 
Jaiz Mustatir جائز الاستتار
Pengertian dhamir yang Jaiz Mustatir adalah: Isim Dhamir mustatir 
dimana posisinya bisa digantikan oleh 
Isim Zhahir pun oleh Isim Dhamir Munfashil. yaitu 
kalimah Fi’il untuk Mufrad Ghaib 
(subjek orang ketiga tunggal male) 
contoh:
فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ
Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, maka sungguh ia telah beruntung.

kalimah Fi’il untuk Mufrad Ghaibah 
(subjek orang ketiga tunggal female) 
contoh:
وَقَالَتْ لِأُخْتِهِ قُصِّيهِ
Dan berkatalah ibu Musa kepada saudara Musa yang perempuan

kalimah Isim Fi’il Madhi. 
contoh:
الصَّدِيْقُ هَيْهَاتَ
jauh sekali dari kebenaran.

Isim Sifat yang murni, 
semisal Isim Fa’il. 
Contoh:
وَلَمَّا جَاءَهُمْ رَسُولٌ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُصَدِّقٌ لِمَا مَعَهُمْ
Dan setelah datang kepada mereka seorang Rasul dari sisi Allah yang membenarkan apa (kitab) yang ada pada mereka

Maka 
lafazh مُصَدِّقٌ terdapat dhamir Mustatir Jaiz takdirannya adalah هُوَ 
tertuju kepada lafazh رَسُولٌ

ISIM DHOMIR MUNFASHIL
وَذُو ارْتِفَاعٍ وَانْفِصَالٍ أَنَا هُوْ ¤ وَأَنْــتَ وَالْفُـــرُوْعُ لاَ تَشْــتَبِهُ
Dhomir Rofa’ dan Munfashil, 
yaitu أَنَا, هُوْ, أَنْتَ 
dan cabang-cabangnya yg tidak ada kemiripan.
وَذُو انْتِصَابٍ فِي انْفِصَالٍ جُعِلاَ ¤ إيَّايَ وَالْتَّـــفْرِيْعُ لَيْسَ مُشْـــكِلاَ
Dhomir Nashob yang dibuat untuk Munfashil, yaitu إيَّايَ 
dan cabang-cabangnya yg jelas tidak ada keisykalan.

PENGGUNAAN BENTUK DHOMIR
وَفِي اخْتِيَارٍ لاَ يَجِيء الْمُنْفَصِلْ ¤ إذَا تَــــأَتَّى أنْ يَجِيء الْمُتَّــصِلْ
Dalam keadaan bisa memilih, 
tidak boleh mendatangkan Dhomir Munfashil jika masih memungkinkan untuk mendatangkan Dhomir Muttashil.
وَصِلْ أَوِ افْصِلْ هَاء سَلْنِيْهِ وَمَا ¤ أَشْبَهَـهُ فِي كُنْـتُهُ الْخُــلْفُ انْتَمَى
Muttashil-kanlah atau Munfashil-kanlah..! (boleh memilih) untuk Dhomir Ha’ 
pada contoh lafadz سَلْنِيْهِ dan 
lafadz yang serupanya. 

Adapun perbedaan Ulama bernisbatkan 
kepada lafadz كُنْتُهُ.
كَـــذَاكَ خِلْتَنِيْــهِ وَاتِّصَــــــالاَ ¤ أَخْتَأارُ غَيْرِي اخْتَارَ الانْفِصَالاَ
Seperti itu juga, 
yaitu lafadz خِلْتَنِيْهِ , 
aku memilih menggunakan Dhomir Muttashil, selainku memilih menggunakan 
Dhomir Munfashil.
وَقَــــدِّمِ الأَخَصَّ فِي اتِّصَالِ ¤ وَقَدِّمَنْ مَا شِئْتَ فِي انْفِصَالِ
Dahulukanlah! Dhomir yang lebih khusus, 
di dalam penggunaan Dhomir Muttashil. 

Dan dahulukanlah Dhomir mana saja terserah kamu suka, di dalam penggunaan 
Dhomir Munfashil.
وَفِي اتِّحَادِ الرُّتْبَةِ الْزَمْ فَصْلاَ ¤ وَقَدْ يُبِيْحُ الْغَــيْبُ فِيْهِ وَصْـــلاَ
Gunakanlah! Dhomir Munfashil 
untuk perkumpulan Dhomir-Dhomir yg setingkat. 

