Kamis, 05 Mei 2022

Tanya Jawab Seputar Ilmu Nahwu (Muqaddimah)


Tanya Jawab Seputar Ilmu Nahwu (Muqaddimah)

Ilmu Nahwu merupakan salah satu ilmu yang memiliki peranan yang sangat penting dalam membaca kalam arab dengan baik dan benar. Selain itu ada satu ilmu lagi yang tidak bisa dipisahkan darinya yakni ilmu sorrof yang juga memiliki peranan sangat penting dalam hal memberi arti kalam Arab. Khususnya bagi para penggiat bahasa Arab setelah mempelajari ilmu Nahwu misalnya pengantar ilmu nahwu, bab kalam, bab i'rab dan lain lain sebagainya  pasti muncul beberapa pertanyaa layaknya ilmu-ilmu lainnya. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan memaparkan beberapa tanya jawab yang sering ditanyakan oleh para pelajar bahasa Arab pemula khususnya. 

Baca Juga: Benarkah ilmu Nahwu dan Sorrof tidak dapat dipisahkan? 

Inilah Tanya Jawab Seputar Ilmu Nahwu (Muqaddimah)

Kumpulan Tanya Jawab Seputar Ilmu Nahwu
Tanya Jawab Seputar Ilmu Nahwu (Muqaddimah)

1. Siapakah pengarang (autor) ilmu Nahwu pertama kali? 

Jawab: Abul Aswad Addu'ali, beliau dilahirkan di kota Kuffah dan berdomisili, wafat, dan membuat suri tauladan di kota Bashroh. Adapun dua kota (Kuffah dan Baghdad) sekarang berada di negara Irak

Refrensi: Hasyiyah As-Shoban Juz1 hal. 24

قال فى التصريح وقد تظافرت الروايات على ان اول من وضع النحو ابو الاسود وانه اخذه اولا عن علي بن ابي طالب رضي الله عنه وكان ابو الاسود كوفي الدار بصري المنشاء ومات وقد اسن...اهـ حاشيه الصبان  ج ١ ص ٢٤

2. Bagaimana sejarah asal usul peletakan ilmu Nahwu? 

Jawab: Bermula ketika Abu Aswad bersama putrinya didepan teras rumah sambil menikmati alam langit yang di mahkotai bintang-bintang, pada akhirnya terjadilah percakapan diantara keduanya:

Putri    : مَا أَحْسَنُ السَّمَاءِ (apa yang paling indah di langit?) dengan mengkasrah hamzah, yang menunjukkan kalimat tanya.

Ayah    : نُجُوْمُهَا يَا بُنَيَّةُ (wahai anakku, bintang-bintangnya)

Putri    : Bukan itu yang aku maksud, tapi yang aku maksud adalah اِنَّمَا اَرَدْتُ التَّعَجُّبَ (sesungguhnya aku ingin mengucapkan kekaguman)

Ayah    : Wahai anakku, kalau begitu maka ucapkanlah, مَا اَحْسَنَ السَّمَاءَ bukan مَا اَحْسَنُ السَّمَاءِ  (apa yang paling indah di langit?) keesokan harinya Abu Aswad menemui syyidina Ali r.a, lalu terjadilah percakapan.

Abu Aswad    : Wahai amirul mu'min telah terjadi pada putri hamba suatu hal yang tidak hamba mengerti mungkin baginda bisa memberi jalan keluarnya, kemudian Abu Aswad menceritakan prihal perkataan putrinya semalam.

Sayyidina Ali    : Ketahuilah Abu Aswad semua itu terjadi sebab percampuran antara bangsa Arab dan bahasa asing ('ajam). Kemudian beliau menyuruh Abu Aswad membeli kertas, selang beberapa hari kemudian beliau mengajarkan Abu Aswad tentang qaidah-qaidah bahasa Arab yang pertama beliau ajarkan ialah tentang pembagian kalam (Isim, Fi'il dan Huruf), kemudian jumlah yang menjadi shighot ta'ajjub dan seterusnya