Dan terkadang diperbolehkan penggunaan Dhamir Muttashil untuk perkumpulan 
Dhomir-Dhomir ghoib yg setingkat.


NUN WIQOYAH PEMISAH DHOMIR YA’ MUTAKALLIM dg KALIMAT FI’IL
وَقَبْلَ يَا الْنَّفْسِ مَعَ الْفِعْلِ الْتُزِمْ ¤ نُـــوْنُ وِقَــايَةٍ وَلَيْسِي قَدْ نُظِـــمْ
Sebelum Ya’ Mutakallim 
yang menyertai Kalimat Fi’il, 
ditetapkan (untuk dipasang) 
Nun Wiqoyah (nun pelindung). 

Sedangkan لَيْسِي 
sungguh ada yang menadzomkan seperti itu.

NUN WIQOYAH PEMISAH DHOMIR YA’ MUTAKALLIM dg KALIMAT HURUF
وَلــيْتَنيِ فَشَا وَلَيْتي نَـــدَرَا ¤ وَمَعْ لَعَلَّ اعْكِسْ وَكُنْ مُخَيَّراً
Contoh 
Lafadz seperti ليْتَنيِ (dgn Nun Wiqoyah) 
Sering dipakai, 
sedangkan Lafadz لَيْتي (tanpa Nun Wiqoyah) jarang digunakan. 
Dan perbalikkanlah Hukunya untuk lafadz 
yang menyertai لَعَلَّ. 

Dan jadilah kamu 
orang yang disuruh memilih!……
فِي الْبَاقِيَاتِ وَاضْطِرَارَاً خَفَّفَا ¤ مِنِّي وَعَنِّي بَعْـضُ مَنْ قَدْ سَلَفَا
…untuk sisa Kalimat Huruf lainnya 
(saudara لَيْت dan لَعَلَّ ). 

Dan karena alasan Darurat syi’ir, 
sebagian orang-orang dulu mentakhfifkan (tanpa tasydid/Nun wiqoyah) 
pada lafadz مِنِّي dan عَنِّي .
وَفِــي لَدُنِّــي لَدُنِــي قَـــلَّ وَفِـــي ¤ قَدْنِي وَقَطْنِي الْحَذْفُ أَيْضَاً قَدْ يَفِي
Untuk lafadz لَدُنِّي (dgn Nun Wiqoyah), 
jarang menggunakan lafadz لَدُنِي 
(tanpa Nun Wiqoyah). 

Dan untuk Lafadz قَدْنِي dan قَطْنِي 
dengan membuang (Nun Wiqoyah) 
terkadang terpenuhi.


Alif Washal Yang Agak Membingungkan:Nun Wiqoyah


Mari kita perhatikan gambar di bawah ini.
Gambar di atas adalah QS Maryam 19:61. 
Pada bagian yang saya beri kotak merah terlihat perbedaan antara mushaf cetakan timur tengah dengan cetakan Indonesia. 
Pada mushaf cetakan timur tengah 
huruf nun berharakat tanwin-kasroh 
diikuti huruf alif washal, 

sedangkan pada cetakan Indonesia 
huruf nun berharakat kasroh saja 
(tanpa tanwin) 
diikuti huruf alif dengan huruf nun kecil berharakat kasroh di bawahnya. 

Huruf nun kecil itulah yang disebut 
"nun wiqoyah".

Nun wiqoyah 
adalah bunyi nun kasroh ("ni") 
yang terjadi ketika huruf bertanwin 
dibaca bersambung dengan alif washal. 

Pada mushaf Al-Qur'an cetakan timur tengah tidak pernah dituliskan huruf nun ini, 
tetapi di mushaf cetakan Indonesia sering ditulis. 

Cara membacanya, 
bunyi tanwinnya hilang 
(tetap berbunyi tapi tanpa tanwin) 
dan muncul bunyi tambahan "ni" sesudahnya. 

Sederhananya, 
bunyi "...an-..." berubah jadi "...a-ni...", 
"...in-..." jadi "...i-ni..." dan 
"...un-..." jadi "...u-ni..."