Baca Juga: Sejarah Lengkap Munculnya Ilmu Nahwu

  • Refrensi: Muktasor Jiddan, Hal. 3   
   وحكي: في سبب وضع أبي الأسود لهذا الفن انه كان ليلة على سطح بيته وعنده بنته فرأت السماء ونجومها وحسن تلالؤ انوارها مع وجود الظلمة فقالت يا ابت ما احسن السماء بضم النون وكسر الهمزة فقال أي بنية نجومها وظن أنها أرادت أي شيئ منها فقالت يا ابت ما أردت هذا انما اردت التعجب من حسنها فقال قولي ما احسن السماء وافتحي فاك فلما اصبح غدا على سیدنا علی کرم الله وجهه وقال يا أمير المؤمنین حدث في أولادنا مالم نعرفهواخبره بالقصة فقال هذا بمخالطة العجم العرب ثم أمره فاشترى صحيفة واملی عليه بعد ايام اقسام الكلام ثلاثة اسم وفعل وحرف جاء لمعنى وجملة من باب التعجب

3. Bagaimana sejarah dibalik penamaan ilmu Nahwu?

Jawab: Bermula dari isyaroh sayyidina Ali r.a, kepada Abu Aswad Adduali yang berbunyi: 
اِنْحَ هَذَا النَّحْوَ يَا اَبَا الْأَسْوَدِ (samakanlah contoh (النَّحْوَ) wahai Abu al-Aswad). Kemudian Abu al-Aswad mengambil kata (النَّحْوَ) sebagai nama ilmu Nahwu karena tabarrukan (mengambil hal positif) terhadap ucapannya Sayyidina Ali r.a.
  • Refrensi: al-Kawakib Adduriyyah, Hal 5
 وسبب تسمية هذا العلم بالنحو ما روي أن عليا رضي الله عنه لمّا اسارعلى أبي الأسود الدولي أن يضعه قال له بعد أن علمه الاسم والفعل والحرف الاسم ما أنبأ عن المسمى والفعل مانبأ عن حركة  المسمى والحرف ما أنبأ عن معنى في  غيره الرفع للفاعل وما اشتبه به والنصب للمفعول وما حمل عليه والجرّ للمضاف وما يناسبه : انح هذا النحو يا أبا الأسود فسمي بذلك تبركا بلفظالواضع له اهـ الكواكب الدرية صہ ٥ 

4. Alasan Ilmu Sorrof disebut "ibu seluruh ilmu" (أم العلوم) sedangkan ilmu Nahwu "bapak seluruh ilmu"?

Jawab: Alasanya ialah ilmu Sorrof menyerupai ibu dalam hal melahirkan, tujuannya: ibu melahirkan anak demikian pula ilmu Sorrof melahirkan kalimat sehingga ilmu ilmu yang lain membutuhkan ilmu Sorrof sebagaimana butuhnya anak pada ibunya. Sedangkan ilmu Nahwu menyerupai bapak dalam hal membuat baik pada anak-anaknya demikian juga ilmu Nahwu membuat baik pada kalimat-kalimat dan lafadz lafadz Arab.
  • Refrensi: al-Falah Fi Syarhi Marohi. Hal, 3-5
وأما شبه الصرف بالأم في التولّد يعني كما أنّ الأم تلد الولد كذلك الصرف يلد الكلمة اشعارا بشدة احتياج العلوم اليها لأن الأم لا يكاد  يستغني الولد عنها ... إلى أن قال.... شبّه النحو بالأب في الاصطلاح يعني كما أن الأب يصلح أولاده كذلك علم النحو يصلح الكلمات والألفاظ . اهـ الفلاح ص ٣- ٤

5. Adakah dasar mempelajari ilmu Nahwu?

Jawab: Ada yakni terdapat dalam hadist sebgaimana yang telah termaktub pada refrensi dibawah ini.
  • Refrensi: Muktasor Jiddan, Hal. 3
 واعلم أنه ورد في الحث على تعلم العربية أحاديث مرفوعة وآثار موقوفة فمن ذلك قوله صلى الله عليه وسلم إن الله لا يسمع دعاءملحونا... إلى أن قال ... قال رسول الله صلى الله عليه وسلم أعربوا الكلام کی تعرّبوا القرآن . اهـ مختصر جدا ص ۳ 
Demikianlah tanya jawab seputar ilmu Nahwu semoga bermanfaat. Wallahu 'A'lam.